Taman Budaya Yogyakarta, Pusat Informasi Kesenian di Jogja

0
Taman Budaya Yogyakarta, Pusat Informasi Kesenian di Jogja
10 (100%) 1 vote

taman budaya yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) terletak di Jalan Sri Wedani No 1 Yogyakarta, adalah sebuah gedung yang pertama dibangung dibangun pada 11 marer 1977, difungsikan sebagai mana namanya, sebagai wadah atau tempat pagelaran kegiatan seni, budaya, pameran atau pertunjukan lainnya.

Selain itu, fungsi lain dari bangunan ini juga sebagai pusat pengembangan dan pengolahan dokumentasi serta informasi tentang seni budaya di Provinsi Yogyakarta. Para wisatawan kebanyakan belum tau keberadaan gedung ini, padahal letaknya terdapat di jantung pariwisata kota Jogja, yaitu jalan Malioboro dan Keraton, Tepatnya di belakang kompleks benteng Vredeburg.

Letak gedung Taman Budaya Yogyakarta memang agak tersembunyi, dan gedung ini hanya akan ramai dikunjugi pada saat-saat tertentu jika ada acara yang di adakan di dalamnya, seperti acara seni, pertunjukan budaya atau acara musik, karena gudung ini juga disewakan, namun hanya untuk acara publik yang berkaitan dengan seni pertunjukan.

Sejarah dari dibangunnya Taman Budaya Yogyakarta, pertama kali gedung ini dibangun di daerah Bulak Sumur UGM pada tahun 1977 bernama Purna Budaya, diresmikan secara langsung ole Sri Sultan Hamengkubuono IX wakil presiden Indonesia pada waktu itu.

Baca juga: Wisata Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta

panggung pentas seni

Dan berdasarkan undang-undang tentang otonomi daerah No:22 tahun 1999 TBY berserta organisasi lain yang berkaitan tentang budaya dan kesenian di Jogja sepenuhnya kepemimpinan dan kuasa organisasi diberikan kepada pemerintah daerah.

Pada tahun 2002 TBY dibangun ulang dan letaknya dipindah yang tadinya berada di Bulak Sumur UGM berpindah ke kawasan kompleks benteng Vredeburg. Daerah ini dinilai cocok dan strategis dengan mobilitas kota Jogja.

Kegiatan seni diadakan rutin disini sekitar bulan Juli sampai Agustus, selalu berkaitan dengan seni dan budaya, seperti pentas seni rupa, teater, diskusi sastra dan masih banyak lagi, semuanya difasilitasi dan anggarannya dari pemerintah daerah. Selain pertunjukan, terdapat juga workshop-workshop seni yang biasanya di gelar oleh mahasiswa-mahasiswa yang ada di Yogyakarta.

Baca juga: Jazz Mben Senen, Alunan Musik Jazz di Bentara Budaya Yogyakarta

konser musik TBY

Gedung Taman Budaya Yogyakarta memiliki dua bangunan utama yakni Societet Militair dan Concert Hall Taman Budaya, gedung Concert Hall difungsikan sebagai tempat workshop untuk diskusi sartra seni, pameran, dan latihan. Gedung Societet Militair difungsikan sebagai tempat pentas berbagai pertunjukan seni, seperti teater, musik, tari dan lain-lain.

Gedung ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, bisa menampung lebih dari 500 penonton sekali pertunjukan, di gedung ini juga sering diadakan pentas seni bertaraf Internasional dengan tamu dari berbagai macam negara.

Gedung ini dilengkapi berbagai macam fasilitas pendukung seperti tata cahaya sendiri, sarana publikasi seni budaya, ruang belajar dan latihan, perpustakaan, mushola dan bahkan cafe.

Instagram

 

Tinggalkan pesanan