Pesona Pantai Glagah Kulon Progo

1
Pesona Pantai Glagah Kulon Progo
Rate this post

pantai glagah

Jogja memang sangat terkenal akan keindahan wisata pantainya, terutama jika kita bicara tentang kabupaten Gunung Kidul, mayoritas destinasi wisatanya adalah pantai. Pantai memang menjadi salah satu tujuan andalan para wisatawan apalagi saat musim liburan tiba.

Tercatat ada 69 lebih pantai di Gunung Kidul, dari yang paling gampang akses masuknya sampai yang susah sampai harus jalan kaki terlebih dahulu demi sampai ke pantai tujuan, tentu kalian tidak bisa mengunjungi semua pantai ini dalam sehari. Mayoritas pantai yang ada di Gunung Kidul adalah pantai karang  dangkal dan bertebing jadi sangat bahaya jika ombak laut sedang pasang.

Bicara soal pantai, ternyata pantai yang eksotis dan bagus untuk berburu sunset di jogja tak hanya ada di Gunung Kidul lhoo, kamu bisa juga berkunjung ke pantai Glagah yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, pesona pantai Glagah Kulon Progo kalah indah dibanding pantai lainnya.

Ciri yang paling membedakan pantai Glagah dengan pantai lainnya di Jogja adalah, pantai ini memiliki pemecah ombak atau tetrapod yang menjorok ke arah pantai, jadi kita bisa melihat dan merasakan lebih dekat deburan ombak yang terbawa angin.

Di atas pemecah ombak inilah biasanya banyak para pemancing melemparkan umpan dan menunggu sambaran ikan, pantai ini sudah sangat terkenal di Kulon Progo, jadi jangan khawatir takut nyasar jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini.

Kamu bisa ambil arah dari kota Jogja menuju ke jalan Wates-Purworejo, kemudian menuju ke desa Glagah,  Jika sudah memasuki wilayah kota Wates akan terdapat beberapa plang menuju ke arah pantai Glagah, tinggal ikuti saja petunjuknya.

tukik (anak penyu)

Setelah asik mengunjungi pantai Glagah jangan lupa juga berkunjung ke pantai Trisik, karena pantai ini juga termasuk destinasi wisata andalan di Kulon Progo, jika hendak ke pantai ini sebaiknya pada saat sore hari karena suasa di sekitar pantai Trisik sangat menawan di padu dengan sunset senja di sore hari, apalagi sekitaran pantai terdapat hamparan sawah dan pohon-pohon kelapa yang menambah syahdu suasana.

Masyarakat di sekitar pantai Trisik mayoritas adalah nelayan dan tak jauh dari pantai ini juga kita bisa melihat kesibukan pasar ikan, selain itu yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah karena terdapat tempat konservasi penyu, penyu adalah hewan hanya akan bertelur di tempat dia menetas, jadi sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam demi mendukung kehidupan para penyu di lautan.

Konservasi penyu ini juga merupakan suatu bentuk upaya positif yang bertujuan untuk menjaga populasi penyu lautan lepas tetap jauh dari kepunahan, dengan cara mengambil telur-telur penyu dan menyimpannya di tempat yang aman, lalu setelah anak-anak penyu sudah menetas kemudian di karantina beberapa hari terlebih dahulu, hal ini diharapkan akan meningkatkan harapan hidup para tukik atau anak penyu saat di lepas ke pantai nanti.

Sebenarnya masih ada beberapa pantai yang cukup dikenal di sekitar sini seperti pantai Bugel dan pantai congot, namun saya rasa mengunjungi dua pantai ini saja sudah sangat cukup saat berkunjung di Kulon Progo. Sempatkanlah berkunjung ke pantai Glagah dan pantai Trisik.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan