Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Yogyakarta

890
BERBAGI
Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Yogyakarta
10 (100%) 3 votes

pemandian air panas

Pemandian Parang Wedang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang banyak dikunjungi wisatawan saat datang ke Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak lengkap rasanya jika kita sudah jauh-jauh datang ke lokasi yang memiliki berbagai macam tempat wisata tapi tak mencoba semuanya.

Siapa sangka ternyata di daerah kawasan pantai yang memiliki elevasi rendah terdapat salah satu hal yang menarik perhatian, yakni pemandian air panas. Karna biasanya pemandian air panas hanya bisa kita jumpai di daerah perbukitan atau pegunungan, dan airnya juga mangandung sulfur atau belerang.

Baca juga: Wisata Karst Tubing Yogyakarta Semakin Banyak Di Minati

wisata penadian air panas

Namun tidak dengan kolam pemandian air hangat Parang Wedang ini, Airnya tak mengandung belerang. Hal ini disebabkan karena, lokasi ini dikelilingi oleh perbukitan, dibawahnya terdapat dua buah lempeng dan patahan yang air tanahnya mengalir melewati sesar ke daerah panas bumi, kemudian menjadi mata air panas yang dikenal saat ini dengan nama Parang Wedang.

Sedikit sejarah tentang pemandian Parang Wedang ini, konon tempat ini dulunya tercipta karena kesaktian dari Sri Sultan Hamengkubuono ke VI, saat itu Sri Sultan hendak mandi di Pesanggrahan Balekencur, namun ternyata airnya dingin, beliau ungin mandi degan air yang hangat, maka Sri Sultan mencari-cari suatu tempat yang terdapat kolam air hangat.

Tetapi karena tak menemukan kolam air hangat yang diinginkannya, maka beliau pun berinisiatif untuk membuat kolam sendiri, dan karena kesaktiannya maka muncul lah mata air panas. Setelah itu tempat ini pun di beri nama Parang Wedang. Parang yang berarti Karang, dan Wedang yang berarti hangat atau minuman hangat.

Baca juga: Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

pemandian parang wedang

Seperti kebanyakan pemandian air panas lainnya, air dari pemandian Parang Wedang juga berkhasiat untuk pegal-pegal, linu, relaksasi dan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit, seperti, panu, kadas, dan lain-lain.

Pemandian Parang Wedang buka hampir setiap hari dari jam 07:00-18:00, namun jika pengunjung terlalu banyak, biasanya akan tutup lebih cepat karena ketersediaan air panas disini juga terbatas. Biaya masuk ke lokasi pemandian air panas ini cukup murah yakni Rp.5000/orang, dan biaya parkir kendaraan sepeda motor Rp.2000, mobil Rp.5000.

Lokasi Parang Wedang berada di pinggir jalan dan masih dalam kawasan wisata Pantai Parangtritis, jadi tak akan sulit untuk menemukannya, jika bingung tanya saja kepada warga sekitar, fasilitas yang disediakan disini bisa dibilang satandar, terdapat 12 kamar pemandian 6 kamar pemandian air panas dan 6 kamar pemadian air biasa atau air tawar.

Setelah asyik rileks dan melepas lelah di pemandian air panas Parang Wedang hal paling seru untuk dilakukan selanjutnya adalah berburu kuliner laut di pantai Depok, di pantai ini terdapat pasar ikan, jadi kamu bisa belanja langsung kesana, memilih ikan dan membelinya kemudian tinggal bawa ikan tersebut ke salah satu warung yang ada di sekitar pasar untuk diolah sesuai selera.

Instagaram

 

BERBAGI