Taman Sari Jogja, Intip Tempat Bersejarah Penuh Keindahan dan Rahasia

Rate this post

 

 

Bacaan Lainnya
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta, tempat ini berlokasi tepat di Jalan Taman, Yogyakarta. Lokasi Taman Sari ini memiliki akses yang sangat dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang memerlukan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton. Taman Sari ini merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa kerajaan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765).

Dulu tempat ini dijadikan sebagai tempat rekreasi dan taman bagi keluarga kerajaan dan juga sebagai benteng pertahanan. Bangunan Taman Sari awalnya memiliki luas sekitar 10 hektar yang terdiri dari 57 bangunan yaitu berupa kompleks kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, jembatan gantung, taman, kanal air, lorong bawah tanah, dan beberapa gedung lainnya.

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari

 

Bangunan yang ada di Taman Sari di arsitekturi oleh orang Jawa, China, Eropa, Hindu, Budha, dan Islam. Biaya pembangunan Istana Air Taman Sari ini ditanggung oleh Bupati Madiun Prawirosantiko dengan menggunakan jasa Demang Tegis yang merupakan seorang arsitektur yang berasal dari Portugis.

Sekarang luas lahan Istana Air Taman Sari sudah mulai berkurang akibat dijadikannya sebagai pemukiman oleh sebagian penduduk sekitar.

Istana Air Taman Sari Yogyakarta ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  1. Danau buatan yang berada di sebelah barat.
  2. Pemandian Umbul Binangun yang juga merupakan danau buatan yang terletak di sebelah selatan.
  3. Kolam Garjitawati dan Pasarean Ledok Sari yang terletak diselatan bagian ke-2.
  4. Dan yang terakhir adalah jembatan gantung dan pulau buatan yang memanjang dari Kolam Garjiwati dan Pasarean Ledok sampai Pemanduan Umbul Binangun.

Keempat bagian dari Istana Air Taman Sari ini hanya tinggal satu bagian lagi yang mana bagunannya masih utuh yaitu Pemandian Umbul Binangun. Sedangkan ke tiga bagian bangunan lainnya sudah dijadikan sebgai tempat pemukiman warga yang dulu merupakan orang abdi dalam Kraton Yogyakarta.

Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini perlu diketahui untuk harga tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp 3000 bagi wisatawan lokal dan Rp 7000 untuk wisatawan asing.

Di depan gerbang pintu masuk dari Istana Air Taman Sari ini nanti akan Anda jumpai beberapa orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu wisata Taman sari. Namun mereka tidak mematok untuk harga tarif pemandu, akan tetapi menurut kebiasaan dari wisatawan memberikan jasa sebesar Rp 25.000.

Dan yang paling penting Anda ingat jika ingin berkunjung adalah bahwa jambuka dari tempat wisata yang satu ini adalah mulai dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan