10 Spot Foto Keren di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

2
10 Spot Foto Keren di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul
10 (100%) 3 votes

Panorama Alam Menakjubkan Pantai Ngrenehan GunungkidulDi Gunung kidul jika bicara soal pantai mungkin tak ada habisnya, walaupun terletak di daerah perbukitan dan pegunungan yang cukup gersang, Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang indah, eksotis dan menarik pengunjung. Berbeda dengan pantai di daerah Provinsi Yogyakarta lainnya, pantai-pantai di kabupaten Gunung Kidul sangat identik dengan bukit-bukit yang mengelilinginya.

Pada artikel ini kami akan mengulas sebuah pantai yang elok dan epik yakni pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai berpasir putih yang indah terdapat di pesisir laut selatan pulau jawa.

Pantai Ngrenehan ini menawarkan keindahan pemandangan laut dan beragam gugusan batu karang membentuk sebuah teluk yang di kelilingi oleh bukit karang tersebut. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan suara ombak besar yang menerpa dinding perbukitan batu karang, membuat semakin membuat pantai ini menakjubkan.

Baca Juga: Menikmati Sunset di Bukit Kosakora Gunungkidul

13724716_1041120235966562_26734476_n

Selain itu, pantai ini cukup terkenal dengan sajian makanan sea foodnya yang masih segar dan nyam-nyam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner serba ikan. Saat Anda baru datang di pantai ini yang akan telihat adalah deretan warung makan yang berdiri di sepanjang jalan di pantai ini. Diantara deretan – deretan warung tersebut banyak menjual ikan bisa langsung di masak di tempat.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk berlabuh para nelayan dari menangkap ikan sekitar tahun 1980, di tempat ini akan terlihat beberapa aktivitas nelayan yang dapat ditemui seperti memperbaiki perahu, merajut jaring ikan, mengangkut hasil tangkapan ikan, menimbang ikan di TPI. Bagi Anda yang hobi memancing, pengunjung  juga bisa mancing bersama nelayan di pinggir-pinggir batu karang pantai ini.

Baca Juga: Wisata Eksotis Embung Batara Sriten Gunung Kidul

11116633_654651064666292_527026680_n

Menurut sejarah, nama Ngrenehan merupakan sebuah kata yang berasal dari sebuah cerita kerajaan zaman dahulu, bermula seorang Raja Demak yang bernama Raden Fatah, dan putranya yakni Prabu Brawijaya V. Prabu Brawijaya V sendiri adalah raja Majapahit yang pemerintahannya dimulai tahun 1464-1478 M.

Suatu ketika Raden Fatah datang ke pantai ini untuk mencari ayahnya yang melarikan diri bersama dua orang istrinya bernama Dewi Lowati dan Bondang Surati karena enggan untuk memeluk agama Islam. Saat tiba di kawasan ini, Raden Fatah tidak menemukan ayahnya dan kedua istri . Akhirnya, ia mengajak para petinggi-petinggi Kerajaan Demak untuk musyawarah tentang bagaimana cara menemukan orang tuanya.

Dari peristiwa inilah muncul istilah pangrena yang berarti ajakan. Kata pangrena ini berasal dari sebuah kata reneh yang berarti sini. Kemudian masyarakat di sekitar kawasan pantai ini mengubahnya menjadi kata ngrenehan yang berarti kemarilah ke sini.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa menggunakan google maps dengan [klik disini]

Pantai Ngrenehan on Instagram

[instashow source=”#pantaingrenehan” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan