4 Puncak Terindah di Pulau Jawa yang Wajib Disambangi

4 Puncak Terindah di Pulau Jawa yang Wajib Disambangi
10 (100%) 1 vote

Mendaki gunung memang memerlukan stamina yang prima sebab kegiatan wisata yang satu ini terbilang sangat melelahkan. Meskipun demikian, nyatanya rasa capek dan lelah di dalam pendakian tidak membuat orang jera untuk mencari puncak-puncak terindah guna disambangi. Ada rasa bangga dan ketagihan setiap kali habis mendaki gunung. Kamu pun bisa jadi masuk dalam kelompok tersebut.

Tidak ayal, jika kamu memang telanjur pada panorama dari puncak yang memukau, kamu akan selalu mencari celah liburan—bahkan di akhir pekan—guna bisa melakukan pendakian yang kamu inginkan. Nah untungnya, Indonesia memiliki banyak gunung yang membuat petualangan pendakianmu seakan tiada henti. Bahkan buat kamu yang tinggal di Pulau Jawa, banyak puncak yang bisa kamu sambangi di akhir pekan karena jaraknya tidak terlalu dan dapat mudah diakses menggunakan pesawat maupun kereta api untuk sampai di kotanya.

Untuk menjadi referensi petualangammu selanjutnya, berikut ini adalah lima puncak terindah di Pulau Jawa yang tersebar di berbagai kota. Tidak sulit untuk menyinggahinya karena kamu hanya perlu membeli tiket kereta api ataupun pesawat untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan darat menuju pos demi pos perhentian guna mencapai puncak dari gunung-gunung cantik ini. Nah, tunggu apalagi, check it out berbagai puncak ciamik ini supaya kamu bisa mulai menentukan hendak memesan moda transportasi dengan rute apa di Traveloka guna mencapai ke destinasi seru ini.

1. Gunung Semeru

Sumber gambar: hipwee.com

Semenjak dijadikan sebagai latar tempat utama dalam film 5 CM, nama Gunung Semeru yang memang sudah terkenal menjadi semakin populer. Kunjungan orang-orang yang hendak menyaksikan keindahan negeri di atas awan gunung ini pun melonjak drastis. Hal ini pulalah yang menyebabkan bangku-bangku kereta api ke Malang kerap penuh di tiap akhir pekan. Karena itu, menjadi penting untuk dari jauh-jauh hari memesan tiket kereta api di situs Traveloka dengan tujuan Malang di link ini jika memang hendak berpetualang ke gunung yang satu ini.

Selain menawarkan negeri di atas pada puncaknya yang setinggi 3.676 mdpl ini, Gunung Semeru juga memiliki kawasan Ranu Kumbolo yang akan membuatmu tercengang karena keindahan. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini seakan memiliki daya pikat mistis yang membuat orang selalu ingin kembali mendakinya lagi dan lagi untuk mencapai puncaknya yang kerap disebut sebagai Mahameru.

2. Gunung Papandayan

Sumber gambar: kompas.com

Bagi kamu yang masih tergolong pendaki pemula, tidak ada salahnya loh mencoba menggapai puncak gunung yang tidak terlalu tinggi. Salah satu gunung yang ramah terhadap pendaki awal seperti kamu adalah Gunung Papandayan yang berlokasi di Garut, Jawa Barat. Tingginya yang mencapai 2.665 mdpl memang tidak terlalu memukau, namun panorama yang dihadirkan disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di Jawa Barat.

Salah satu daya tarik dari Gunung Papandayan adalah hutan matinya. Terkesan gersang, kering, dan misterius; nyatanya lokasi menuju puncak ini kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding! Kamu yang menyukai fotografi pun akan menyukai terhadap hutan tanpa dedaunan ini. Selain hutan mati, hamparan bunga edelweiss di kawasan Tegal Alun yang ada di Papandayan juga akan sukses memukaumu kalau hendak mencapai puncak gunung ini.

3. Gunung Prau

Sumber gambar: 4.bp.blogspot.com

Satu lagi gunung yang bersahabat untuk para pendaki pemula. Namun, jika Papandayan berada di Jawa Barat; lokasi Gunung Prau lebih ke tengah Jawa, yakni berada di Kabupaten Wonosobo. Termasuk salah satu gunung yang selalu ramai, panorama yang paling diunggulkan oleh puncak setinggi 2.565 mdpl ini adalah sajian gunung kembar Sumbing dan Sindoro yang akan ada di hadapanmu begitu kamu sukses mencapai puncak Prau.

Selain panorama dari dua gunung tersebut, kamu pun akan dibuat terpesona dengan sajian bukit hijau yang kerap disebut sebagai Bukit Telletubies di gunung yang satu ini. Disarankan untuk mendaki gunung ini sedari malam agar bisa sampai di puncak ketika matahari belum terbit. Alasannya simpel, ini karena Gunung Prau dikenal sebagai salah satu tempat untuk melihat matahari terbit paling cantik di Pulau Jawa. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri!

4. Gunung Sindoro

Sumbre gambar: infopendaki.com

Berada di jalur perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, kamu memiliki dua rute pilihan kereta api jika hendak menjajal mendaki gunung yang satu ini. Kamu bisa membeli tiket kereta api dengan tujuan Wonosobo ataupun memilih awal pendakian dengan turun di Stasiun Tugu maupun Leumpuyangan yang berada di Yogyakarta.

Apapun pilihan rute awalmu, pada akhirnya kamu akan dibuat terperangah oleh gunung yang memiliki tinggi 3.150 mdpl ini. Bagaimana tidak, selain menjanjikan negeri di atas awan yang menawarkan panorama Gunung Sumbing dan Slamet di antaranya, kamu pun akan dibuat terkagum-kagum dengan padang sabana yang ada di perjalananmu menuju puncak. Apalagi, padang tersebut berisi ribuan baris edelweiss yang mungkin membuatmu gatal jika tidak berfoto terlebih dahulu di latar yang super cantik tersebut.

Jadi, siapa berpetualang mendaki gunung-gunung di Jawa di atas? Atau kamu sudah termasuk orang yang telah berulang kali mendaki gunung-gunung tersebut? Apapun golongammu, mengunjungi puncak-puncak dari keempat gunung di atas tidak akan pernah mengecewakan, guys.

Tinggalkan Balasan