Menikmati Sunset di Candi Ijo Yogyakarta

1
Menikmati Sunset di Candi Ijo Yogyakarta
Rate this post

sunset candi ijo
Sunset Candi Ijo Jogja

Candi Ijo Kalasan adalah sebuah candi yang letaknya berada di atas Bukit Ijo. Nama candi ini di ambil dari nama tempat dimana lokasi candi ini berada yaitu Bukit Ijo sehingga candi ini dinamakan dengan Candi Ijo. Candi ini juga merupakan candi tertinggi yang ada di wilayah Yogyakarta yang memiliki ketinggian hingga mencapai sekitar 357.402 – 394.581 MDPL.

Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut maka disana kita bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas Bukit Ijo. Di atas Bukit Ijo kita bisa melihat pemandangan Banda Adisucipto di tepi perbukitan sebelah barat dan juga lembah yang curam yang berada di sebelah selatan Candi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempa wisata tersebut adalah pada sore hari karena disitu kita akan dapat menikmati sunset yang begitu indah sambil menyaksikan pesawat yang lagi Landing dan Take Off dari Bandara Adisucipto.

Lokasi Candi Ijo Kalasan ini masih terletak diantara perbukitan yang sama dengan candi-candi lainnya seperti Candi Barong, Candi Ratu Boko, dan Candi Banyunibo yang yang terletak di sekitar perbukitan daerah kecamatan Prambanan. Menurut perkiraan Candi Ijo ini dibangun sejak abad ke-9 Masehi.

Struktur bangunan Candi Ijo berjumlah 17 struktur bangunan dan juga terbagi lagi menjadi 11 teras berundak. Halaman pertama menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari arah barat ke arah timur.

candi ijo jogja
Candi Ijo Jogja

Ada beberapa keunikan yang terdapat pada Candi Ijo ini seperti adanya bekas pahatan landsung pada pondasi dari batu kapur yang dapat kita lihat pada badan bangunannya masih belum tersusum. Dan masih ada lagi keunikan lainya dimana ditemukannya dua buah batu prasasti yang ditemukan di teras ke-8.

Untuk masalah harga tiket masuk bagi wisatawan yang berkunjung saat ini belum ada di pungut biaya, akan tetapi wisatawan yang ingin masuk ke komplek Candi Ijo disarankan untuk mengisi buku tamu. Dan juga akan ada selanjutnya rencana dari Pemerintahan Kabupaten Sleman untuk segera menarik uang retribusi masuk ketempat ini.

Selanjutnya jika Anda ingin memerluka data tetang Candi Ijo ini baik itu data mengenai serarah atau data yang lain Anda bisa langsung mendatangi Pos Penjagaan Candi Ijo.

Klik untuk lokasi maps >>>

Lokasi Maps

Instagaram

[instashow source=”#candiijojogja” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan