160 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

88454
BERBAGI
160 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi
8.71 (87.12%) 125 votes

Yogyakarta atau banyak yang menyebutnya jogja terkenal sebagai pusat budaya dan seni di Indonesia, Selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental, Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Dan yang paling wajib di coba, Jika berkunjung ke Jogja wajib yakni mencicipi beberapa kuliner khas nya yaitu gudeg, sate klathak, nasi kucing angkringan dan masih banyak lagi.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki Yogyakarta adalah sebagai gudang masyarakat terpelajar dari seluruh Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Yogyakarta merupakan miniaturenya Indonesia karena terdapat keberagaman suku, agama, bahasa dan budaya yang berbeda – beda yang dibawa setiap pelajar dari berbagai pulau yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Daerah Istimewa Yogkarta juga dikenal sebagai Kota Pelajar di Indonesia.

Karena Yogyakarta merupakan destinasi tujuan wisata di Indonesia, Kami akan mereview singkat guna untuk sumber referensi sobat yang akan mengexplore Yogyakarta, Kami Bagi beberapa bagian:

1. Candi Borobudur

BorobudurD.I. Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya dan seni di Indonesia, selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental. Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kompleks candi ini sangat terkenal di Indonesia dan juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Aka tetapi Candi Prambanan diwariskan pada tahun 1991 setelah Candi Borobudur yang pertama.

Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan JogjaCandi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha. Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur. Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Candi Prambanan ini pengunjung dipungut biaya sebesat Rp 30.000 /orang.

3. Tugu Yogyakarta

Tugu YogyakarataTugu jogja dalam sejarahnya mempunyai nama lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Tugu Jogja bukanlah tugu biasa, melainkan tugu yang memiliki mitos dan makna dengan sejarah panjang yang menyertainya. Sehingga menjadi ikon istimewa yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta. Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pangeran Raden Mas Sujana atau Sri Sultan Hamengkubuwono pertama sebgai peringatan persatuan raja dan rakyat dalam melawan Belanda pada saat itu.

Baca Selanjutnya : Tugu Jogja

4. Jalan Malioboro

malioboroJalan Malioboro merupakan jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta atau yang dikenal dengan Titik Nol Km Jogja. Setiap hari di jalan ini slalu di padati oleh wisatawan maupun warga yang menetap di jogja ” Mahasiswa”.

Baca Selanjutnya : Jalan Malioboro

5. Pantai Parangtritis

parangtritis

Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling terkenal di Kabupaten Bantul, bahkan di Provinsi Yogyakarta pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, pantai ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore.

Baca Selanjutnya : Pantai Parangtritis

6. Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo

Berselancar di atas air sudah biasa tapi bagaiman kalau berselancar di atas pasir, nah di Parang kusumo ada nih Gumuk Pasir yang sering dilakukan berselancar pasir atau sandboarding. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negri jika ingin melakukan olahraga sandboarding atau berseluncur di atas pasir. Di Desa Parangkusumo kecamatan Keretek Kabupaten Bantul Yogyakarta terdapat lokasi sandboarding, lokasi ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca Selanjutnya : Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

7. Pantai Depok

Menengok-Pantai-Depok-Yogyakarta

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Baca Selanjutnya : Pantai Depok

8. Candi Ratu Boko

candi ratu boko

Candi Ratu Boko Merupakan situs bersejarah dengan berupa reruntuhan bangunan yang menyerupai candi. Bangunan bersejarah ini memang sangat penting sekali perannya untuk mengembangkan sejarah dinasti Hindu yan ada di Indonesia terutama di Jawa.

Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Candi Boko sebenarnya bukan merupakan sebuah candi akan tetapi merupakan sebuah Istana atau Keraton. Sehingga panggilan untuk Ratu Boko juga sering disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

Baca Selanjutnya : Candi Ratu Boko

9. Kraton Yogyakarta

Keraton jogja

Samapi hari ini tahta pemerintahan Keraton Jogjakarat masih berjalan dengan baik, dan semunya itu sudah ditujukan untuk selalu menjaga budaya yang ada di dalam Keraton. Yogyakarta memang istimewa, keberadaannya yang mampu bertahan melawan jaman yang membuat orang-orang berdecak kagum. Kota kaya seni budaya dengan kejayaan masalalunya ini seakan menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi.

Baca Selanjutnya : Kraton Yogyakarta

10. Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun #srigethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai  dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap. Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, Anda mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10000.

Baca Selanjutnya : Air Terjun Sri Gethuk

11. Goa Pindul

Goa-Pindul-Jogja

Goa Pindul Gunungkidul, yeah siapa si yang tidak tau goa pindul? Mungkin sebagian besar orang sudah pernah dengar tentang keindahan di Goa Pindul,  Goa Pindul adalah sebuah objek wisata susur goa alam yang terletak di kawasan desa wisata Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul ini sudah mendunia. Letak goa pindul ini tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, hanya kurang lebih 60 km atau perlu melakukan perjalanan selama 1 jam.

Baca Selanjutnya : Goa Pindul Gunungkidul

12. Wisata Alam Kalibirukalibiru

Kalibiru merupakan destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo, akhir-akhir ini wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.

Baca Selanjutnya : Kalibiru

13. Museum Benteng Vredeburg

jogja-trip-benteng-vredeburg

Benteng Vredeburg adalah salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda di Yogyakarta, benteng ini sangat terkenal di Jogja karena memiliki nilai histori yang cukup panjang dan masih bertahan hingga saat ini. Benteng Vredeburg kini menjadi museum yang didalamnya terdapat beberapa karya seni, patung, bangunan dan berbagai macam senjata peninggalan jaman Belanda.

Baca Selanjutnya : Museum Benteng Vredeburg

14. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul, inilah wisata pantai di Yogyakarta yang paling tersohor dan terkenal hingga mancanegara dan patut Anda kunjungi saat liburan ke Gunungkidul. Pantai Indrayanti, banyak masyarakat lokal ataupun wisatawan menyebut dengan pantai yang indah dan romantis.

Baca Selanjutnya : Pantai Indrayanti

15. Pantai Siung

pantai siung

Pantai Siung, selain aksesnya yang mudah, pantai ini merupakan wisata pantai yang  sudah cukup terkenal di Yogyakarta, Pantai yang terletak di kawasan pantai indah Gunung kidul. Pantai siung memiliki daya tarik karena memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Tidak seperti pantai terkenal lain yang banyak sampah, pantai ini masih cukup terjaga kebersihanya.

Baca Selanjutnya : Pantai Siung

16. Pantai Timang Gunung Kidul

13768328_1756713644604580_689432494_n

Pantai Timang Gunung kidul merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan pantai indah Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini Anda akan melakukan perjalanan yang cukup menantang serta menguji adernalin Anda. Jalan yang akan di lewati sungguh sangat terjal dan berbatu yang lumayan menguras tenaga, Jalan Batuan di sepanjang perjalanan masuk menuju pantai timang seperti pecahan karang yang lumayan tajam dan lancip dengan medan jalan yang bergelombang naik turun. Pengunjung pada pantai ini  juga belum sebanyak pantai lainnya yang ada di Gunung kidul.

Baca Selanjutnya :Pantai Timang Gunung Kidul

18. Pantai Ngelambor (snorkeling)

Pantai Ngelambor dari Bukit
Pantai Ngelambor dari Bukit

Pantai Nglambor Gunung Kidul ini adalah sebuah pantai cantik yang di kelilingi oleh dua bukit kapur yang terlihat mempesona dan sangat indah, pengunjung dapat naik ke bukit tersebut dan banyak aktivitas yang bisa di lakukan di bukit ini, bisa selfie, foto – foto ataupun hanya sekedar menikmatinya saja. Semakin menarik  karena pada bukit ini tidak ada penghalang mata memandang, kita leluasa bisa menikmati panorama yang sangat indah dari bukit ini.

Baca Selanjutnya : Pantai Ngelambor

19. Upside Down World Jogja

Upside Down World

 

Konsep upside down world jogja hampir mirip dengan tempat tinggal atau rumah yang dilengkapi dengan berbagai ruangan seperti ruang tamu, dapur, ruang makan. Tercatat ada delapan spot foto yang tersedia di upside down world Jogja, mulai dari ruang 3D, living room, dinning room, master bed room, kids room, kitchen, laundry room dan bathroom.

Baca Selanjutnya : Upside Down World Jogja

20. Sindu Kusuma Edupark

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark [SKE] Yogyakarta
Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark [SKE] Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark di buka pertama kali dan diresmikan tanggal 20 Desember 2014, untuk soal usia tempat wisata ini memang belum terlalu lama atau masih baru, namun saat soft opening atau pembukaan awal, taman wisata ini pengunjungnya membludak hingga mencapai angka 1700 orang/hari.

Baca Selanjutnya : Sindu kusuma edupark

1
2
3
4
5
6
7
8
BERBAGI