Pasar Pasty, Pusat Pasar Hewan dan Tanaman di Jogja

0
Pasar Pasty, Pusat Pasar Hewan dan Tanaman di Jogja
Rate this post

pasar pasty yogyakarta

Kamu yang suka memelihara hewan atau senang berburu tanaman hias sebaiknya jangan lewatkan kesempatan yang langka saat sedang berlibur di Yogyakarta, karena tak jauh dari pusat keramaian kota wisata ini terdapat sebuah pusat pasar hewan dan tanaman hias terlengkap di Jogja.

Yaitu pasar Pasty, akronim dari (Pasar Satwa dan Tanaman hias Yogyakarta). Pasar yang sudah sangat terkenal di Jogja khusus hanya menjual berbagai macam hewan dan tanaman hias. Di pasar ini kamu bisa melihat berbagai macam hewan yang diperjual-belikan, dari ikan hias, burung, tokek, kelinci, kucing, anjing sampai ular pun bisa kamu lihat disini.

Pasar Pasty sendiri sebenarnya adalah pasar pindahan dari pasar hewan sebelumnya yang terletak di Ngasem, namun karena kepentingan relokasi lahan akibat penataan kota Jogja lokasi pasar akhirnya di pindah ke jalan Bantul. Berdiri sejak tahun 2010 lalu, kini citra pasar Pasty sebagai pusatnya pasar hewan dan tanaman hias semakin berkembang pesat daripada sebelumnya di Ngasem.

Baca juga: 4 Pasar Tradisional di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

touris

Hal ini didukung dengan lokasi pasar yang cukup strategis, berada di jalan raya Bantul KM 1. Selain itu pasar Pasty terlihat sangat tertata, karena letak antara pasar hewan dan pasar tanaman hias dipisahkan oleh jalan aspal, bagian selatan khusus hewan, dan bagian utara khusus tumbuhan atau tanaman hias.

Namun yang terlihat antara pasar hewan dan tumbuhan yang paling sering dikunjungi orang adalah pasar hewannya, hal ini karena peminat hewan peliharaan lebih besar ketimbang pengoleksi tumbuhan.

Hampir setiap hati pasar Pasty terlihat ramai dikunjungi, tak hanya sekedar orang yang ingin membeli atau melihat-lihat hewan, pasar Pasty kini juga menjelma menjadi salah satu obyek wisata unik yang dapat menarik minat wisatawan lokal dan turis mancanegara.

Baca juga: Pasar Seni Gabusan Pusat Kerajinan Tangan di Bantul

pedangang ikan hias

Kebanyakan hewan yang dijual di pasar ini adalah burung, kini peng-hoby burung kicau (kicau mania) di Indonesia dari tahun ketahun semakin banyak peminatnya, dan Jogja adalah salah satu kota yang banyak peminat burung kicaunya.

Berbagai jenis burung bisa kamu jumpai disini, seperti lovebird, merpati, murai batu, kacer, dan burung-burung paruh bengkok pemakan biji banyak dijual di pasar Pasty Yogyakarta. Tak jarang juga di pasar ini diadakan acara lomba burung kicau yang diselenggarakan kecil-kecilan.

Masuk ke loksai pasar Pasty tidak dikenakan biaya, hanya ada biaya parkir kendaraan saja. Begitu masuk ke area pasar hewan kamu akan melihat patung burung di tengah rest area. Kemudian jejeran pedagang ikan hias akan mengalihkan pandangan kamu seketika, berbagai jenis ikan dari yang paling kecil sampai yang besar seperti ikan Aligator Gar ada disini.

Baca juga: Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Terlengkap di Yogyakarta

sangkar burung

Lalu lanjut menyusuri kebelakang terdapat beberapa pedagang yang menjual serangga untuk pakan burung, sangkar burung, dan segala perlengkapan tentang burung, pokoknya dijamin lengkap semua tentang burung kicau ada disini.

Selain burung, ternyata di pasar ini juga terdapat hewan yang menjadi primadona, Yakni ular Piton yang berukuran raksasa dikandang menggunakan teralis besi berbentuk dome dengan tinggi hampir tiga meter. Melanjutkan penyusuran, ke arah kiri pasar kamu akan melihat berbagai macam hewan peliharaan yang imut, kelinci, kucing dan anjing di tempatkan di area ini.

Jika sudah puas berkeliling melihat-lihat pasar hewan dan tumbuhan, jangan lupa mencicipi soto yang ada di dekat pasar pasty ini. Sambil menyantap hidangan kamu bisa sambil bersantai menikmati sepenggal nuansa Jogja dengan melihat aktivitas para pedagang dan orang-orang sekitar pasar.

Instagram

[instashow source=”#pasarpasty” direction=”vertical”]

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan