Arsip Tag: Air Terjun

20 Wisata Air Terjun di Jogja Eksotis dan Sangat Instagramable

20 Wisata Air Terjun di Jogja Eksotis dan Sangat Instagramable
10 (100%) 2 votes

 

Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama Air Terjun. nah di Jogja terdapat banyak Air Terjun yang tersembunyi dan layak untuk Anda kunjungi. Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama alam yang alami dan sangat nyaman bila berada di sekelilingnya.

Selain itu, Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik agar banyak orang suka akan hasil fotonya, Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Air Terjun.

Tidak usah bingung mencari Air Terjun di Jogja, Karena kami akan mengulas secara singkat Air Terjun yang ada di Jogja. Berikut 25 Air Terjun di Jogja beserta dengan Alamatnya:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun #srigethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai  dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap. Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, Anda mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10.000.

Baca Selanjutnya : Air Terjun Sri Gethuk

2. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar jogja

Air Terjun ini cukup tinggi, sekitar 30 – 45 meter. Sumber dari aliran Air Terjun Tlogo Muncar berasal dari lereng bukit plawangan, salah satu bukit di Gunung Merapi. Namun karena Gunung Merapi ini merupakan gunung yang gersang jarang adanya vegetasi tumbuhan membuat debit Air Terjun ini sangat sedikit bahkan saat kemarau panjang Air Terjun ini juga bisa menjadi kering tanpa air.

BACA SELENGKAPNYA : AIR TERJUN TLOGO MUNCAR KALIURANG

3. Air Terjun Pantai Jogan

pantai-joganKeunikan serta keindahan Pantai Jogan Gunungkidul ini belum begitu terkenal dan masih sedikit terekspos oleh media, sehingga tak banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini. Namun sangat disayangkan jika berkunjung ke Gunungkidul tidak mampir ke pantai ini, Karena di pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

BACA SELENGKAPNYA: PANTAI JOGAN GUNUNG KIDUL

4. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng SampangLuweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN LUWENG SAMPANG

5. Curug Pulosari

Curug Pulosari, sejatinya merupakan sebuah air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil. namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk Anda Abadikan.

BACA SELENGKAPNYA: CURUG PULOSARI

6. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari adalah air terjun yang sangat asri Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dan memiliki kedalam 1-3 meter, terletak di daerah bantul, tepatnya di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia Atau terletak sekitar 20 km dari pusat kota Jogja.Untuk menuju Air Terjun Randusari Anda yang datang dari kota Jogja bisa melewati rute Jalan Jogja-Wonosari atau melewati jalur ke Gunung Api purba Nglanggeran.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN RANDUSARI

7. Air Terjun Kedung Pengilon

14027185_152046181905618_1687871346_nBerlibur dengan berenang di sebuah genangan air yang jernih merupakan liburan yang menyenangkan, bisa bermain air bersama teman teman siapa si yang tidak mau? mau tau tempat bermain air yang lagi ngetren di bantul? yeah Kedung Pengilon. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas Kedung Pengilon yakni sebuah air terjun memiliki genangan air di bawahnya yang dapat Anda gunakan untuk berendam dan bermain air. Airnya sangat jernih sehingga kita dapat bercermin di sini.

BACA SELENGKAPNYA : AIR TERJUN KEDUNG PENGILON

8. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun perawan sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Kami tim Eksotis Jogja mengawali perjalanan menuju lokasi air terjun dari kota Jogja, rute terpendek untuk cepat sampai dari kota ke lokasi adalah lewat jl. Godean, yang berjarak kurang lebih 29 km ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan sepeda motor.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN PERAWAN SIDOHARJO

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Nama air terjun Grojogan Sewu sudah lumayan pasaran di dunia wisata Indonesia, salah satunya air terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah, namun di kulon progo jug ada. Makna dari nama grojogan sewu itu sendiri bisa di artikan pancuran seribu atau secara logika air terjun yang punya debit air besar.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN GROJOGAN SEWU 

10. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak bisa di pungkiri keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN KEDUNG PEDUT

11. Air terjun Setawing

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut (Curug Setawing) ini hanyalah salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo, yang membuatnya istimewa adalah karena terletak di ketinggian perbukitan, selain itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 45 meter dari dasar jatuhnya air.

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN SETAWING 

12. Taman Sungai Mudal

Letak lokasi Taman Sungai Mudal ini berada persis di area perbukitan Gunung Menoreh. Kata “Mudal” merupakan nama dari sumber mata air, namun kata “Mudal” memiliki arti bagi warga sekitar yaitu air yang berkecukupan. Mata air Mudal ini bersumber dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Mata air yang satu ini sangat dikenal sekali dengan ke awetan sumber mata airnya, karena saat musim kemaraupun sumber mata air ini belum pernah kering dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

BACA SELENGKAPNYA: TAMAN SUNGAI MUDAL

13. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah obyek wisata baru di kabupaten Gunungkidul. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menarik perhatian para pemburu keindahan di Gunung kidul

BACA SELENGKAPNYA: AIR TERJUN KEDUNG KANDANG

14. Air Terjun Kedung Bendo

Photo by @wahyu_sbp

Photo by @wahyu_sbp

Air terjun ini ada kenikmatan tersendiri dimana pengunjung bisa bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Kedalaman Air Tejun Bendo kurang lebih 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

Lokasi:  Prangkokan, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo

15. Grojogan Lepo Dlingo

Photo By : @diephaphuw

Photo By : @diephaphuw

Suara gemericik air yang semakin terdengar jelas menyambut pengunjung yang datang disini. Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Kami disambut oleh sebuah kedung atau kolam yang lumayan luas untuk berenang dengan air yang mengalir tenang.

Lokasi: Pokoh 1, Dlingo, Bantul

16. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu

Photo By : @masmeya

Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Pengunjung disambut oleh air tejun cantik yang memanjakan loh.

Lokasi: Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul

17. Air terjun Tuwondo

Photo By : @ihsanudn & @dimas.hy

Photo By : @ihsanudn & @dimas.hy

Air terjun ini ada kenikmatan tersendiri dimana pengunjung bisa bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Kedalaman Air Tejun Bendo kurang lebih 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

Lokasi: Sitimulyo, Piyungan, Bantul

18. Curug Banyunibo

Photo By : @nuri.sutanti

Photo By : @nuri.sutanti

Dari kejauhan pengunjung mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Pengunjung disambut oleh air tejun cantik yang memanjakan loh. tak sabar mengeluarkan smartphone untuk mengabadikannya guys.

Lokasi: Kabrokan Kulon, Sendangsari, Pajangan, Bantul

19. Curug Bayat

Photo by @totohandoko

Photo by @totohandoko

Siang siang hari merupakan saat yang tepat berkunjung ke tempat ini. Anda selain di suguhkan pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa berenang di kedungnya. pengalaman yang menyenangkan bisa berenang disni.

Lokasi: Tegalrejo, Gedangsari Gunungkidul

20. Grojogan Pucung

Photo by @totohandoko

Photo by @totohandoko

Melihat jernihnya air grojogan pucung ini siapa sih yang sabar tidak langsung memasukan kaki kedalam kedungnya? atau ide bagus membasuh muka dengan air ini, air di sini terasa sejuk dan menyejukan loh. selain itu pesonanya juga sangat rugi jika tidak segera di abadikan menggunakan kamera.

Lokasi: Pundong Bantul Yogyakarta

Sensasi Berenang di Jernihnya Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Sensasi Berenang di Jernihnya Air Terjun Kedung Pengilon Bantul
10 (100%) 2 votes

Kedung Pengilon Bantul

Kedung Pengilon Bantul

Berlibur dengan berenang di sebuah genangan air yang jernih merupakan liburan yang menyenangkan, bisa bermain air bersama teman teman siapa si yang tidak mau? mau tau tempat bermain air yang lagi ngetren di bantul? yeah Kedung Pengilon. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas Kedung Pengilon yakni sebuah air terjun memiliki genangan air di bawahnya yang dapat Anda gunakan untuk berendam dan bermain air. Airnya sangat jernih sehingga kita dapat bercermin di sini.

Di tinjau dari asal muasalnya nama Kedung Pengilon yang dalam Bahasa Indonesia “kedung” berarti kolam dan “pengilon” adalah cermin.” Karena air di kedung pengilon ini sangat bening dan jernih seperti kaca, maka di beri nama tmpat ini dengan Kedung Pengilon,” Dengan air yang jenih dan bersih ini, menjadikan kegiatan bermaian air dan berenang menjadi tempat favorit para pengunjung.

Kedung Pengilon terletak di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda saat berada di Yogyakarta. Lokasi air terjun cantik ini berada tak begitu jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Saat berada pertama kalinya, Anda akan di sambut dengan nuansa pedesaan yang suasananya cukup asri, kenyamanan tersebut akan menyambut setiap pengunjungnya.

Kedung Pengilon Bantul

Letak Air terjun Kedung Pengilon tak begitu jauh dari rumah warga, hanya berjarak sekitar 200 meter dari pemukiman warga sehingga aksesnya cukup mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Dari lokasi parkiran kendaraan yang di sediakan oleh pengelola yakni berada di sekitaran halaman rumah salah seorang warga, gemericik air terjunnya sudah dapat terdengar karena suasana di air terjun ini benar-benar tenang dan sunyi.

Untuk sampai di air terjun Kedung Pengilon, Anda perlu berjalan kaki membutuhkan sekitar lima menit  perjalanan dengan melalui jalan setapak. Air terjun Kedung Pengilon memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 10 meter dengan bagian bawah berupa kolam yang dapat di gunakan untuk berendam berkisaran diameter 15 meter.

Air yang mengalir di Air terjun Kedung Pengilon sangat jernih sehingga kolam tampungan air yang ada di bawahnya memiliki warna biru kehijau – hijauan. Selain memiliki air yang jernih, warna kolam yang begitu cantik ini juga dihasilkan dari dasar kolam tampungan berupa batu putih kapur, Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 8 meter.

Air terjun Kedung Pengilon BantulMeloncat dari ketinggian dan meluncur bebas ke dalam kolam merupakan suatu hal yang menyenangkan dan bisa pengunjung lakukan untuk memacu adrenalin dan dapat juga menikmati segarnya air terjun ini. Tetapi bagi Anda yang tidak bisa berenang sebaiknya harus waspada dan berhati-hati karena kedalamannya yang cukup dalam bisa menyebabkan Anda tenggelam untu itu agar tetap bisa bermain air Anda bisa menyewa ban .

Jika Anda enggan bermain air, Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan Air terjun Kedung Pengilon juga menjadi hal yang cukup menyenangkan. Lokasi air terjun kedung pengilon yang berada di tengah rimbun dan rindangnya pepohonan, menjadikan suasana begitu nyaman, sejuk dan asri. Kenyamanan ini dapat membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini.

Untuk menikmati keindahan Air terjun Kedung Pengilon tidak dipungut biaya. Namun setiap pengunjung hanya dikenakan biaya parkir. Untuk Anda yang menyewa ban tarifnya hanya Rp 3.000. Saran kami, jika Anda tertarik untuk mengunjungi air terjun ini,  sebaiknya berkunjung ketika saat musim penghujan. Saat musim hujan inilah debit airnya cukup besar sehingga air di kolamnya bersih dan air terjunnya juga menarik, dan  juga pemandangannya juga akan lebih bagus.

Lokasi Kedung Pengilon

Desa Petung, Kel. Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Untuk mempermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Kedung Pengilon ]

Di Instagram

 

Curug Pulosari, Air Terjun Tersembunyi di Bantul Yogyakarta

Curug Pulosari, Air Terjun Tersembunyi di Bantul Yogyakarta
7.3 (73.33%) 12 votes

curug-pulosari-2Weekend atau liburan serunya bermain air di air terjun. Kali ini kami akan menginformasikan sebuah objek wisata air terjun yang sangat eksotis di kabupaten bantul yang bernama Curug Pulosari. Curug Pulosari terletak di Desa Wisata Krebet, yang secara administratif berada di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Jarak tempuh sekitar 20 Km dari pusat kota Yogyakarta. Akses jalan menuju ke air terjun ini cukup baik dan sudah beraspal, namun ada sebagian jalannya rusak dan berlumpur.

Dengan keadaan geografis menuju curug ini cukup curam dan terjal, Curug pulosari dapat ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua. Untuk Anda yang menggunakan mobil harus berhati hati dan untuk Bus tidak bisa sampai ke area wisata karena  jalan yang akan di lalui cukup sulit untuk ditempuh oleh kendaraan besar.

Curug Pulosari, sejatinya merupakan sebuah air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil. namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk Anda Abadikan.

Baca Juga Asyiknya Bermain Air di Curug Tegalrejo Gunung Kidul

curug-pulosariLokasi di Curug Pulosari berada di lembah yang cukup dalam dan disekitarnya dikelilingi oleh bukit batu dan tanah yang tandus. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus rela berjalan kaki  dari tempat Anda memarkirkan kendaraan sejauh sekitar 100 meter, menuruni jalan bebatuan licin dan terjal di tepian sungai. Tapi jangan khawatir, sejak ditemukannya curug ini, inisiatif warga terus muncul. Salah satunya adalah dibangunnya rumah rumahan kecil yang bisa menjadi tempat singgah dan beristirahat untuk pengunjung yang cukup nyaman.

Baca Juga: Pemandangan Eksotis Air Terjun di Pantai Jogan, Gunungkidul

Tips berkunjung di Curug Pulosari ini

Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sebaiknya datang ke lokasi ini ketika sedang musim penghujan. Karena pada saat itulah air yang mengalir di curug ini cukup deras sehingga air terjunnya bisa terlihat maksimal dan sangat menarik untuk segera Anda abadikan menggunakan kamara. Namun perlu untuk berhati-hati, karena pada musim penghujan jalan menuju curug ini menjadi sangat licin. Gunakan sepatu lapangan yang memiliki daya cengkraman tinggi agar tidak tepeleset, membawa topi, dan juga pakaian ganti agar Anda bisa berbasah basahan saat berada di Curug ini.

Lokasi Curug Pulosari

Curug Pulosari berlokasi di alamat Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Namun untuk mempermudah menemukan lokasi curug ini bisa klik [ Maps Curug Pulosari ]

Instagram

Curug Setawing, Air Terjun Cantik nan Memesona di Kulon Progo

Curug Setawing, Air Terjun Cantik nan Memesona di Kulon Progo
8.3 (83.33%) 6 votes

air terjun setawing

Potensi wisata yang ada di bukit Menoreh Kabupaten Kulon Progo memang sudah tak diragukan lagi, pesona keindahan landskap dipadukan dengan udara sejuk menjadikan perbukitan Menoreh salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata di Yogyakarta.

Ada beberapa wisata yang terkenal di Perbukitan Mernoreh seperti, Kalibiru, Puncak Suroloyo, Kebun Teh. Namun untuk kali ini kami khusus akan me review wisata air terjun yang ada di perbukitan bukit Menoreh, Yaitu air terjun Setawing yang terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun Setawing atau yang lebih sering di sebut (Curug Setawing) ini hanyalah salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kulon Progo, yang membuatnya istimewa adalah karena terletak di ketinggian perbukitan, selain itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 45 meter dari dasar jatuhnya air.

Baca juga: Asyiknya Bermain Air di Curug Tegalrejo Gunung Kidul

pintu masuk wisata

Tebing air terjun Setawing terlihat berbentuk berundak-undak, jadi air yang turun akan melebar karna jatuh mengenai beberapa batu-batu tebing terlebih dahulu. Saat musim kemarau air terjun Setawing masih memiliki debit air yang cukup, dan saat musim hujan debit airnya meningkat membuat air terjun ini semakin bagus terlihat.

Namun yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke wisata air terjun Setawing saat musim penghujan adalah selalu berhati-hati dengan trek yang akan dilewati, gunakanlah sendal yang memiliki grip yang bagus saat ber-traksi di medan licin seperti sendal gunung atau sepatu.

Kini pihak pengelola wisata dan penduduk sekitar sudah membangun beberapa fasilitas agar para pengunjung mudah menuju ke lokasi air terjun, kita bisa melewati tangga dan pegangan tangan saat jalanan menurun lalu beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia.

Baca juga: Menjajal Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo

curug setawing

Menikmati pemandangan sambil bermain air, merupakan kesenangan bagi beberapa orang, seperti bermain di waterpark alami. Tentu kamu dapat mengabadikan momen-momen seru ini dengan berfoto bersama teman ataupun keluarga.

Lokasi air terjun Setawing cukup mudah ditemukan karena rutenya sama ke arah lokasi air terjun Grojogan Sewu, sebelum sampai ke lokasi air terjun Grojogan Sewu kamu akan menemukan penunjuk jalan yang akan mengantarkan kamu ke lokasi air terjun Setawing.

Lebih jelasnya rutenya, saat kamu sudah melalui Goa Kiskendo lalu ke arah air terjun Grojogan Sewu, ambil arah ke kanan, jangan khawatir karena penduduk sekitar sudah memasang beberapa plang penunjuk arah ke lokasi air terjun Setawing.

Instagram

 

curug bayat atau curug tegalrejo

Asyiknya Bermain Air di Curug Tegalrejo Gunung Kidul

Asyiknya Bermain Air di Curug Tegalrejo Gunung Kidul
9 (90%) 2 votes

curug bayat atau curug tegalrejoTraveling kesuatu tempat tidaklah harus mahal. Untuk Anda yang tinggal di Jogja atau sedang berlibur di  jogja, ingin mencari tempat piknik yang jarang diketahui oleh orang namun dengan budget murah meriah, pastilah sangat menyenangkan. Curug Indah Tegalrejo ini bisa menjadi salah satu destinasi  yang perlu Anda kunjungi.

Curug Indah Tegalrejo atau biasa penduduk sekitar menyebutnya Curug Bayat terletak desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letak curug ini tepatnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Bayat yang masuk kedalam wilayah Klaten, sehingga sering disebut Curug Bayat karena akses menuju curug ini memang lebih mudah jika melalui Bayat Klaten.

Jika Anda berangkat menuju curug ini dari Yogyakarta, dapat mengambil rute Yogyakarta – Prambanan – Srowot -Wedi – Bayat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 2. lebih mudah aksesnya jika di bandingkan melalui jalan wonosari yang bisa menempuh 2 jam perjalanan. Gemercik suara air serta udara yang sejuk akan langsung menyambut kehadiran Anda di tempat ini.

Baca juga: Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang

curug bayat atau curug tegalrejoUntuk mencapai lokasi Curug Anda harus berjalan kaki sekitar kurang lebih 10 menit dari tempat parkir kendaraan, dan untuk mencapai curug yang paling atas diharuskan berjalan kaki kembali sekitar 5 menit dengan melewati jalan setapak yang tersedia, atau juga bisa menyusuri pinggir sungai. Curug Indah Tegalrejo ini memiliki banyak Curug dengan ketinggian dan bentuk yang bermacam – macam dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berendam atau sekedar bermain air oleh para pengunjung.

Curug Indah Tegalrejo ini memiliki beberapa curug yang bertingkat-tingkat. Masing2 dari curug tersebut memiliki ketinggian yang bermacam-macam. Di sini Anda bisa menemukan spot foto keren yang wajib Anda dokumentasikan menggunakan smartphone Anda.

Potensi dari curug ini cukup besar, karena jika di total terdapat 6 curug dengan ketinggian yang bermacam – macam dengan jarak yang tidak begitu jauh antara satu dengan yang lainnya. Selain itu juga terdapat sebuah kolam disetiap curug dengan lebar dan kedalaman yang bermacam – macam pula.

Baca Juga: Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

curug bayat

Curug Indah Tegalrejo memiliki fasilitas yang kurang memadai. tidak ada tempat sampah, Tidak ada toilet ataupun kamar mandi di sekitar curug. Satu-satunya fasilitas yang ada disini adalah tempat penitipan sepeda motor yang masih dikelola seadanya oleh masyarakat oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Pemandangan Eksotis Air Terjun di Pantai Jogan, Gunungkidul

Tarif Masuk Curug Tegalrejo

Untuk masuk ke area wisata Curug Indah Tegalrejo tidak dipunggut tiket masuk alias gratis, pengunjung hanya membayar parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,-.

Lokasi Curug Tegalrejo

Curug Bayat terletak desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, untuk mempermudahkan menemukan lokasi bisa klik [ Maps Curug Tegalrejo ]

Curug Tegalrejo di Instagram

 

Pesona Air Terjun Tlogo Muncar, Kaliurang

Pesona Air Terjun Tlogo Muncar, Kaliurang
2.4 (23.64%) 11 votes

wisata kaliurang

Kawasan Kaliurang memang menjadi salah satu destinasi andalan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, kebanyakan orang pergi berwisata ke sana dengan alasan yang klasik, ingin mencari udara sejuk ala pegunungan.

Kaliurang memang sebuah kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi. Berada di ketinggian sekitar 878 mdpl, menjadikan tempat ini selalu dalam keadaan sejuk baik siang ataupun malam. Mungkin karena hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak terdapat penginapan atau home stay seperti Puncak Bogor.

Di kawasan wisata Kaliurang ini terdapat beberapa obyek wisata, namun untuk kali ini saya hanya akan membahas salah satunya saja, obyek wisata yang saya review kali ini adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Terletak di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta‎.

Baca juga: Desa Wisata Kampung Teletubbies Yogyakarta

air terjun tlogo muncar

Air Terjun ini cukup tinggi, sekitar 30 – 45 meter. Sumber dari aliran Air Terjun Tlogo Muncar berasal dari lereng bukit plawangan, salah satu bukit di Gunung Merapi. Namun karena Gunung Merapi ini merupakan gunung yang gersang jarang adanya vegetasi tumbuhan membuat debit Air Terjun ini sangat sedikit bahkan saat kemarau panjang Air Terjun ini juga bisa menjadi kering tanpa air.

Untuk itu, buat kamu yang khusus datang kesini untuk menikmati keindahan wisata Air Terjun Tlogo Muncar hendaknya datang pada masa peralihan musim hujan ke kemarau saja, pada saat itu bisa dipastikan cuacanya abagus, cerah dan debit Air Terjun masih banyak.

Baca juga: Wisata Keluarga Sindu Kusuma Edupark

wisata kaliurang jogja

Munuju ke lokasi wisata ini terbilang mudah, walaupun jalannya menanjak, tapi masih nyaman untuk dilewati kondaraan roda empat. Dari arah Kota Jogja, kamu hanya tinggal mengikuti jalan Kaliurang, lurus terus sampai tiba di kawasan wisata kaliurang.

Bagi kamu yang suka dengan kegiatan outdoor di sini banyak lahan yang disewakan sebagai tempat perkemahan atau camp ground. Tak heran jika kawasan ini banyak digunakan oleh mahasiswa di Jogja sebagai lokasi Makrab (malam ke-akrab-an) sebagai kegiatan perkenalan memperkuat silaturahmi antara mahasiswa baru dan kakak angkatan kampus.

Rute atau jalan

Kota Jogja – menuju jalan Kaliurang – lurus terus, 26 KM / 1 jam perjalanan – melewati jalanan yang menanjak – gate loket lurus terus – ikuti petunjuk arah Air Terjun – Air Terjun Tlogo Muncar

Instagram

 

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo
10 (100%) 1 vote

wisata air terjun kedung pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, air terjun ini menjadi ramai di media sosial kira-kira sejak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak bisa di pungkiri keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona.

Jika diamati secara seksama air terjun Kedung Pedut layaknya wahana water park alami, terdapat kolam-kolam yang sudah siap mengajak kita untuk berenang, airnya yang jernih dan segar langsung dari alam, bebas kaporit tanpa lengket dibadan, membuat siapapun menyesal jika datang kesini tapi tak mencoba berenang.

Air terjun ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo kabupaten Kulon Progo. Desa Jatimulyo memang sudah terkenal karena termasuk salah satu desa wisata yang memiliki potensi pariwisata yang menakjubkan di Kulon Progo, tak hanya satu, ternyata desa ini memiliki tiga air terjun, air terjun Mudal, air terjun Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut sendiri.

wisata alam

Namun air terjun yang paling cantik dan menarik menurut saya adalah Kedung Pedut ini, saya katakan begitu karena air terjun ini memiliki dua warna, yakni warna putih jernih dan warna hijau, selain karena keindahan warnanya, air tejun Kedung Pedut juga terkenal karena banyak terdapat kolam-kolam yang bisa dipakai untuk berenang para wisatawan.

Kolam-kolam tersebut dinamakan kedung, istilahnya tempat air berkumpul atau terbendung sehingga menjadi kolam alami. ada beberapa kedung disini yakni: Kedung Wedok, Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Merang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes. kedung-kedung ini juga dalamnya bervariasi dari yang 1 meter, 2 meter, hingga belasan meter.

Rute untuk menuju wisata alam air terjun Kedung Pedut ini lumayan jauh, jalurnya sama mengikuti jalan menuju wisata Goa Kiskendo, dan melewati beberapa tanjakan di perbukitan Menoreh. Dari Kota Jogja – ambil arah menuju jl. Godean, – lurus saja sampai melewati jembatan Sungai Progo – kemudian perempatan lampu merah Nanggulan belok kanan – pasar Kenteng – melewati tanjakan perbukitan Menoreh – ada pertigaan belok kiri – ikuti saja jalan menuju Goa Kiskendo – pertigaan setelah lewat Goa Kiskendo ambil kiri – lalu  terdapat pertigaan Grojogan Mudal ke kiri –  ke pintu masuk air terjun Kembang Soka ambil arah kiri – sampai tujuan.

kolam renang alami

Setalah sampai di tempat parkir jangan dikira lokasi air terjun yang kita tuju sudah dekat, karena sebenarnya inilah perjalanan yang paling menguras tenaga demi menuju lokasi air terjun, kami harus jalan kaki sekitar 400 meter jauhnya, melewati jalan setapak yang naik turun dan licin. Namun setibanya dilokasi air terjun Kedung Pedut semua rasa lelah itu terbayarkan sudah.

Disini kami merasakan keindahan alam yang masih alami dan terjaga, air yang mengalir terlihat sangat jernih, seakan merayu-rayu untuk segera berenang di dalamnya. Fasilitas disini kebanyakan terbuat daari bahan yang terdapat dari alam sekitar, seperti bambu, kayu, atau batang pohon.

Soal biaya masuk cukup murah, hanya sebesar Rp.3000 saja, parkir sepeda motor Rp.2000, mobil Rp.3000. Tips jika kamu hendak berkunjung ke wisata air terjun Kedung Pedut sebaiknya gunakan sendal khusus untuk tracking atau sendal gunung karna ada beberapa jalan yang licin untuk dilewati, kemudian bawa baju ganti jika hendak berenang.

Rute perjalanan

Kota Jogja – Jl. Godean – melewati Sungai Progo – Jl. Kiskendo – belok kanan ke Goa Kiskendo – dari wisata Goa Kiskendo belok kiri ke Desa Wisata Jatimulyo – pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka belok kiri – Air Terjun Kedung Pedut

Instagram

 

Menikmati keindahan Air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo

Menikmati keindahan Air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo
Rate this post

Air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo

menuju air terjun

Kabupaten Kulon Progao tak hanya terkenal akan wisata puncak saja, jika kita telusuri lebih dalam masih banyak wisata yang bisa kita eksplorasi, salah satunya yaitu air terjun Grojogan Sewu yang letaknya berada di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo. Namun jangan heran jika kamu mencari di Google wisata air terjun Grojogan Sewu, karna yang akan muncul ternyata bukan air terjun yang berada di Kabupaten Kulon Progo saja.

Nama air terjun Grojogan Sewu sudah lumayan pasaran di dunia wisata Indonesia, salah satunya air terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah. Makna dari nama grojogan sewu itu sendiri bisa di artikan pancuran seribu atau secara logika air terjun yang punya debit air besar.

Seiring berjalan waktu, wisata alam air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini mulai banyak dikenal oleh para wisatawan, hal ini tak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat yang sudah mulai sadar akan potensi wisata, selain itu, faktor penunjang lainnya adalah lokasi air terjun Grojogan Sewu tak terlalu jauh dengan lokasi wisata lainnya, seperti wisata alam Goa Kiskendo yang memiliki daya tarik cerita pewayangan.

Air terjun Grojogan Sewu masih terletak di daerah perbukitan Menoreh, jadi untuk menuju kesini kamu akan melewati beberapa tanjakan khas perbukitan, jarak antara kota Jogja dan air terjun ini sekitar 23 km, bisa ditempuh dalam 1 jam perjalan.

Dari Kota Jogja langsung saja menuju ke arah jl. Godean lurus terus sampai menemukan Pasar Godean, lalu menuju Gedongan, lampu merah Gedongan masih lurus ke barat, sampai kamu melewati Sungai Progo. kemudian kamu akan sampai ke lampu merah Kenteng. Ikuti jalan aspal saja sampai kamu menemukan arah menuju Goa Kiskendo, dari situ sudah ada plang yang menunjukan arah menuju ke air terjun Grojogan Sewu, kamu tinggal ikuti saja.

air terjun

Setelah sampai di tempat tujuan kamu harus memarkirkan kendaraan yang terdapat di depan rumah-rumah warga sekitar, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter, tapi jangan lupa bayar parkir terlebih dahulu sebesar Rp.2000 dan mengisi kotak sumbangan sukarela sebagai pengganti retribusi atau tiket masuk ke wisata alam air terjun Grojogan Sewu.

Maklum saja, karena wisata ini mandiri dikelola oleh masyarakat lokal, mereka telah membangun berbagai macam fasilitas agar para wisatawan merasa nyaman berada di wisata ini, seperti tempat sampah, wc, parkir dan lain-lain.

Salah satu hal yang menyenangkan di sini adalah saat berjalan kaki ke lokasi air terjun melewati perkebunan warga, melihat alam sekitar yang masih terjaga ke asriannya. Lalu setelah itu kita kedalam kesegaran air jernih yang mengalir dengan derasnya.

Rute atau Jalan

Kota Jogja –  Jl. Godean – Pasar Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – Dusun Beteng – Grojogan Sewu.

Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang
2.4 (24.44%) 18 votes

Air Terjun Tlogo Muncar jogja

Air Terjun Tlogo Muncar

Eksotisjogja.com :Kota Yogyakarta sangat dikenal dengan objek wisata edukasi dan budaya, ternyata Yogyakarta juga wisata alam yang sangat menakjubkanyaitu wisata alam air terjun. Air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Wisata air terjun ini juga sering disebut dengan nama Air Terjun Kaliurang hal ini memang dikarenakan lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang atau dengan nama lain Air Terjun Tlogo Muncar.

Air terjun ini berlokasi tepat di lereng Gunung Merapi, Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Yogyakarta yang berjarak sekitekitar 28 KM dari pusat Kpta Yogyakarta.

Air Terjun Kaliurang juga merupakan wisata alam yang sangat diminati oleh para wisatawan dan cukup banyak yang datang mengunjunginya. Untuk menuju akses lokasi air terjun ini Anda tidak perlu bingung apabila masih kurang mengerti jalan menuju tempat tersebut karena lokasinya masih berada di sekitaran obyek wisata Kaliurang.

Untuk mencapai lokasi wisata ini. Anda perlu menempuh perjalanan yang lumayan jauh melintasi Jalan Kaliurang apabila Anda start dari Kota Yogyakarta. Di perjalanan nanti Anda akan menjumpai pintu gerbang yang merupakan gerbang masuk wilayah kawasan Wisata Kaliurang. Dan Anda nanti akan dikenakan penarikan dana untuk tiket masuk seharga Rp 3000 /orang.

Dan Anda akan terus melanjutkan perjalanan untuk mencari tempat parkir yang aman. Dari lokasi parkiran Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi menuju lokasi air terjun dengan melalui jalan setapak sejauh 500 meter. Setelah sampai di lokasi tempat wisata, rasa lelah Anda saat menempuh perjalanan yang cukup jauh menuju obyek wisata air terjun ini akan segera sirna, karena Anda akan melihat keindahan Air Terjun Tlogo Muncar sangat menenagkan hati dengan mendengarkan suara air yang jatuh dari ketinggian dan ditambah lagi dengan suasananya yang sejuk.

Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar

Air terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter drngan ketinggian lokasi 878 MDPL. Di sana Anda dapat menikmati suasana mandi sambil bermain guyuran air terjun tersebut. Airnya memiliki suhu 20-25 derajat celcius sehhingga terasa begitu sejuk dan segar di tubuh. Airn ini juga merupakan sumber mata air dari lereng bukit Plawangan. Akan tetapi pada saat musim kemarau air terjun ini sering mengalami kekeringan karena debit airnya yang sedikit.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

 

Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang

Menikmati Keunikan Air Terjun Luweng Sampang
10 (100%) 1 vote

Air Terjun Luweng Sampang

Selama ini kita mengenal Gunungkidul yakni sebuah kabupaten di yogyakarta yang terkenal karena punya pantai yang memiliki panorama cantik dan eksotis, Namun jika pantai terus terusan yang di kunjungi  di rasa sangat sayang jika berkunjung ke jogja tidak mempir sejenak di Air terjun Luweng Sampang. Inilah Grand Canyon ala Gunungkidul yang jadi sisi lain keindahan DI Yogyakarta.

Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti Lubang dan Kata Sampang di ambil karena lokasinya berada di desa bernama Sampang, jadi Air terjun ini dinamakan Air terjun leweng sampang.

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

Baca Juga: Serunya Berpetualang di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

warawiriindonesia

warawiriindonesia

Air terjun Luweng sampang Gunungkidul termasuk air terjun mini karena hanya mempunyai ketinggian sekitar lima meter, namun  di sini yang menonjol bukan karena tingginya namun karena komposisi dari batu-batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang terkikis oleh air, membentuk sebuah ukiran unik. Saat musim penghujan, air terjun Luweng Sampang ini akan terlihat semakin indah dan eksotis, karena debit air yang di jatuhkan akan besar dan akan semakin menampilkan pesonanya yang indah.

Di air terjun Luweng Sampang ini, Anda dapat bermain air dan mandi karena pada kolam air yang ada tidaklah terlalu dalam, selain itu juga Anda bisa melompat dari atas batu dari atas tebing. Air Terjun Luweng Sampang sendiri juga bisa untuk dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto prewedding karena pemandangannya yang memang indah. Selain memilik air terjun utama, di tempat ini juga terdapat air terjun kecil dan sebuah kolam untuk berenang yang cukup nyaman.

Untuk berkunjung ketempat ini di sarankan membawa pakaian ganti, karena Anda pasti akan tak tahan jika tidak merasakan dinginnya air di air terjun ini, jangan lupa juga membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bawah airnya.

Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang kami rekomendasikan saat musim hujan karena debit air terjun yang jatuh akan banyak dan deras sehingga semakin menambah kecantikannya. Namun tetap memperhatikan dan menjaga keselamatan, karena saat hujan bebatuan ini akan menjadi licin dan bisa membuat Anda terpeleset. 

Baca Juga: Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Air Terjun Luweng Sampang Di Instagram