Curug Setawing, Air Terjun Cantik nan Memesona di Kulon Progo

0
Curug Setawing, Air Terjun Cantik nan Memesona di Kulon Progo
Rate this post

air terjun setawing

Potensi wisata yang ada di bukit Menoreh Kabupaten Kulon Progo memang sudah tak diragukan lagi, pesona keindahan landskap dipadukan dengan udara sejuk menjadikan perbukitan Menoreh salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata di Yogyakarta.

Ada beberapa wisata yang terkenal di Perbukitan Mernoreh seperti, Kalibiru, Puncak Suroloyo, Kebun Teh. Namun untuk kali ini kami khusus akan me review wisata air terjun yang ada di perbukitan bukit Menoreh, Yaitu air terjun Setawing yang terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut (Curug Setawing) ini hanyalah salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo, yang membuatnya istimewa adalah karena terletak di ketinggian perbukitan, selain itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 45 meter dari dasar jatuhnya air.

Baca juga: Asyiknya Bermain Air di Curug Tegalrejo Gunung Kidul

pintu masuk wisata

Tebing air terjun Setawing terlihat berbentuk berundak-undak, jadi air yang turun akan melebar karna jatuh mengenai beberapa batu-batu tebing terlebih dahulu. Saat musim kemarau air terjun Setawing masih memiliki debit air yang cukup, dan saat musim hujan debit airnya meningkat membuat air terjun ini semakin bagus terlihat.

Namun yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke wisata air terjun Setawing saat musim penghujan adalah selalu berhati-hati dengan trek yang akan dilewati, gunakanlah sendal yang memiliki grip yang bagus saat ber-traksi di medan licin seperti sendal gunung atau sepatu.

Kini pihak pengelola wisata dan penduduk sekitar sudah membangun beberapa fasilitas agar para pengunjung mudah menuju ke lokasi air terjun, kita bisa melewati tangga dan pegangan tangan saat jalanan menurun lalu beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia.

Baca juga: Menjajal Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo

curug setawing

Menikmati pemandangan sambil bermain air, merupakan kesenangan bagi beberapa orang, seperti bermain di waterpark alami. Tentu kamu dapat mengabadikan momen-momen seru ini dengan berfoto bersama teman ataupun keluarga.

Lokasi air terjun Setawing cukup mudah ditemukan karena rutenya sama ke arah lokasi air terjun Grojogan Sewu, sebelum sampai ke lokasi air terjun Grojogan Sewu kamu akan menemukan penunjuk jalan yang akan mengantarkan kamu ke lokasi air terjun Setawing.

Lebih jelasnya rutenya, saat kamu sudah melalui Goa Kiskendo lalu ke arah air terjun Grojogan Sewu, ambil arah ke kanan, jangan khawatir karena penduduk sekitar sudah memasang beberapa plang penunjuk arah ke lokasi air terjun Setawing.

Instagram

[instashow source=”#curugsetawing” direction=”vertical”]

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan