20 Wisata Air Terjun di Jogja Eksotis dan Sangat Instagramable

0
20 Wisata Air Terjun di Jogja Eksotis dan Sangat Instagramable
Rate this post

 

Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama Air Terjun. nah di Jogja terdapat banyak Air Terjun yang tersembunyi dan layak untuk Anda kunjungi. Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama alam yang alami dan sangat nyaman bila berada di sekelilingnya.

Selain itu, Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik agar banyak orang suka akan hasil fotonya, Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Air Terjun.

Tidak usah bingung mencari Air Terjun di Jogja, Karena kami akan mengulas secara singkat Air Terjun yang ada di Jogja. Berikut 25 Air Terjun di Jogja beserta dengan Alamatnya:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun #srigethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai  dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap. Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, Anda mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10.000.

Baca Selanjutnya : Air Terjun Sri Gethuk

2. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar jogja

Air Terjun ini cukup tinggi, sekitar 30 – 45 meter. Sumber dari aliran Air Terjun Tlogo Muncar berasal dari lereng bukit plawangan, salah satu bukit di Gunung Merapi. Namun karena Gunung Merapi ini merupakan gunung yang gersang jarang adanya vegetasi tumbuhan membuat debit Air Terjun ini sangat sedikit bahkan saat kemarau panjang Air Terjun ini juga bisa menjadi kering tanpa air.

BACA SELENGKAPNYA : AIR TERJUN TLOGO MUNCAR KALIURANG

3. Air Terjun Pantai Jogan

pantai-joganKeunikan serta keindahan Pantai Jogan Gunungkidul ini belum begitu terkenal dan masih sedikit terekspos oleh media, sehingga tak banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini. Namun sangat disayangkan jika berkunjung ke Gunungkidul tidak mampir ke pantai ini, Karena di pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

BACA SELENGKAPNYA: PANTAI JOGAN GUNUNG KIDUL

4. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng SampangLuweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN LUWENG SAMPANG

5. Curug Pulosari

Curug Pulosari, sejatinya merupakan sebuah air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil. namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk Anda Abadikan.

BACA SELENGKAPNYA: CURUG PULOSARI

6. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari adalah air terjun yang sangat asri Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dan memiliki kedalam 1-3 meter, terletak di daerah bantul, tepatnya di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia Atau terletak sekitar 20 km dari pusat kota Jogja.Untuk menuju Air Terjun Randusari Anda yang datang dari kota Jogja bisa melewati rute Jalan Jogja-Wonosari atau melewati jalur ke Gunung Api purba Nglanggeran.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN RANDUSARI

7. Air Terjun Kedung Pengilon

14027185_152046181905618_1687871346_nBerlibur dengan berenang di sebuah genangan air yang jernih merupakan liburan yang menyenangkan, bisa bermain air bersama teman teman siapa si yang tidak mau? mau tau tempat bermain air yang lagi ngetren di bantul? yeah Kedung Pengilon. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas Kedung Pengilon yakni sebuah air terjun memiliki genangan air di bawahnya yang dapat Anda gunakan untuk berendam dan bermain air. Airnya sangat jernih sehingga kita dapat bercermin di sini.

BACA SELENGKAPNYA : AIR TERJUN KEDUNG PENGILON

8. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun perawan sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Kami tim Eksotis Jogja mengawali perjalanan menuju lokasi air terjun dari kota Jogja, rute terpendek untuk cepat sampai dari kota ke lokasi adalah lewat jl. Godean, yang berjarak kurang lebih 29 km ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan sepeda motor.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN PERAWAN SIDOHARJO

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Nama air terjun Grojogan Sewu sudah lumayan pasaran di dunia wisata Indonesia, salah satunya air terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah, namun di kulon progo jug ada. Makna dari nama grojogan sewu itu sendiri bisa di artikan pancuran seribu atau secara logika air terjun yang punya debit air besar.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN GROJOGAN SEWU 

10. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak bisa di pungkiri keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN KEDUNG PEDUT

11. Air terjun Setawing

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut (Curug Setawing) ini hanyalah salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo, yang membuatnya istimewa adalah karena terletak di ketinggian perbukitan, selain itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 45 meter dari dasar jatuhnya air.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN SETAWING 

12. Taman Sungai Mudal

Letak lokasi Taman Sungai Mudal ini berada persis di area perbukitan Gunung Menoreh. Kata “Mudal” merupakan nama dari sumber mata air, namun kata “Mudal” memiliki arti bagi warga sekitar yaitu air yang berkecukupan. Mata air Mudal ini bersumber dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Mata air yang satu ini sangat dikenal sekali dengan ke awetan sumber mata airnya, karena saat musim kemaraupun sumber mata air ini belum pernah kering dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

BACA SELENGKAPNYA: TAMAN SUNGAI MUDAL

13. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah obyek wisata baru di kabupaten Gunungkidul. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menarik perhatian para pemburu keindahan di Gunung kidul

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN KEDUNG KANDANG

14. Air Terjun Kedung Bendo

Photo by @wahyu_sbp
Photo by @wahyu_sbp

Air terjun ini ada kenikmatan tersendiri dimana pengunjung bisa bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Kedalaman Air Tejun Bendo kurang lebih 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

Lokasi:  Prangkokan, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo

15. Grojogan Lepo Dlingo

Photo By : @diephaphuw
Photo By : @diephaphuw

Suara gemericik air yang semakin terdengar jelas menyambut pengunjung yang datang disini. Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Kami disambut oleh sebuah kedung atau kolam yang lumayan luas untuk berenang dengan air yang mengalir tenang.

Lokasi: Pokoh 1, Dlingo, Bantul

16. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu
Photo By : @masmeya

Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Pengunjung disambut oleh air tejun cantik yang memanjakan loh.

Lokasi: Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul

17. Air terjun Tuwondo

Photo By : @ihsanudn & @dimas.hy
Photo By : @ihsanudn & @dimas.hy

Air terjun ini ada kenikmatan tersendiri dimana pengunjung bisa bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Kedalaman Air Tejun Bendo kurang lebih 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

Lokasi: Sitimulyo, Piyungan, Bantul

18. Curug Banyunibo

Photo By : @nuri.sutanti
Photo By : @nuri.sutanti

Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Pengunjung disambut oleh air tejun cantik yang memanjakan loh. tak sabar mengeluarkan smartphone untuk mengabadikannya guys.

Lokasi: Kabrokan Kulon, Sendangsari, Pajangan, Bantul

19. Curug Bayat

Photo by @totohandoko
Photo by @totohandoko

Siang siang hari merupakan saat yang tepat berkunjung ke tempat ini. Anda selain di suguhkan pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa berenang di kedungnya. pengalaman yang menyenangkan bisa berenang disni.

Lokasi: Tegalrejo, Gedangsari Gunungkidul

20. Grojogan Pucung

Photo by @totohandoko
Photo by @totohandoko

Melihat jernihnya air grojogan pucung ini siapa sih yang sabar tidak langsung memasukan kaki kedalam kedungnya? atau ide bagus membasuh muka dengan air ini, air di sini terasa sejuk dan menyejukan loh. selain itu pesonanya juga sangat rugi jika tidak segera di abadikan menggunakan kamera.

Lokasi: Pundong Bantul Yogyakarta

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan