Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Terlengkap di Yogyakarta

Rate this post
Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Eksotisjogja.com : Nama Pasar Beringharjo sudah tidak lain lagi di telinga kita saat mengunjungi Kota Yogyakarta karena pasar ini merupakan salah satu ikon sekaligus destinasi utama para wisatawan. Sejak tahun 1758 pasar ini telah digunakan sebagai tempat/lokasi jual beli.

Pasar Beringharjo merupakan sebuah bagian dari Malioboro yang jika Anda mengunjunginya sangat sayang sekali jika dilewatkan. Bagaimana tidak karena pasar yang satu ini telah menjadi pusat kegiatan perekonomian selama ratusan tahun. Keberadaannya pasar ini juga mempunyai mempunyai makna filosofi tersendiri dimana pasar yang telah berkali-kali dipugar dapat melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Pasar Beringharjo juga termasuk sebagai pasar tradisional tertua dan terbesar, Didalam pasar ini terdapat banyak sekali jenis penawaran barang yang tersedia sehingga Anda tidak perlu berkeliling-keliling lagi karena cukup datang ke Bringharjo semua keinginan Anda hampir tersedia. Dan banyak juga yang mengatakan bahwa Beringharjo adalah pasar tradisional terindah di Jawa.

Pasar Beringharjo yogyakarta
Pasar Beringharjo

Jika hendak ingin berbelanja batik, Beringharjo adalah tempat terbaik karena koleksi batiknya lengkap. Di pasar ini Anda bisa belanja batikmulai dari batik kain ataupun batik yang sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra, dengan harga puluhan ribu hingga sejutaan tersedia di pasar ini.

Untuk koleksi batik kain dapat Anda jumpai di los pasar bagian barat. Sedangkan untuk koleksi pakaian batik Anda bisa menjumpainya hampir di seluruh pasar bagian barat. Tidak hanya pakaian pakaian batik disana juga terdapat jenis penawaran lainnya seperti baju surjan, sarung tenun, blangkon, dan masih banyak jenis lainnya.

Setelah puas berkeliling di setiap bagian sudut pasar, tiba saatnya untuk menjelajahi daerah sekitar pasar dengan tawarannya yang tak kalah menarik. Pada bagian utara Pasar yang dahulu dikenal dengan Kampung Pecinan adalah wilayah yang paling terkenal. Disini juga Anda bisa menemukan kaset-kaset jaman dahulu dengan musisi-musisi tahun 50-an yang jarang ditemui di tempat lain. Dan juga Anda akan menemuka kerajinan logam berupa patung Budha serta bagi Anda yang suka mengoleksi uang lama, tempat ini adalah lokasi yang tepat untuk Anda disini menjual uang dari berbagai negara, bahkan yang digunakan tahun 30-an.

Pasar ini berlokasi persis di ujung selatan sisi timur Malioboro atau tepatnya di Jalan Malioboro-Jalan A Yani. Apabila Anda menyusuri Jalan Malioboro menuju bagian arah selatan, nanti Anda akan melihat Pasar Beringharjo di sebelah kiri jalan. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi pasar ini Anda bisa datang di siang hari karena pasar ini buka sampai jam 17.00 WIB.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

[instashow source=”#pasarberingharjo” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan