Wisata Edukasi Omah Salak Sleman, Yogyakarta

0
Wisata Edukasi Omah Salak Sleman, Yogyakarta
Rate this post

Omah Salak jogja
Omah Salak

Salak Pondoh sudah lama menjadi buah andalan khas Kota Yogyakarta, untuk mengetauhi proses panen hingga menikmati aneka olahan salak wisata edukasipun di kekembangkan di Turi kabupaten Slaman, Yogyakarta. Sejak tahun 70-an wilayah Turi yang terletak di lereng Gunung Merapi Sleman telah terkenal sebagai penghasil salak. Tanahnya berpasir cocok bagi tanaman ini untuk tumbuh, selain menghasilkan salak wisata edukasipun kini di kembangkan di Turi.

Untuk mengenal lebih dekat buah asli Indonesia itu, pengunjung bisa datang ke Omah Salak. Sejak erupsi Gunung Merapi pada tahu 2010, usaha pertanian salak di Turi sempat terpuruk. Omah Salakpun didirikan setahun kemudian untuk menggiatkan lagi produksi salak Turi.

Datang ke tempat ini pengunjung akan di ajak petani untuk ikut memanen salak, para petani adalah warga asli Turi yang di ajak kerja sama untuk meningkatkan tarap prekonomian. Buah yang sudah berusia 5-6 bulan berarti sudah siap petik, Salak Pondok adalah salah satu jenis salak yang paling banyak di produksi di Turi, menyortirnya sudah bisa dilakuka sejak panen.

Omah Salak Turi
Omah Salak

Salak Pondok asal Turi sudah di pasarkan hingga ke luar negeri seperti Vietnam, Australia dan juga China, bahkan untuk China sendiri permintaan perhari mencapai hingga 20 ton. Meski begitu ternya salak belum terdaftar dalam nama buah internasional sehingga eksporti susah untuk melakukan klasifikasi produknya.

Padahal potensi salak sangat besar, banyak parian baru yang dapat di kembangkan salah satunya adalah Salak Gading. Salak Gading baik di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit Diabetes, Kolestrol dan juga Darah Tinggi karena kandungan gulanya sangat sedikit.

Dari kebun pengunjung kemudian diajak untuk melihat pengolahan hasil panen, salah satunya adalah pembuatan Bakpia Salak. Tepung terigu, gula, garam, dan minyak goreng menjadi bahan dasar, sementara untuk isinya salak yang sudah di potong kecil-kecil dimasak dengan air gula hingga menjasi selai.

Omah Salak
Omah Salak

Kemudian Bakpia Salak dibentuk dan dipanaskan dalam oven dalam waktu kurang lebih 30 menit. Dan Bakpia Salakpun siap untuk di jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain di olah menjadi bakpia, disini salak juga di olah menjadi keripik.

Berwisata setengah hari di Omah Salak akan ditutup dengan hidangan sepesial, mulai dari minuman segar, cahkangkung hingga ayam goreng sambal, semuanya mengandung salak. Sedangkan untuk menikmati paket wisata ini pengunjung cukup mebayar sebear Rp 90.000, harga ini sudah termasuk biaya petik buah sampai makanan yang sukses membuat pengunjung pulang dengan perut kenyang.

Link Lokasi Google Maps 

Instagram :

[instashow source=”#omahsalak” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan