Wisata Kebun Teh Nglinggo di Bukit Menoreh

1
Wisata Kebun Teh Nglinggo di Bukit Menoreh
Rate this post

kebun teh nglinggo kulon progo

Buat kamu yang ingin menikmati wisata alam dengan nuasa sejuk di Jogja tak harus melulu berkunjung ke destinasi wisata Kaliurang, udara sejuk dan panorama yang indah juga bisa kamu temui di dataran tinggi perbukitan yang ada di sebelah barat kota Jogja yaitu bukit Menoreh, bukit yang menjadi batas wilayah antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bukit Menoreh yang terletak dalam di Kabupaten Kulon Progo ini juga terkenal akan beberapa detinasi wisatanya yang sering dikunjungi wisatawan saat liburan maupun di hari biasa salah satunya adalah Waduk Sermo yang terletak di kaki bukit Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Namun kali ini kami tim Eksotis Jogja akan membahas yang lain yang jauh berbeda daei kebanyakan destinasi wisata yang ada di Jogja.

Kebanyakan destinasi wisata di Jogja didominasi oleh wisata pantai yang tercatat lebih dari 60 pantai di satu Kabupaten saja, yaitu Kabupaten Gunungkidul. Kulon Progo memang masih tertinggal dalam hal kepopuleran pariwisatanya, namun dengan semakin meningkatnya minat masyarakat Indonesia oleh tujuan wisata Ke yogyakarta hal ini hanya masalah waktu, karna beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan obyek wisata baru.

plang area perkebunan

Salah satunya adalah kebun teh Nglinggo yang banyak digandrungi oleh kalangan muda belakangan ini, nama kebun teh Nglinggo sendiri diambil karna letaknya berada di desa wisata Nglinggo, berada di ketinggian sekitar 800 mdpl kebun teh ini bisa dikatakan tak seperti kebun teh lainnya seperti kebun teh puncak Bogor yang biasaya berada di titik elevasi lebih dari 1000 mdpl.

Jalur atau akses menuju kebun teh Nglinggo ini sama jika kita hendak menuju ke Puncak Suroloyo dan jaraknya tak terlalu jauh. Seperti yang kami sarankan sebelumnya jika kamu hendak berkunjung ke Puncak Suroloyo sebaiknya menggunkan sepeda motor, hal ini dikarenakan jalan dari wilayah Kalibawang hingga sampai puncak Suroloyo medannya terbilang terjal, sempit dan berliku.

Nuansa di kebun teh Nglinggo memang tak jauh berbeda dari kebanyakan kebun teh lain, kita bisa melihat kegiatan atau rutinitas warga lokal yang sedang memetik teh saat pagi hari, merasakan indahnya nuansa ala pegunungan dengan melihat landskap dari atas ketinggian di temani udara yang sejuk. Hal yang membuat kebun teh ini terasa istimewa dari yang lain menurut saya adalah karna ini adalah satu-satunya perkebunan teh yang saya tahu berada di Jogja.

Setiap akhir pekan atau week end perkebunan ini selalu ramai dikunjungi berbagai para wisatawan, dari anak kecil hingga orang tua, namun kebanyakan didominasi oleh para muda mudi yang berburu foto dan mengabadikan moment dengan ber Selfie lalu meng upload ke sosial media terutama Instagram, yaa walaupun hal ini kadang kelihatan sedikit norak tapi memang tak dapat dipungkiri kebiasaan ini kini menjadi salah satu hal yang menunjang populernya destinasi wisata yang baru atau belum seterkenal wisata yang lainnya.

Akses atau jalur

Dari Kota Jogja – Ringroad Barat – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – Desa Wisata Nglinggo – Kebun Teh Nglinggo

Intagram

[instashow source=”#kebuntehnglinggo” direction=”vertical”]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan