Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

1
Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta
10 (100%) 4 votes

pantai samas bantul

Kabupaten Bantul tak habis-habisnya menawarkan wisata yang menarik bagi para pengunjung, Kali ini tim Eksotis Jogja masih akan meliput salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yaitu pantai Samas, pantai ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Pantai Samai terkenal akan ombaknya yang besar dan berangin kencang.

Seperti pantai lainnya yang ada di Bantul, yakni pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo, Samas juga terletak kedalam jejeran pantai-pantai selatan tersebut, namun yang sedikit membedakan pantai Samas dengan pantai lainnya adalah, disini pasirnya agak berwarna putih, namun tak terlalu bersih.

Yang menarik pemandangan dan panorama di pantai Samas adalah terdapatnya delta-delta sungai yang membentuk telaga. Dan Oleh Dinas Perikanan Provinsi DIY berserta warga sekitar, telaga-telaga tersebut dipugar dan dimanfaatkan sebagai pengembangan peternakan perikanan, udang galah dan sebagai lokasi pemancingan.

Karena letaknya yang tak jauh dengan pantai Parangtritis, maka pantai Samas juga sering diadakan ritual tahunan atau seperti upacara adat yang digelar oleh keluarga Keraton Yogyakarta, salah satu ritual yang digelar disini adalah Labuhan Sedekah Laut dan Kirab Tumuruning Maheso Suro.

Baca juga: Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta

panorama pantai

Akses menuju pantai samas terbilang mudah, semua kendaraan beroda dua, empat atau bahkan bus sekalipun bisa masuk ke lokasi parkir pantai ini. Selama dalam perjalanan kamu akan melihat pemandangan yang menarik , sawah-sawah terhampar, pegunungan dan bukit juga ikut menjadi back ground yang menarik untuk di pandang.

Ada satu hal lagi yang menarik dari pantai Samas, tiap tahun hamparan pasir pantai Samas dijadikan tempat untuk bertelur para penyu, namun sayang, karena telur penyu terkadang sering dirampok oleh para orang-orang tak bertanggung jawab yang menggunakan telur penyu untuk keperluan tak penting, sehingga warga dan dinas Kabupaten Bantul membentuk Forum Konservasi Penyu Bantul sebagi upaya melindungi telur dan meningkatkan harapan hidup para tukik atau penyu-penyu muda.

Baca juga: Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme

lagoona pantai saas

Soal pemandangan, pantai Samas sudah tak usah diragukan lagi keindahannya, disini kamu akan diajak untuk menikmati keindahan alam yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya, dengan menaiki tebing atau gardu pandang yang terdapat di dekat lokasi pantai, kamu akan lebih jelas lagi melihat hamparan lautan yang mebentang seolah tanpa batas.

Fasilitasnya juga cukup memadai, parkir, wc, tempat ganti baju, mushola dan lain-lain tersedia disini. Tips jika kamu hendak berkunjung kesini sebaiknya pada saat siang hari menuju sore hari, karena kebanyakan orang akan menunggu moment-moment diamana meraka akan menyaksiakan keindahan golden sunset di sebelah kanan pantai Samas ini.

Instagram

[instashow source=”#pantaisamas” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan