42 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Wajib Dikunjungi

0
42 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Wajib Dikunjungi
Rate this post

6. Hutan Mangrove Ayah

15047018_1773616866224226_3787085386023436288_n
@st_andreas1899

Kawasan hutan mangrove ayah yang letaknya tak jauh dari Pantai Logending Kecamatan Ayah, berpotensi menjadi destinasi tujuan wisata baru di Kabupaten Kebumen. Pasalanya, ekosistem mangrove di sini menjadi produk wisata andalan yang dapat menarik pengunjung karena menyajikan panorama alam yang beragam, mulai dari keanekaragaman jenis mangrove, jenis-jenis fauna seperti burung, mollusca (siput atau keong), ikan, jenis-jenis crustacea (kepiting) dan hewan-hewan lainnya.

7. Benteng Van der Wijck

sportourism.id
sportourism.id

Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu wisata peninggalan sejarah yang menjadi andalan di Kebumen, selain pantai ayah, curug kali dan pantai menganti. Wisata sejarah Benteng Van Der Wijck didirikan pada tahun 1818 yang di prarkasai oleh Jendral Van den Bosh dengan luas bangunan benteng sebesar kurang lebih 3606.625m2 dengan tinggi benteng sekitar 9.67m. Menurut sejarah Benteng Van Der Wijck ini di bangun sebagai benteng pertahanan Belanda bekas kantor kongsi dagang VOC yang berada di Gombong yang di persiapkan untuk melawan Kesultanan Yogyakarta.

8. Pantai Surumanis

@nural_achmad
@nural_achmad

Pantai Surumanis mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Kebumen pada umumnya. Pantai Surumanis yang terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah atau berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah, mempunyai pantai indah di garis pantai selatannya. Pantai yang berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron ini belum banyak diketahui dan dikunjungi oleh orang. Bukan tanpa alasan, untuk menjangkau Pantai ini pengunjung harus melewati jalanan yang terjal dan cukup sulit serta menaiki bukit. Kesan pengunjung pertama yang akan didapati saat menginjakan kaki di Pantai Surumanis adalah sepi dan bersih.

9. Curug Silangit

curug-silangit
Foto By explorekebumen.com

Curug silangit merupakan curug/air terjun yang berada di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen. memiliki keindahan curug yang sangat memanjakan mata memandangnya karena memiliki air jernih dan pemandangan alam yang masih asri dikarenakan tempatnya yang jauh dari kota.

10. Curug Gemawang

Foto By explorekebumen.com

Curug Gemawang memiliki dua undakan dengan total tinggi sekitar 35 meter. Informasi yang dihimpun Lintas Kebumen Curug Gemawang ini berjarak 200 meter dari jalan raya Candirenggo – Tlogosari. Jika musim penghujan debit airnya pun tidak terlalu besar dan sebaliknya, saat musim kemarau air Curug Gemawang juga tidak akan kering kerontang.

Proses Pemasukan Data

Tinggalkan pesanan