Pemandangan Eksotis Air Terjun di Pantai Jogan, Gunungkidul

666
BERBAGI
Rate this post

pantai-jogan
http://ensiklopediaindonesia.com

Begitu banyak pantai di Gunungkidul, Namun di masing masing pantai yang ada, memiliki keunikan sendiri sendiri, salah satunya Pantai Timang yang terkenal dengan uji adrenalin, Pantai Ngobaran yang memiliki keunikan suasananya seperti di bali. Namun bukan itu yang akan kami ulas, kali ini Eksotis Jogja akan mengulas keunikan Pantai Jogan yang terkenal dengan Air Terjun yang letaknya di bibir pantai.

Keunikan serta keindahan Pantai Jogan Gunungkidul ini belum begitu terkenal dan masih sedikit terekspos oleh media, sehingga tak banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini. Namun sangat disayangkan jika berkunjung ke Gunungkidul tidak mampir ke pantai ini, Karena di pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 10 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara pantai ini. Gemericik air yang terjun lalu diterpa oleh angin laut memberikan kesegaran di tengah hawa pantai yang cenderung panas ini. Batu karang putih yang menjadi khas di Gunungkidul menjadi latar belakang dari air terjun kecil ini, dan menambah keindahan serta keeksotisan yang nyaris sulit ditemukan di pantai lain.

Jogan-31
http://jasawisata.com

Untuk melihat keindahan air terjun serta batu batu putih yang menjadi background, sangat di rekomendasikan Anda  untuk turun kebawah. Untuk bisa turun kebawah, Anda akan melewati turunan dari bukit kapur di sebelah kanan dari air terjun, harap berhati hati saat turun.

Setelah sampai ke bawah, Anda bisa menikmati percikan air terjun yang sejuk dan sangat menyegarkan. Diguyur segarnya air terjun di perbukitan karst Gunungkidul membuat Anda seakan tak percaya bahwa di Gunungkidul dimana terkenal dengan alam yang gersang namun sebenarnya mempunyai banyak sekali sumber air yang tersembunyi di perut bumi.

Air terjunnya sendiri pun memiliki keunikan yang airnya langsung mengalir ke laut yang hal ini di karenakan pantai Jogan ini tidak memiliki garis batas laut. Jadi di pantai beda dengan pantai-pantai lainya yang ada di gunung kidul yang biasanya bisa di gunakan untuk bermain air ataupun berenang.

jogan
https://iewenkphotos.wordpress.com

Kami sarankan untuk datang ke Pantai Jogan ini sebaiknya pada saat musim hujan. Pada musim ini lah, debit air akan tersedia cukup besar sehingga air terjun yang menghiasi Pantai Jogan terlihat indah, Janganlah datang ketika musim kemarau, untuk menghindari tidak adanya air yang mengalir di air terun pantai ini.

Lokasi Pantai Jogan:

Pantai Jogan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama ini banyak para wisatawan yang belum tahu lokasi pantai ini yang sebenarnya berada persis di sebelah barat pantai Siung.

Google Maps

BERBAGI