Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau

131
BERBAGI
Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau
10 (100%) 1 vote

Candi Mendut
Candi Mendut

Candi Mendut adalah salah satu candi peninggalan agama Buddah yang ada di Indonesia yang dibangun pada masa kerajaan Wangsa  Syailendra yang di pimpin oleh Raja Indra seperti yang disebutkan dalam Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di Karangtengah. Relung Candi Mendut ini di jadikan sebagai singgahan bagi arca Buddha berukuran besar.

Sebenarnya banyak sekali peniggalan-peninggalan yang mencerminkan kejayaan dan kemegahan dari masa lalu  yang tersebar di berbagai tempat di seluruh penjuru Nusantara. Salahsatunya adalah Candi Mendut, candi ini terletak di sebelah timur dari Candi Borobudur yang berjarak sekitar tiga kilometer.

Candi yang bentuk persegi empat dan memiliki atap bertingkat dengan dihiasi stupa-stupa kecil ini dibangun lebih awal dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon yang berlokasi dalam satu garis lurus. Candi Mendut ini memiliki pintu masuk menghadap ke arah barat dan berbeda dengan Candi Borobudur yang menghadap ke arah matahati terbit atau ke arah timur.

Candi Mendut Magelang
Candi Mendut

Jika di lihat daari kejauhan Candi Mendut ini terlihat berdiri sangat kokoh di atas kaki candi 3,7 meter. Dalam candi ini terdapat beberapa panel relief yang menghiaskan tentang kura-kura dan burng, kepiting dan berahmana, burung manyar dan kera, dan masih banyak lagi fabel lannya. Jika dilihat sekilas relief ini menceritakan cerita yang ditujukan untuk anak-anak, namun sejatinya panel relief ini menggambarkan tentang kisah jakata yang berisikan pesan moral untuk pengunjung yang datang ke CAndi Mendut ini.

Jika kita ingin masuk ke dalam bilik candi ini, maka akan tercium rasa semerbak wangi bunga yang bercampur dengan aroma hio dengan jelas. Arca-arca yang berukuran besar yang terdapat di dalam bilik candi tersebut merupakan Arca Bodhisatva Vajrapani, Arca Avalokitesvara dan Arca Cakyamuni atau Vairocana.

Tak jauh dari Candi Mandut terdapat Buddhist Monastery yang hening dan terbuka untuk umum dengan hiasan bunga beratai yang bermekaran di kolam. Dan terdapat juga beberapa stupa yang berjejer yang menghiasi jalan untuk menuju Buddhist Monastery.

Ditempat ini sering dilakukan ritual cahanting atau meditasi setiap malam mulai pukul 19.00 – 20.00 WIB dengan cara mendengarkan alunan musik serta nyanyian. Siapa saja dapat melihat moment tersebut dan tidak harus yang beragama Buddha karena terbuka untuk umum jadi siapa saja boleh untuk mengikutinya.

Candi Mendut ini berlokasi di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 kilometer ke arah barat laut dari Kota Yogyakarta. Berikut ini adalah link Lokasi Google Mapsnya :

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

BERBAGI