Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta

420
BERBAGI
Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 1 vote

pantai-pandansimoStress dengan rutinitas sehari hari yang melanda Anda? mari luangkan waktu untuk berlibur ke Yogyakarta. tak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebi 30 KM ke arah selatan dan menghabiskan 1 jam waktu perjalanan terdapat sebuah pantai eksotis dengan ciri khas dan menjadi daya tarik karena ada Kincir Angin di Pantai Pandansimo yang menjadi objek untuk berfoto – foto.

Manilik sedikit asal muasal nama Pantai Pandansimo, Pandansimo berasal dari kata “pandan” yaitu pohon pandan dan kata “simo” yang berati macan. Pada dasarnya di pantai ini terdapat berbagai macan tradisi, seperti labuhan sedekah laut, Merti Dusun,  dan pentas seni budaya yang pada prosesinya menggunakan pohon pandan dan patung menyerupai macan. Disamping beberapa pesona kebudayaan tersebut, pantai ini juga menawarkan panorama dan keindahan yang perlu Anda perhitungkan.

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

Baca juga: Menikmati Sunset dari atas Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansimo
Pantai Pandansimo

Di atas lahan pasir kosongan ini dan saat ini sudah banyak tumbuh pohon cemara udang, telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai pandansimo yang tertata rapi berjajar, selain itu juga terdapat pula depot penjualan ikan yang siap melayani para penikmat seefood yang bertandang ke pantai ini. Di sebelah utara berjejeran tempat hiburan seperti kolam renang bagi anak serta dewasa.

Di pantai pandansimo juga telah tersedia ATV yang bisa disewa untuk berkeliling pantai. Suasana di pantai pandansimo cukup segar, nyaman dan semilir angin berhembus membuat semakin betah, karena di sepanjang pantai pandansimo ini tumbuh subur dan rindang pohon cemara. Pengunjung bisa memanfatkannya untuk bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara udang tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung betah menghabiskan waktu berlama lama di pantai ini. Selain itu, beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap di tambah fasilitas lain juga menjadi daya tarik tersendiri seperti kolam renang, lahan untuk bermain, areal outbond dan lahan Camping. Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, tentunya akan menjadikan Pantai Pandansimo semakin ramai oleh pengunjung.

Keunikan yang menjadi andalan selain tempatnya yang nyaman dan segar adalah keberadaan kincir angin untuk sumber energi daerah sekitar. Saat ini ada sekitar 34 kincir yang memiliki kekuatan energi mulai dari 2,5 kw hingga 10 kw. Kincir angin ini sebagai sumber energi listrik untuk peneran gandaerah sekitar, untuk warung kuliner, pembuatan es, serta masih banyak lagi kegunaannya.

Baca juga: Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul

Tiket Masuk:

Harga Tiket Pantai Pandansimo
1. Sepeda Motor : Rp. 5.000,-
2. kendaraan roda empat : Rp. 10.000

Lokasi:

Alamat Pantai Pandansimo atau Pantai Baru Bantul di: Poncosari, Srandakan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Untuk memepermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Pantai Pandansimo ]

BERBAGI