Wisata Asik Di Kampung Edukasi Watu Lumbung

Rate this post
kampung edukasi watu lumbung

Watu Lumbung terletak di daerah Jl. Panglima Sudirman, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, jaraknya sangat dekat dengan wisata pantai Parangtritis hanya 4 km. Tempat ini bukanlah sekedar tempat wisata biasa pada umumnya, lebih dari itu, tempat ini akan lebih pantas jika disebut dangan nama “kampung edukasi”.

Lokasinya terletak diatas bukit yang menghadap langsung ke arah pantai menjadikan tempat ini salah satu spot yang cocok untuk menikmati senja, arah menuju ke lokasi dari Kota Jogja, kamu tinggal mengikuti arah Pantai Parangtritis, kemudian setelah melewati jembatan Kretek yang membentang menyebrangi Kali Opak ambil arah kiri, ikuti plang yang mununjukan arah ke kampung edukasi Watu Lumbung.

Bacaan Lainnya
senja watu lumbung

Seperti yang saya ulas diatas tempat ini bukan sekedar tempat untuk berwisata, jadi jangan mengharapkan fasilitas yang mewah dan kita bisa bermanja-manja disini, sesuai dengan namanya, fungsi dari dibangunnya tempat ini adalah sebagai wadah dan sarana edukasi atau tempat bersosialisasi bagi masyarakat atau bagi siapapun yang berkunjung ke Watu Lumbung.

Berawal dari usaha Muhammad Boy Rifai (Mbah Boy) yang ingin memberdayakan masyarakat, kawasan bukit yang ditumbuhi hutan jati ini pun diubah menjadi salah satu kawasan wisata edukatif yang menyatu dengan alam. Hampir semua fasilitas dan bangunan yang ada disini terbuat dari bambu dan papan kayu, pohon jati yang tumbuh pun dimanfaatkan sebagai tiang-tiang penyangga konstruksi bangunan.

Disini sudah ada kebiasaan yang mengajarkan kita akan mandiri dan saling menghormati, di tempat ini, semua orang mempunyai kedudukan yang sama, tak mengenal kaya tau miskin. Tempat ini memberikan keleluasaan kepada kalian untuk memasak sendiri maupun mencuci peralatan makanmu sendiri. Maka jangan heran jika menemui tamu di sini ikut melayani tamu yang lain.

perpustakaan watu lumbung

Kamu juga bisa makan gratis disini namun dengan syarat kamu menyumbang 3 buah buku layak baca, meresensi buku, atau baca puisi. Tapi saya sarankan ketika melakukan ini bukan hanya untuk dapatkan gratisan yaa. Lakukanlah hal ini untuk menjunjung nilai positif yang sudah terbangun disini.

Hal ini dilakukan karena pihak Watu Lumbung sedang membuat kecil perpustakaan yang bisa diakses warga setempat dan pengunjung. Dengan menyumbang buku, kamu sudah memberikan empati dan tindakan nyata untuk membantu usaha yang dilakukan Mbah Boy mendirikan perpustakaan.

Kampung Edukasi Watu Lumbung semakin syahdu di kala sore,  saat senja dan matahari mulai bergeser ke barat dan sinarnya yang jingga tak lagi terasa menyengat seperti di siang hari. Beberapa tempat kuliner unik seperti Lembayung, Kedai Wedangan, Kedai Susu, dan Alas Kuliner pun siap menyediakan makanan serta minuman khas ndeso sebagai hidangan menikmati senja.

Disini juga terdapt gardu pandang yang menjadi spot paling cocok menikmati saat-saat senja, kita bisa melihat lanskap/pamandangan dari pantai Parangtitis, Kali Opak, Jembatan Kretek dan banyak lagi. Setiap hari Jumat di sini diadakan sajian musik akustik sebagai penambah hiburan. Apalagi Kampung Edukasi juga menyediakan area camp ground dan menyewakan tenda juga.

Rute atau Jalan

Kota Jogja – Jalan Parangtritis – Jembatan Kretek, belok kiri – Ikuti petunjuk arah menuju Kampung Edukasi Watu Lumbung

Instagram

[instashow source=”#watulumbung” direction=”vertical”]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan