10 Alasan Harus Piknik ke Pantai Sadeng Gunung Kidul

0
10 Alasan Harus Piknik ke Pantai Sadeng Gunung Kidul
10 (100%) 5 votes

Pantai Sadeng Gunungkidul
Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan sebuah objek wisata pantai terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini merupakan satu dari banyak jajaran pantai – pantai cantik di Gunungkidul. Yang menjadikan Pantai Sadeng istimewa adalah kerena sejarahnya yang unik. Pantai ini dipercaya adalah bekas muara Sungai Bengawan Solo Purba yang pernah mengalir ke arah selatan pada zaman dahulu kala.

Menurut para peneliti menyebutkan juga kalau bukti – bukti geologisnya bisa ditemukan hingga sekarang. Memang dari bukti yang ada bisa terlihat, Sungai Bengawan Solo Purba yang kita ketahui mengalir tenang di utara pulau jawa ini pernah bermuara di pantai selatan pulau jawa tepatnya di Pantai Sadeng.

Sungai Bengawan Solo Purba yang  pernah mengalir ke pantai sedeng itu terjadi kira – kira sudah sekitar 4 juta tahun yang lalu, hingga kini telah berbalik arah ke utara ketika lempeng Australia di bawah Pulau Jawa mengalami pergeseran yang mengakibatkan dataran Pulau Jawa bagian selatan terangkat. Karena terangkatnya daratan ini, arus sungai Bengawan Solo Purba yang seharusnya mengalir ke selatan jawa akhirnya tidak bisa melewati jalur yang ada.

Baca Juga: Pantai Watu Lumbung, Wisata Pantai Perawan di Gunungkidul

Pantai Sadeng Gunungkidul
Pemecah Ombak Pantai Sadeng Gunungkidul

Saat berkunjung kepantai ini ada banyak yang bisa dinikmati bahkan ketika belum sampai di Pantai Sadeng. Karena saat perjalanan menuju ke pantai ini kita akan dapat menikmati keindahan Telaga Suling. Telaga suling yang diyakini sebagai sisa aliran Sungai Bengawan Solo Purba. Namun sekarang lembah ini digunakan masyarakat sekitar untuk bercocok tanam tanaman palawija karena tanahnya yang subur.

Pantai Sadeng bukan hanya sebagai destinasi wisata yang sangat menyenangkan di Gunungkidul, namun juga tempat ini menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Pantai ini memang dimanfaatkan menjadi salah satu pelabuhan perikanan di Gunungkidul. Menariknya lagi, Pantai ini adalah salah satu pelabuhan ikan yang paling maju di Provinsi Yogyakarta.

Keindahan lainnya adalah karena di zona pelabuhan nelayan, pemandangan pelabuhan dengan perahu-perahu nelayan yang bersandar dengan tertib dan rapi menambah keindahan dari pantai ini. Pelabuhannya cukup bersih dan airnya yang jernih, Pelabuahan ini juga tidak terlalu bau oleh aroma ikan busuk.

Baca Juga: Panorama Eksotis Pantai Sedahan Gunungkidul

Pantai Sadeng Gunungkidul
Kapal di Pantai Sadeng Gunungkidul

Bagi yang hobi fotografi, Anda bisa memotret panorama pelabuhan, diambil sisi pemecah ombak kearah pelabuhan maka hasilnya sangat keren dan menakjubkan. Susunan batu pemecah ombak juga terlihat keren, mantap dan tertata apik. Pengunjung yang datang, banyak yang mengabadikan momen kebersamaan dengan berfoto selfie disana. Dengan latar belakang pantai yang indah, tebing bukit ataupun berlatar belakang pelabuhan, hasil gambarnya terlihat eksotis dan pastinya mantap dan keren.

Selain itu, banyak juga warga di area pelabuhan yang memancing ikan. Pengunjung juga bisa ikut menyaksikan pemandangan warga yang tengah fakus memancing. Jika menginginkan ikut memancing, ada bisa juga meminjam alat pancing kepada warga di sana, warganya sangat ramah.

Baca Juga: Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang

Lokasi Pantai Sadeng Gunungkidul

Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Untuk memudahkan sobat mencari lokasinya bisa menggunakan smartphone dengan cara klik [Google maps Pantai sadeng]

Pantai Sadeng di Instagram

[instashow source=”#pantaisadeng” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan