Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme

441
BERBAGI
Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme
9.3 (93.33%) 3 votes

goa cerme bantul

Membahas tentang wisata, Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya, namun kebanyakan orang jika ditanya tentang salah satu wisata di Jogja pasti akan menjawab Malioboro, Keraton, Pantai dan wisata yang terkenal lainnya. Padahal terdapat ratusan destinasi wisata di Jogja, tak melulu harus ikutan mainstrem ke wisata yang itu-itu aja kan?

Terkadang tiap-tiap tempat wisata juga memiliki sejarah yang bisa menjadi salah satu daya tarik, untuk itu biasanya tempat wisata yang memiliki sejarah terdapat juga jasa seorang pemandu yang bertugas menjelaskan kejadian masa lalu yang terkait dengan wisata yang sedang kamu kunjungi.

Baca juga: Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta

stalaktit dan stalakmit goa

Contohnya wisata yang sangat kental sejarah di Jogja adalah Benteng Vredeburg, benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan lokasinya sangat dekat dengan Titik Nol atau (nol kilometer di Jogja). Namun karna benteng tersebut sudah terlelu mainstrem, kali ini tim Eksotis Jogja akan memberikan ulasan tentang wisata yang cukup keren dan belum terlalu ramai dikunjungi, namun memiliki sejarah yang sangat menarik.

Yaitu Goa Cerme, terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa cerme cukup terkenal akan sejarahnya, karna goa ini dulunya menjadi tempat bertemunya para Wali Songo untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak, selain itu goa ini juga dulu sering menjadi tempat berdakwah para Wali.

Selain dari sisi sejarah ternyata Goa Cerme memang memiliki keindahan yang menarik stalaktit dan satlakmitnya. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km sangat menantang bagi kamu yang suka memacu adrenalin di tempat sempit dan lembab.

Baca juga: Wisata Asik Di Kampung Edukasi Watu Lumbung

sungai bawah tanah

Disini juga terdapat sungai bawah tanah yang jernih, pengunjung dianjurkan tidak masuk terlalu dalam ke perut goa pada saat musim hujan dan ketinggian air meningkat. Sebaiknya datang ke Goa Cerme pada musim kemarau atau di peralihan musim.

Ada satu lagi yang menjadi daya tarik goa ini, yaitu aura Mistisnya. Goa ini sering dijadikan tempat semedi atau pertapaan bagi sebagian orang yang percaya dengan dunia Mistis, dan pada malam-malam tertentu goa ini ramai dikunjungi orang-orang bahkan yang dari luar Jogja.

Biaya masuk/retribusi Goa Cerme hanya sebesar Rp.2000, dan parkir sepeda motor Rp.3000. Buat yang ingin menyusuri perut goa maka diwajibkan untuk menyewa pemandu sebesar Rp.50.000, satu pemandu bisa membawa lima orang lebih sekali jalan. lalu jangan lupa untuk menyewa Headlamp bagi yang tak bawa senter atau penerang sebesar Rp.5000, di dalam goa memang benar-benar gelam maka diwajibkan satu orang satu lampu penerang.

Rute atau jalan

Kota Jogja – menuju terminal Giwangan – lurus saja ke arah selatan jl. Imogiri Timur – mentok di pertigaan ikuti papan penunjuk arah ke kanan – ikuti saja terus petunjuka arah yang ada sampai melewati jembatan – setelah jembatan ada pertigaan ambil kanan – dari sini jalanan mulai menanjak dan sempit, berhati-hati – sampai lokasi

Intagram

 

BERBAGI