Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Pohon Titipan Tuhan yang Membawa Berkah

3
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Pohon Titipan Tuhan yang Membawa Berkah
9.3 (93.33%) 3 votes

pantai-pok-tunggal-wonosari-sunset
pantai pok tunggal

Gunung kidul adalah suatu daerah tujuan wisata pantai yang tak habis-habisnya untuk dibahas, di daerah ini terdapat banyak pesona keindahan panorama alam puluhan pantai yang membentang sepanjang pesisir selatan pulau jawa, pantai di Gunung kidul seolah menjadi surga berharga dan tersembunyi di balik gugusan perbukitan kapur dan gersang yang selama ini di identik dengan kawasan Gunungkidul. Namun, kali ini kami akan menggulas sebuah objek wisata pantai yang terkenal dengan kecantikan panorama yaitu pantai Pok Tunggal.

Nama Pantai “Pok Tunggal” diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama pohon ini dikenal dengan nama Pohon Duras. Pohon dalam bahasa jawa “Pokok” Duras yang tumbuh di pantai ini hanya terdapat satu pohon saja, oleh sebab itu dinamakanlah pantai tersebut dengan nama Pok Tunggal.

Pohon duras itu merupakan satu-satunya pohon yang menginspirasi pemberian nama pantai ini menjadi Pok Tunggal. Pohon Duras disini cukup rindang, menurut masyarakat setempat konon pohon duras ini sangat sulit tumbuh di daerah sini.

Oleh sebab itu, pohon ini selalu di rawat agar tumbuh subur, keberadaannya sangat dijaga oleh masyarakat dan pengelola pantai ini. Kesuburan pohon Duras ini dipercaya oleh masyarakat merupakan sebuah lambang kemakmuran penduduk setempat. Jadi, Bagi Anda yang ingin mencoba memanjat pohon tersebut urungkan niat itu, sebab pasti akan mendapat sebuah teguran keras dari penduduk sekitar yang selalu mengawasinya.

Baca Juga: Menikmati Panorama Alam Pantai Slili Gunungkidul

pantai-pok-tunggal-2

Pantai yang tersembunyi ini memiliki panorama alam yang perlu di perhitungkan, pantai ini terkenal dengan pasir putih bersih dan lembut, serta ombak yang cukup besar yang menjadi ciri khas pantai selatan. Pantai ini di apit oleh beberapa bukit yatu disebelah barat  adalah bukit tirta pok tunggal asri dan di sebelah timur bukit panjong .

Luasnya hamparan pantai berpasir putih yang disapu oleh ombak biru laut selatan dapat menghempaskan ketenangan dan dapat sebagai obat penawar rasa lelah yang mujarab yang perlu Anda coba, yang kemudian membawa kita larut dalam suasana yang begitu damai dan Tenang terbebas oleh beban yang menekan.

Dan pemandangan sunset di pantai ini merupakan salah satu pemandangan sunset terbaik di jogja. Inilah momen yang sangat dicari oleh banyak kalangan penikmat perjalanan, yaitu sunset di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Sebuah hal yang terasa sangat kurang jika Anda sampai melewatkan momen untuk menikmati matahari terbenam di pantai Jogja yang paling keren ini.

Untuk menikmati panorama alam yang indah ini, Anda perlu sedikit berjuang, menempuh jauhnya jarak tempuh dari jogja, jalanan yang terjal bebatuan dan berkelok seketika akan terlupakan dan dalam sekejap dengan mengisi keceriaan di hati sesaat ketika menikmati panorama pantai ini.

Baca juga: Menikmati Sunset Terbaik di Pantai Wediombo Gunungkidul

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, masih sejalur dengan jalan menuju pantai indrayanti. untuk mempermudah silahkan klik [Google Maps Pantai Pok Tunggal]

Pok Tunggal di Instagram

Tinggalkan pesanan