Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Rate this post

wisata air terjun kedung pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak bisa di pungkiri keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona.

Jika diamati secara seksama air terjun Kedung Pedut layaknya wahana water park alami, terdapat kolam-kolam yang sudah siap mengajak kita untuk berenang, airnya yang jernih dan segar langsung dari alam, bebas kaporit tanpa lengket dibadan, membuat siapapun menyesal jika datang kesini tapi tak mencoba berenang.

Air terjun ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo kabupaten Kulon Progo. Desa Jatimulyo memang sudah terkenal karena termasuk salah satu desa wisata yang memiliki potensi pariwisata yang menakjubkan di Kulon Progo, tak hanya satu, ternyata desa ini memiliki tiga air terjun, air terjun Mudal, air terjun Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut sendiri.

wisata alam

Namun air terjun yang paling cantik dan menarik menurut saya adalah Kedung Pedut ini, saya katakan begitu karena air terjun ini memiliki dua warna, yakni warna putih jernih dan warna hijau, selain karena keindahan warnanya, air tejun Kedung Pedut juga terkenal karena banyak terdapat kolam-kolam yang bisa dipakai untuk berenang para wisatawan.

Kolam-kolam tersebut dinamakan kedung, istilahnya tempat air berkumpul atau terbendung sehingga menjadi kolam alami. ada beberapa kedung disini yakni: Kedung Wedok, Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Merang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes. kedung-kedung ini juga dalamnya bervariasi dari yang 1 meter, 2 meter, hingga belasan meter.

Rute untuk menuju wisata alam air terjun Kedung Pedut ini lumayan jauh, jalurnya sama mengikuti jalan menuju wisata Goa Kiskendo, dan melewati beberapa tanjakan di perbukitan Menoreh. Dari Kota Jogja – ambil arah menuju jl. Godean, – lurus saja sampai melewati jembatan Sungai Progo – kemudian perempatan lampu merah Nanggulan belok kanan – pasar Kenteng – melewati tanjakan perbukitan Menoreh – ada pertigaan belok kiri – ikuti saja jalan menuju Goa Kiskendo – pertigaan setelah lewat Goa Kiskendo ambil kiri – lalu  terdapat pertigaan Grojogan Mudal ke kiri –  ke pintu masuk air terjun Kembang Soka ambil arah kiri – sampai tujuan.

kolam renang alami

Setalah sampai di tempat parkir jangan dikira lokasi air terjun yang kita tuju sudah dekat, karena sebenarnya inilah perjalanan yang paling menguras tenaga demi menuju lokasi air terjun, kami harus jalan kaki sekitar 400 meter jauhnya, melewati jalan setapak yang naik turun dan licin. Namun setibanya dilokasi air terjun Kedung Pedut semua rasa lelah itu terbayarkan sudah.

Disini kami merasakan keindahan alam yang masih alami dan terjaga, air yang mengalir terlihat sangat jernih, seakan merayu-rayu untuk segera berenang di dalamnya. Fasilitas disini kebanyakan terbuat daari bahan yang terdapat dari alam sekitar, seperti bambu, kayu, atau batang pohon.

Soal biaya masuk cukup murah, hanya sebesar Rp.3000 saja, parkir sepeda motor Rp.2000, mobil Rp.3000. Tips jika kamu hendak berkunjung ke wisata air terjun Kedung Pedut sebaiknya gunakan sendal khusus untuk tracking atau sendal gunung karna ada beberapa jalan yang licin untuk dilewati, kemudian bawa baju ganti jika hendak berenang.

Rute perjalanan

Kota Jogja – Jl. Godean – melewati Sungai Progo – Jl. Kiskendo – belok kanan ke Goa Kiskendo – dari wisata Goa Kiskendo belok kiri ke Desa Wisata Jatimulyo – pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka belok kiri – Air Terjun Kedung Pedut