10 Spot Foto Keren di Pantai Siung Gunung Kidul yang Hits

10 Spot Foto Keren di Pantai Siung Gunung Kidul yang Hits
Rate this post

Wisata pantai di Gunung kidul tak ada habisnya. Belakangan ini, banyak pantai cantik bermunculan ke permukaan, pantai yang belum terkenal namum memiliki keindahan yang luar biasa indahnya. Namun bukan itu yang akan kami bahas, Pantai Siung sebuah pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta bahkan Sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai Siung adalah sebuah pantai indah yang sangat di rekomendaskan untuk di kunjungi bersama keluarga dan teman teman karena aksesnya yang mudah.

Pantai Siung, selain aksesnya yang mudah, pantai ini merupakan wisata pantai yang  sudah cukup terkenal di Yogyakarta, Pantai yang terletak di kawasan pantai indah Gunung kidul. Pantai siung memiliki daya tarik karena memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Tidak seperti pantai terkenal lain yang banyak sampah, pantai ini masih cukup terjaga kebersihanya.

Satu keunikan yang menonjol dari Pantai Siung adalah keberadaan batu karangnya. Batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai ini memiliki peranan yang terbilang cukup penting, tidak hanya menjadi penambah keindahan dan serta pembatas dengan pantai lain saja. Batu karang itu juga yang menjadi dasar  dari penamaan pantai tersebut.

Baca juga: Pantai Ngrumput, Pantai Asyik Untuk Camping di Gunungkidul

Batu karang yang menjadi dasar penamaan pantai ini lokasinya agak menjorok ke lautan. Nama pantai ini diambil dari bentuk batu karang yang menurut warga sekitar, menyerupai sebuah gigi kera atau bisa juga di sebut Siung Wanara. Hingga kini, batu karang ini masih bisa temukan dan dinikmati keindahannya oleh pengunjung, berpadu dengan ombak besar ciri khas pantai laut selatan yang terkadang menerpanya, hingga celah-celahnya yang diterpa oleh air laut lalu mengalir perlahan atau menetes indah, menyajikan sebuah pemandangan dramatis dan eksotis.

Selain bisa melakukan aktivitas berenang dan bermain air di gugusan batu karang, Anda juga bisa mendaki di bukit yang ada di sebelah pantai, di sana Anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit . Dari atas bukit tersebut, terlihat Samudera Hindia yang begitu luas,  biru, dan jernih. Di bagian bukit sebelah barat terdapat fasilitas olahraga panjat tebing berskala internasional.

Banyak sekali wisatawan yang datang baik domestik maupun wisatawan mancanegara berkunjung ke tempat tersebut untuk mencoba olahraga panjang tebing yang menantang dan sangat menarik tersebut. Karena tingkat kesulitan panjat tebing yang berbeda beda dan menantang maka daerah Pantai Siung ini sering digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan olahraga Panjat Tebing tingkat nasional maupun tingat internasional.

Sebagian besar warga sekitar Pantai Siung saat ini berprofesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut sebagai sumber penghidupan. Garam yang dihasilkan di pantai ini oleh warga Siung inilah yang saat itu menjadi barang dagangan utama di pasar Winangun terkadang di ekspor ke jogja. Meski kaya beragam jenis ikan dan jenis kepiting, tidak banyak warga yang berani melaut. Umumnya, mereka hanya mencari ikan di tepian.

Baca juga: Pantai Sanglen Gunungkidul, Berasa Liburan di Pantai Pribadi

Lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Lokasi Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, di sebelah pantai Nglambor. Bisa menggunakan ponsel dengan klik [ Maps Pantai Siung ]

Pantai Siung di Instagram