Serunya Berpetualang di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul, Yogyakarta

472
BERBAGI
Serunya Berpetualang di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul, Yogyakarta
10 (100%) 2 votes

goa kalisuci
@erlanov

Bicara soal Gunungkidul, tidak ada habis-habisnya mengenai wisata alamnya, mulai dengan pantainya yang berpasir putih nan indah, air terjunnya yang mempesona dan masih banyak lagi yang perlu kalian explore saat berkunjung di Gunungkidul. Kali ini EJ akan membahas wisata air sekaligus goa yang bernama Goa Kalisuci.

Goa Kalisuci merupakan sebuah wisata goa karst yang memiliki sungai terletak di bawah tanah dan saat ini dijadikan sebagai sebuah objek wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Goa Kalisuci atau Cave Tubing Kalisuci terletak sekitar 10 kilomater dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari  Kota Yogyakarta, memakan waktu sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta tepatnya di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Disebut Kalisuci yaitu karena di Kalisuci terdapat sumber mata air yang sangat bersih terletak disebelah atas aliran sungai. Air yang menetes dari atas sungai ini airnya sangat jernih dan akan tetap jernih meskipun air di sungai keruh karena ketika musim hujan.

Belize-Cave-Tubing

Sumber mata air di atas sungai ini dulunya adalah sebuah sumber mata air yang di jadikan sabagai sumber air bersih oleh masyarakat sekitar yang di gunakan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi untuk sehari-hari, baik di manfaatkan untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain. Tanpa perlu dimasak, air yang keluar dari sumber air Kalisuci bisa langsung di konsumsi tanpa perlu takut akan terjangkit penyakit, karena sumber air ini belum tercemar oleh limbah apapun.

Menurut cerita dari warga atau sesepuh di sekitar goa Kali suci, sumber mata air Kalisuci ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa  penyakit walaupun belum pernah diuji kebenaran cerita tersebut, Mungkin karena ke alamian serta belum terkontaminasi oleh zat berbahaya, bisa jadi Air yang keluar dari Atas sungai ini dapat menyembuhkan penyakit.

Tidak hanya saja  memiliki mata air di Kalisuci yang masih menjadi misteri, Namun di Goa Kalisuci ini memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya serta memiliki udara yang segar. Kita bisa menghilangkan serta merefresh beban fikirian yang melekat karena rutinitas sehari-hari dan di sini juga  kita dapat menghilangkan kepenatan badab setelah sepekan bergelut dengan pekerjaan.

Cave Tubing di Goa Kalisuci, DIY 1
lookjogja.blogspot.com

Kita dapat menikmati sensasi menjelajahi sungai secara langsung turun ke sungainya, dengan menggunakan pelampung dan keamanan yang terjamin serta kita akan di pandu oleh guide lokal goa kalisuci serta arus jeram pada Kalisuci ini cukup aman bahkan bagi penjelajah pemula.

Bagi penjelajah yang biasanya menyusuri sungai umumnya di sungai yang terang dan mudah dalam pencahayaannya karena diterangi sinar matahari, maka saat kita menyusuri Kalisuci ini kita perlu menggunakan atau membawa senter yang akan menerangi penjelajahan di sini karena kita akan melalui jalur yang berupa lorong-lorong yang gelap.

Bila Anda seorang phobia pada ruang yang gelap dan bahkan sempit maka sebaiknya tidak perlu untu memaksakan diri mencoba melakukan cave tubing di kalisuci ini. Dengan menikmati pemandangan dari luar sudah cukup puas, Anda bisa bermain-main dan menyusuri jalur sungai diatas pun sama menariknya dan asiknya dengan melakukan cave tubing.

elain mejelajahi aliran sungai kalisuci, dari atas kita juga bisa melihat tebing-tebing yang terdiri dari batu kapur yang begitu indah ditambah air yang jernih begitu menyegarkan .Pemandangan indah dalam sebuah goa yang biasanya cuma bisa kita lihat di Discovery Channel atau dari majalah-majalah, bisa langsung dinikmati di Kalisuci.

Keindahan stalagtit dan stalagmit serta suara cericit kelelawar yang bergelantungan di atas langit-langit goa menambah suasana berasa semakin menakjubkan dan mencengangkan.

Informasi: Wisata Cave tubing Kalisuci akan ditutup saat curah hujan tinggi untuk memastika di bukanya wisata ini sebaiknya sebelum berkunjung untuk menghubungi pengelola. Contact person: Winarto (0877 3879 4513), Kendro (0878 3974 0730), Yanto (081 7412 2826).

BERBAGI