32 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

32 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru yang Wajib Dikunjungi
10 (100%) 4 votes

Objek Wisata Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, kami urutkan agar pembaca tidak mengalami kesulitan dalam melistnya. Kulon Progo merupakan Kabupaten di Provinsi Yogyakarta sebelah Barat kota Yogyakarta.

1. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru merupakan destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo, akhir-akhir ini wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.

BACA SELANJUTNYA : KALIBIRU

2. Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo

Hutan magrove pantai congot ini sebenarnya adalah tempat konservasi dan bukan tempat wisata, namun karna semakin meningkatnya minat masyarakan akan wisata, terlebih di Jogja sendiri memang tak memiliki hutan mangrove alami, maka lama kelamaan hutan mangrove di pantai congot berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai di gemari. Masih dikelola oleh warga sekitar, akses dan fasilitas di hutan mangrove terbilang masih kurang memadai.

Baca Selengkapnya: Hutan Mangrove

3. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun perawan sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Kami tim Eksotis Jogja mengawali perjalanan menuju lokasi air terjun dari kota Jogja, rute terpendek untuk cepat sampai dari kota ke lokasi adalah lewat jl. Godean, yang berjarak kurang lebih 29 km ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan sepeda motor.

Baca Selengkapnya: Air Terjun Perawan Sidoharjo

4. Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Waduk Mini Kleco Kulon Progo, Yakni wisata buatan yang berada di Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Terletak di salah satu puncak bukit dari Perbukitan Menoreh, menyuguhkan lanskap Kota Kulon Progo yang hijau. Waduk Mini Kleco siap mengajak kamu menikmati keindahan Kulonprogo dari ketinggian.

Baca Selengkapnya: Waduk Mini Kleco Kulon Progo

5. Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti adalah salah satu wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo Kecamatan Samigaluh, jika di perhatikan keindahan Goa Sriti memang tak ada yang istimewa  di banding dengan dengan goa-goa lain yang ada di Yogyakarta, namun yang menjadi fokus dan rujuan utama kami untuk mengunjungi tempat ini karena Goa Sriti adalah salah satu wisata sejarah yang dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponogoro.

Baca Selengkapnya: Goa Sriti Kulon Progo

6. Gunung Ijo Kulonprogo

Gunung Ijo ini merupakan puncak dari pegunungan Menoreh yang berlokasi di perbatasan Kulon Progo dengan Purworejo. Berwisata ke Gunung Ijo adalah salah satu cara yang yang paling tepat untuk menikmati kawasan Kulon Progo dari atas ketinggian.

Baca Selengkapnya: Gunung Ijo 

7. Air Terjun Grojogan Sewu

Nama air terjun Grojogan Sewu sudah lumayan pasaran di dunia wisata Indonesia, salah satunya air terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah, namun di kulon progo jug ada. Makna dari nama grojogan sewu itu sendiri bisa di artikan pancuran seribu atau secara logika air terjun yang punya debit air besar.

Baca Selengkapnya: Air terjun Grojogan Sewu 

8. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak bisa di pungkiri keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona.

Baca Selengkapnya: Air Terjun Kedung Pedut 

9. Pantai Bugel Kulon Progo

Pantai ini terletak di Kabupaten Kulon progo, tepatnya di Kecamatan Panjatan, Lokasi Pantai Bugel dihimpit antara dua pantai yakni diantara pantai Trisik dan Pantai Glagah. Pantai Bugel memang merupakan pantai yang paling jarang dikunjungi di sini, memang tak seindah pantai yang berada di Gunungkidul, namun Pantai Bugel tetap menawarkan pesona ala pantai yang menakjubkan.

Baca Selengkapnya: Pantai Bugel Kulon Progo

10. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta kini menjadi salah satu destinasi favorit baru bagi para wiatawan, dengan harga tiket masuk yang relatif murah yaitu hanya membayar Rp 3000 saja pengunjung sudah bisa merasakan sensasi udara segar dan sejuk khas pegunungan serta menikmati pemandangan yang sangat menakjupkan dari hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada disepanjang pegunungan menoreh.

Baca Selengkapnya: Bukit Isis Kulon Progo

11. Desa Wisata Nglingo

Desa wisata Nglingo. Seperti halnya desa wisata Pentingsari yang terletak di ketinggian kaki gunung Merapi, desa wisata Nglingo juga berada di atas ketinggian, dengan elevasi sekitar  1000 mdpl.

Baca Selengkapnya: Desa Wisata Nglingo

12. Air terjun Setawing

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut (Curug Setawing) ini hanyalah salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo, yang membuatnya istimewa adalah karena terletak di ketinggian perbukitan, selain itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 45 meter dari dasar jatuhnya air.

Baca Selengkapnya: Air terjun Setawing 

13. Taman Sungai Mudal

Letak lokasi Taman Sungai Mudal ini berada persis di area perbukitan Gunung Menoreh. Kata “Mudal” merupakan nama dari sumber mata air, namun kata “Mudal” memiliki arti bagi warga sekitar yaitu air yang berkecukupan. Mata air Mudal ini bersumber dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Mata air yang satu ini sangat dikenal sekali dengan ke awetan sumber mata airnya, karena saat musim kemaraupun sumber mata air ini belum pernah kering dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

Baca Selengkapnya: Taman Sungai Mudal

14. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo merupakan sebuah tempat wisata romatis dan juga spot foto selfie baru yang berada di Yogyakarta. Pantai Pasir Kadilangu ini cukup populer dikalangan anak muda semenjak di bukanya pada bulan mei 2016 lalu. Untuk menuju wisata Pantai Pasir Kadilangu cukup mudah karena akses jalan untuk menuju lokasinya sudah baik dan mudah di jangkau.

Baca Selengkapnya: Pantai Pasir Kadilangu

15. Embung Banjaroya

Berwisata di Waduk Banjaroya bisa menjadi alternatif wisata pilihan liburan bersama keluarga, temen atau orang terkasih. Patung Durian Menoreh Kuning yang berukuran besar merupakan ikon waduk ini yang akan menyapa wisatawan saat pertama kali menginjakan kaki di wisata ini . Untuk rute jalan menuju Embung Banjaroya, Kalibawang ini lebih mudah daripada menuju waduk mini Kleco.

Baca Selengkapnya: Embung Banjaroya

16. Waduk Sermo

Waduk sermo terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, tercatat waduk ini memiliki luas 157 Ha dan dikelilingi oleh perbukitan serta hijaunya pepohonan membuat waduk ini sejuk walaupun saat siang hari.

Baca Selengkapnya: Waduk Sermo

17. Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo tak kurang sekitar 38 km dari kota Jogja, jika kalian berkunjung ke goa ini dari Jogja menuju arah barat atau lebih mudah melewati jalan Godean sampai bukit menoreh, kemudian ambil arah ke purworejo, Posisi Goa tepat berada di kiri atau arah selatan jalan jalur Godean-Menoreh-Kaligesing-Purworejo.

Baca Selengkapnya: Goa Kiskendo Kulon Progo

18. Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo adalah titik tertinggi di perbukitan Menoreh yang berada di sebelah barat kota Jogja, memiliki ketinggian 1,019 mdpl, puncak Suroloyo menjadi primadona destinasi para wisatawan yang hendak mencari pemandangan 4 gunung sekaligus, yaitu gunung  Merbabu, Merapi, Sumbing Sindoro serta indahnya kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

Baca Selengkapnya: Puncak Suroloyo 

19. Teh Nglinggo di Bukit Menoreh

Kebun Teh Nglinggo yang banyak digandrungi oleh kalangan muda belakangan ini, nama kebun teh Nglinggo sendiri diambil karna letaknya berada di desa wisata Nglinggo, berada di ketinggian sekitar 800 mdpl kebun teh ini bisa dikatakan tak seperti kebun teh lainnya seperti kebun teh puncak Bogor yang biasaya berada di titik elevasi lebih dari 1000 mdpl.

Baca Selengkapnya: Teh Nglinggo di Bukit Menoreh

20. Puncak Widosari

Gunung Widosari merupakan bukit yang cukup unik. Apabila kita cermati dengan seksama, bukit tersebut mirip dengan kepala manusia. Terdapat benjolan yang menyerupai mata, hidung, serta mulut manusia. Unik bukan? Puncak Widosari cocok untuk kamu yang suka dengan suasana yang tenang dan sejuk. Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, puncak Widosari juga pas buat kamu yang hobi fotografi.

Baca Selengkapnya: Puncak Widosari

21. Puncak Dipowono Kulon Progo

Puncak Dipowono di buka pada tanggal 27 juli tahun 2015 dan di resmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dengan disertai acara pelepasan burung merpati sebagai simbol bahwa wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini merupakan area wisata yang mengedepankan kelestarian alam demi kelangsungan lingkungan asri bagi warga lokal dan para wisatwan yang berkunjung.

Baca Selengkapnya: Puncak Dipowono

22. Wildlife Rescue Centre Jogja

Wildlife Rescue Centre Jogja adalah sebuah sebuah lembaga atau yayasan non-profit yang bergerak di bidang konservasi satwa liar yang terancam punah dan dilindungi. Kegiatan utama di Wildlife Rescue Centre Jogja (WRC Jogja) adalah penyelamatan dan perlindungan satwa, disini para satwa akan di rehabilitasi. selain itu tujuan sampingan dari berdirinya WRC Jogja yakni memberdayakan masyarakat sekitar dan bersosialisasi mengenai satwa liar.

Baca Selengkapnya: Wildlife Rescue Centre

23. Puncak Gunung Lanang

Fakta yang unik ternyata di Kulon Progo terdapat dua tempat yang bernama Gunung Lanang, yang satu terletak di dekat Pantai Glagah yang juga disebut Astana Jingga, dan yang satu lagi, yang sedang kita bicarakan yakni Gunung Lanang yang terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Selengkapnya: Puncak Gunung Lanang

24. Puncak Gunung Lanang Kulon Progo

Puncak Gunung Lanang, walaupun dinamakan “gunung” tetapi sebenarnya Gunung Lanang adalah salah satu puncak dari gugusan perbukitan kars Menoreh. Jadi kamu tak perlu khawatir gunung ini meletus atau takut kalau akan menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan untuk sampai ke Puncak Gunung Lanang.

Baca Selengkapnya: Puncak Gunung Lanang 

25. Air Terjun Kembang Soka

Photo by Nasirullah Sitam

Lokasi: Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

26. Gunung Kukusan

Photo by @antonwijanarka__

Lokasi: Geneng, Bulukerto, Kabupaten Kulonprogo

27. Taman Bambu Air Waduk Sermo

Photo by http://spotunik.com

Lokasi: Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

28. Pesona Bukit Cendana

Photo by @bukitcendana

Lokasi: Tegiri, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

29. Air Terjun Kedung Ingas 

Photo by @onyone96

Lokasi: kwarakan, Sidorejo, Lendah, Kabupaten Kulon Progo 

30. Kedung Bendo

Photo by @wahyu_sbp

Lokasi: Prangkokan, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta

Page: 1 2 3 4 5 6