Pasar Seni Gabusan Pusat Kerajinan Tangan di Bantul

Pasar Seni Gabusan Pusat Kerajinan Tangan di Bantul
10 (100%) 4 votes

pasar seni gabusan bantul

Hampir semua wisatawan yang sedang berlibur di suatu tempat pasti akan membeli oleh-oleh bibawa pulang untuk teman atau keluarga di rumah, biasanya yang jadi masalah adalah bingung barang apa yang kira-kira cocok dibawa menjadi buah tangan. Berdasarkan pengamatan, kebanyakan orang akan membeli kaos atau membeli kerajinan tangan untuk dijadikan buah tangan.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan satu referensi atau rekomendasi bagi kamu yang ingin membeli beberapa barang kerajinan tangan yang unik, lucu dan berseni untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau sebagai pajangan di ruang tamu.

Yaitu pasar seni Gabusan, pasar yang khusus menjual aneka macam kerajinan tangan dari seniman dan industri rumahan yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Dibuka pertama kali pada tahun 2004 lalu, kini pasar seni Gabusan sudah menampung 400 lebih pengerajin yang terbagi menjadi 16 Los atau petak dagang.

Baca juga: Bernostalgia di Pasar Kangen Yogyakarta

kerajinan rotan anyam

Lokasi pasar seni Gabusan berada di Kabupaten Bantul, selatan kota Jogja, tepatnya di Jl.Parangtritis km 9,5, hanya sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota. Berdiri diatas area seluas 4,5 ha pasar seni ini banyak menjual produk-produk kesenian yang di tempatkan sesuai dengan jenis-jenisnya seperti seperti kerajinan kulit, terakota, logam, kayu, perak, bambu dan lukisan.

Pasar seni gabusan tak hanya menjual kerajinan dari daerah bantul saja, bahkan barang disini juga berasal dari luar kota seperti kerajinan sepatu dan tas yang terbuat dari kulit hewan. Salah satu keunikan di pasar seni ini terletak di bangunannya yang menggabungkan unsur modern dan tradisional.

Begitu memasuki area pasar seni Gabusan kamu akan melihat patung gong raksasa yang bertuliskan “Bantul Projo Taman Sari” dan di belakangnya terdapat patung pesawat terbang. Memasuki kedalam pasar, kamu akan disuguhkan berbagai macam kerajinan yang terlihat sangat berseni.

Baca juga: Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Terlengkap di Yogyakarta

kerajinan tangan terakota

Salah satu hal yang menyenangkan saat berkunjung ke pasar seni Gabusan adalah kita seolah-olah diajak berwisata tak hanya melihat-lihat barang kerajinan namun kita juga bisa menikmati suasana khas dan kesenian dalam satu tempat.

Masuk kedalam area disini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis, kamu hanya akan dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Jangan khawatir tentang fasilitas yang ada disini, pihak pengelola sudah membangun berbagai macam fasilitas yang cukup memadai dan layak untuk pengunjung, seperti mushola, wc, tempat parkir yang luas, tepat makan/kantin bahkan pasar seni Gabusan kini sudah memiliki akses Internet juga.

Instagram

 

Tinggalkan Balasan