Puncak Widosari, Bukit Terbaik Untuk Menikmati Sunset di Kulon Progo

0
Puncak Widosari, Bukit Terbaik Untuk Menikmati Sunset di Kulon Progo
Rate this post

3.bp.blogspot

Ketika kamu mendengar kata “tempat wisata”, apa yang pertama kali kamu bayangkan? Mungkin kamu akan membayangkan tempat yang indah, menyenangkan dan pas untuk berfoto selfie. Kali ini Eksotis Jogja akan membahas destinasi wisata yang memenuhi syarat di atas.

Yogyakarta merupakan surganya bagi para pecinta alam. Betapa tidak? Banyak sekali tempat wisata menakjubkan yang masih tersembunyi dan belum diketahui oleh para pengunjung. Salah satunya yaitu puncak Widosari. puncak Widosari terletak di Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon Gunung Widosari merupakan tempat pertapaan Pangeran Diponegoro pada kala itu.

puncak widosari

Masyarakat lokal yang tinggal di sekitaran lokasi wisata ini pada umumnya bermatapencaharian sebagai petani teh dan peternah kambing, seperti kebanyakan warga lokal desa pada umumnya, masyarakat disini sangat ramah dan sangat kental akan adat dan budaya khasnya local wisdom, karna banyak kambing yang diternakan di desa ini i bisa saja membeli dan mencicipi susu kambing yang masih segar.

Kita sebagai wisatawan yang menikmati keindahan puncak widosari hendaknya bisa saling menghormati adat istiadat atau peraturan yang tak tertulis di daerah dimanapun kita berada, yaa.. disini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan apabila berada di Gunung Widosari, seperti membakar menyan, dupa dan sebagainya.

Gunung Widosari merupakan bukit yang cukup unik. Apabila kita cermati dengan seksama, bukit tersebut mirip dengan kepala manusia. Terdapat benjolan yang menyerupai mata, hidung, serta mulut manusia. Unik bukan? Puncak Widosari cocok untuk kamu yang suka dengan suasana yang tenang dan sejuk. Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, puncak Widosari juga pas buat kamu yang hobi fotografi.

Pasalnya, puncak Widosari menyuguhkan hamparan hijau yang luas serta terdapat batu besar yang kokoh. Sangat menakjubkan sekali tentunya. Jalan menuju puncak Widosari relatif aman karena sudah ditata dengan baik. Tetapi, para pengunjung diharap berhati-hati saat sedang melakukan perjalanan menuju puncak Widosari. Karena di kanan kiri bukit ini terdapat jurang yang cukup dalam.

Puncak Widosari tidak terlalu tinggi, tetapi cukup menguras tenaga. Setelah puas menikmati pesona keindahan Puncak Widosari, kamu bisa menghilangkan rasa haus dan lapar kamu dengan menikmati jajanan warung di sana.

Akses atau jalur 

Dari kota Jogja ke arah barat (Godean) – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso- Pasar Plono – ikuti petunjuk arah – Puncak Widosari

Maps

Intagram
[instashow source=”#puncakwidosari” direction=”vertical”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan