Arsip Tag: Wisata Candi

16 Candi di Jogja yang Cantik dan Eksotis Cocok Untuk Hunting Foto

16 Candi di Jogja yang Cantik dan Eksotis Cocok Untuk Hunting Foto
10 (100%) 3 votes

Yogyakarta merupakan sebuah Provinsi yang diapit oleh Jawa Tengah, Provinsi ini menyimpan banyak peninggalan kerajaan jaman dahulu yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Jogja. Salah Satunya Candi. Candi di Jogja tersebar di beberapa tempat, salah satunya sleman yang cukup banyak dan sangat eksotis.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini di buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan Candi di Jogja yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi berikut kami ulas secara singkat 16 Candi di Jogja Terbaru yang harus segera di explore:

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha. Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur. Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Candi Prambanan ini pengunjung dipungut biaya sebesat Rp 30.000 /orang.

8. Candi Ratu Boko

candi ratu boko

Candi Ratu Boko Merupakan situs bersejarah dengan berupa reruntuhan bangunan yang menyerupai candi. Bangunan bersejarah ini memang sangat penting sekali perannya untuk mengembangkan sejarah dinasti Hindu yan ada di Indonesia terutama di Jawa.

Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Candi Boko sebenarnya bukan merupakan sebuah candi akan tetapi merupakan sebuah Istana atau Keraton. Sehingga panggilan untuk Ratu Boko juga sering disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

Baca Selanjutnya : Candi Ratu Boko

3. Candi Abang

candi abang

Bagi Anda yang ingin berlibur di Yogyakarta dan ingin menikmati nuansa alam pedesaan maka tempat yang menjadi tujuan Anda adalah Desa Wisata Alam Candi Abang. Karena tempat tersebut adalah pilihan yang tepat bagi Anda dengan keindahan desa di atas bukit yang menjadi daya tarik bagi Anda.

BACA SELENGKAPNYA : CANDI ABANG 

4. Candi Ijo Yogyakarta

candi ijo

Candi Ijo Kalasan adalah sebuah candi yang letaknya berada di atas Bukit Ijo. Nama candi ini di ambil dari nama tempat dimana lokasi candi ini berada yaitu Bukit Ijo sehingga candi ini dinamakan dengan Candi Ijo. Candi ini juga merupakan candi tertinggi yang ada di wilayah Yogyakarta yang memiliki ketinggian hingga mencapai sekitar 357.402 – 394.581 MDPL.

BACA SELENGKAPNYA : CANDI IJO YOGYAKARTA

5. Candi Barong

Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong ini adalah candi peninggalan Hindu yang berlokasi tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Disan Anda dapat menikmati pemandangan dari kawasan perbukitan Batur Agung dan juga menikmati hawa di kawasan Candi Barong yang sangat sejuk dan segar. Karena tempatnya yang nyaman dan jauh dari perkotaan sehingga tempat ini sangat cocok sekalai bagi anda yang ingin bersantai.

BACA SELENGKAPNYA : CANDI BARONG

6. Candi Sambisari

Candi Sambisari jogja

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pendamping atau candi pewara yang dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Jika dilihat sepintas tentang Candi Sambisari ini  terlihat hampir menyerupai kastil batu yang terletak tepat di tengah taman. Dengan rumputnya yang tumbuh teratur di pelataran membuat candi laksana permadani hijau yang indah.

BACA SELENGKAPNYA : CANDI SAMBISARI

7. Candi Sari Yogyakarta

Candi Sari Jogja

Wisata Candi Sari dibangun sekitar abad ke-8 selama Rakai Panangkaran memerintah . Candi Sari ini diketahui memiliki hubungan dengan Candi Kalasan sebagaimana yang tercantum dalam prasasti Kalasan tertulilis pada tahun 778 Masehi.

BACA SELENGKAPNYA : CANDI SARI YOGYAKARTA

8. Candi Gebang

Candi Gebang adalah candi Hindu yang berada di dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY. Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

9. Candi Kalasan

Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia

Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Candi Kedulan

Candi Kedulan adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Sambisari, yaitu di Dusun Kedulan, Kelurahan Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno.

11.Candi Banyunibo

Candi Banyunibo adalah candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yaitu di bagian sebelah timur dari Kota Yogyakarta ke arah Kota Wonosari.

Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Bokoharjo, Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

12. Candi Plaosan

Candi yang berada di perbatasan sleman, jogja dengan klaten.

13. Candi Sewu

Candi Sewu atau Manjusrighra adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Candi Sekitar Jogja

14. Candi Mendut

Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Maseh. Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta.

15. Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

16. Candi Borobudur

BorobudurD.I. Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya dan seni di Indonesia, selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental. Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kompleks candi ini sangat terkenal di Indonesia dan juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Aka tetapi Candi Prambanan diwariskan pada tahun 1991 setelah Candi Borobudur yang pertama.

Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau

Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau
10 (100%) 1 vote

Candi Mendut

Candi Mendut

Candi Mendut adalah salah satu candi peninggalan agama Buddah yang ada di Indonesia yang dibangun pada masa kerajaan Wangsa  Syailendra yang di pimpin oleh Raja Indra seperti yang disebutkan dalam Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di Karangtengah. Relung Candi Mendut ini di jadikan sebagai singgahan bagi arca Buddha berukuran besar.

Sebenarnya banyak sekali peniggalan-peninggalan yang mencerminkan kejayaan dan kemegahan dari masa lalu  yang tersebar di berbagai tempat di seluruh penjuru Nusantara. Salahsatunya adalah Candi Mendut, candi ini terletak di sebelah timur dari Candi Borobudur yang berjarak sekitar tiga kilometer.

Candi yang bentuk persegi empat dan memiliki atap bertingkat dengan dihiasi stupa-stupa kecil ini dibangun lebih awal dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon yang berlokasi dalam satu garis lurus. Candi Mendut ini memiliki pintu masuk menghadap ke arah barat dan berbeda dengan Candi Borobudur yang menghadap ke arah matahati terbit atau ke arah timur.

Candi Mendut Magelang

Candi Mendut

Jika di lihat daari kejauhan Candi Mendut ini terlihat berdiri sangat kokoh di atas kaki candi 3,7 meter. Dalam candi ini terdapat beberapa panel relief yang menghiaskan tentang kura-kura dan burng, kepiting dan berahmana, burung manyar dan kera, dan masih banyak lagi fabel lannya. Jika dilihat sekilas relief ini menceritakan cerita yang ditujukan untuk anak-anak, namun sejatinya panel relief ini menggambarkan tentang kisah jakata yang berisikan pesan moral untuk pengunjung yang datang ke CAndi Mendut ini.

Jika kita ingin masuk ke dalam bilik candi ini, maka akan tercium rasa semerbak wangi bunga yang bercampur dengan aroma hio dengan jelas. Arca-arca yang berukuran besar yang terdapat di dalam bilik candi tersebut merupakan Arca Bodhisatva Vajrapani, Arca Avalokitesvara dan Arca Cakyamuni atau Vairocana.

Tak jauh dari Candi Mandut terdapat Buddhist Monastery yang hening dan terbuka untuk umum dengan hiasan bunga beratai yang bermekaran di kolam. Dan terdapat juga beberapa stupa yang berjejer yang menghiasi jalan untuk menuju Buddhist Monastery.

Ditempat ini sering dilakukan ritual cahanting atau meditasi setiap malam mulai pukul 19.00 – 20.00 WIB dengan cara mendengarkan alunan musik serta nyanyian. Siapa saja dapat melihat moment tersebut dan tidak harus yang beragama Buddha karena terbuka untuk umum jadi siapa saja boleh untuk mengikutinya.

Candi Mendut ini berlokasi di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 kilometer ke arah barat laut dari Kota Yogyakarta. Berikut ini adalah link Lokasi Google Mapsnya :

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

20 Wisata Sekitar Candi Prambanan yang Lagi Hits

20 Wisata Sekitar Candi Prambanan yang Lagi Hits
5 (50%) 2 votes

Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan

D.I. Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya dan seni di Indonesia, selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental.Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kompleks candi ini sangat terkenal di Indonesia dan juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Aka tetapi Candi Prambanan diwariskan pada tahun 1991 setelah Candi Borobudur yang pertama. Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha.

Kedua candi ini memang sama-sama berlokasi di Jawa Tengah, namun meskipun begitu kedua candi besar ini dapat membuktikan bahwa dengan penghuni umat yang berbeda (Hindu dan Buddha) mereka bisa hidup berdampingan dengan rukun. Candi-candi ini juga merupakan bukti dari kemajuan peradaban manusia pada waktu itu dengan adanya bangunan-bangunan candi yang memiliki seni dan arsitektur yang luar biasa tanpa ada bantuan teknologi canggih sedikitpun.

Candi Prambanan Sleman

Candi Prambanan

Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur. Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Candi Prambanan ini pengunjung dipungut biaya sebesat Rp 30.000 /orang.

Di dalam kompleks Candi Prambanan ini terdapat banyak sekali candi yang berjumlah sekitar 240 buah candi, namun menurut cerita legendaris dahulunya candi ini berjumlah seribu buah candi yang terdapat dalam cerita rakyat Roro Jonggrang. Tempat wisata ini memiliki empat pintu masuk yang terdapat di sesuai dengan arah mata angin (Timur-Selatan-Barat-Utara), akan tetapi yang menjadi pintu utama berada di sebelah timur.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Selain Candi Prambanan masih ada lagi candi lainnya yang terdapat di sekitaran kompleks candi tersebut ini seperti Candi Ijo, Candi Ratu Boko dan candi-candi lainnya. Jadi selain Anda dapat menikmati wisata Candi Prambanan Anda juga dapat menikmati wisata candi lainnya, karena lokasinya sangat berdekatan.

Lokasi Candi Prambanan ini tidak begitu jauh dari Kota Yogyakarta dan berada di sebelah timur. Untuk mengakses lokasi tersebut dibutuhkan waktu sekitar 30 menit naik mobil/motor pribadi dari Kota Yogyakarta melewati Jl. Solo Adisucipto. Jika Anda masih bingung tetang lokasi Candi Prambanan tersebut Anda bisa klik link lokasi google maps dibawah ini:

Link Lokasi Google Maps

Instagaram :

Eksotisme Candi Sari Yogyakarta

Eksotisme Candi Sari Yogyakarta
10 (100%) 1 vote

Candi Sari Jogja

Candi Sari Jogja

Eksotisjogja.com : Wisata Candi Sari dibangun sekitar abad ke-8 selama Rakai Panangkaran memerintah . Candi Sari ini diketahui memiliki hubungan dengan Candi Kalasan sebagaimana yang tercantum dalam prasasti Kalasan tertulilis pada tahun 778 Masehi.

Hal ini yang dikutip dari prasasti bahwa candi ini dibangun dan digunakan sebagai tempat ibadah bagi para bhikkhu . Dari komponen interior dan struktur dari Candi Sari menunjukkan bahwa Candi Sari memiliki fungsi sebagai sebuah biara tempat ibadah. Awalnya candi ini ditemukan pertama kali pada awal abad ke-20 dan mulai restorasi pertama di tahun 1929-1930

Candi Sari ini memiliki ketinggi sekitar 17 meter dan panjangnya sekitar 17,3 meter sedangkan untuk lebarnya 10 meter. Menurut perkirakan candi ini awalnya memiliki dua atau tiga lantai karena dari argumen yang membuktikan adanya bagian yang terbuka di dinding bagian dalam digunakan untuk menempatkan blok kayu. Pada lantai atas candi digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang religius . Sementara lantai bawah sebagai tempat kegiatan keagamaan.

Candi Sari menghadap ke timur . Dindingnya ditutupi dengan Vajralepa , mirip dengan dinding di Candi Kalasan . Dimana pada dinding luarnya dihiasi dengan patung-patung Bodhisattva . Terdapat delapan patung di sebelah timur , utara dan selatan juga duabelas patung lagi berada di posisi bagian barat . Pintu dan bingkai jendela yang dihiasi dengan sepasang pria dan wanita memegang teratai . Kemudia terdapat beberapa dekorasi lain yang bisa Anda lihat dari Candi Sari ini yaitu berupa patung Kinara Kinari ( pria dengan kepala burung ). Candi Sari ini juga dihiasi dengan patung Kala Makara tanpa rahang bawah .

Candi Sari

Candi Sari Jogja

Untuk tiket masuk ke dalam Candi Sari ini pengunjung pengunjung bisa membayar tiket sebesar Rp 2.000 /orang. Dan untuk jam operasi/buka Candi ini adala pada jam 9:00-17:00 WIB. Sedangkan rute menuju Candi Sari dengan transportasi umum : Anda bisa mengambil rute bus umum Yogya -Solo dari Janti dan berhenti di sisi sisi jalan . Lanjutkan dengan ojek ( sepeda motor taksi ) untuk sampai ke kuil. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi : Anda bisa berangkat dari Yogyakarta dan mengarah arah ketimur kemudian ambil rute menuju Candi Prambanan . Perhatikan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Kalasan.

Logkasi Google Maps 

Instagram :

Eksotisme Candi Sambisari Yang Tersebunyi di Bawah Tanah

Eksotisme Candi Sambisari Yang Tersebunyi di Bawah Tanah
Rate this post

Candi Sambisari

Candi Sambisari

Selama ini banyak sekali sisa peninggalan jaman dahulu yang berupa sejarah candi yang terletak di tanah yang tinggi dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Padahal candi-candi tersebut memang sebenarnya dibangun di ketinggian atau di lereng bukit seperti Kompleks Candi Gedong Songo yang berada di Ungaran dan Candi Arjuna di Dieng .

Tapi tahukan Anda? Ternyata di Yogyakarta ada terdapat sebuah candi yang berlokasi cukup unik karena candi ini  terletak lebih rendah kira-kira sekitar 6,5 meter dari permukaan tanah. Candi dengan lokasi unik tersebut adalah Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan salah satu warisan dari era Hindu . Candi ini dibangun sekitar pada abad ke-10. Itu dibangun oleh dinasti Syailendra tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Garung.

Candi Sambisari jogja

Candi Sambisari jogja

Candi ini tidak sengaja ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1966 ketika ia menggali lapangan. Adapun penyebab Candi ini terletak lebih rendah dari permukaan tanah diperkiraka karena terkubur oleh material vulkanik dari letusan Merapi pada 1006 . Pada saat itu dilakukan sebuah penggalian oleh Pusat Arkeologi Yogyakarta dimana mereka tidak hanya menemukan bangunan candi saja, akan tetapi mereka juga menemukan artefak lainnya . Artefak yang ditemukan saat penggalian tersebut berupa perhiasan , keramik dan prasasti emas . Penggalian dilanjutkan dengan rekonstruksi candi . Untuk merekonstruksi candi tersebut membutuhkan waktu sekitar 21 tahun.

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pendamping atau candi pewara yang dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Jika dilihat sepintas tentang Candi Sambisari ini  terlihat hampir menyerupai kastil batu yang terletak tepat di tengah taman. Dengan rumputnya yang tumbuh teratur di pelataran membuat candi laksana permadani hijau yang indah.

Berhubung karena Candi Sambisari ini belum begitu dikenal oleh kalangan wisatawan sehingga membuat tempat ini cukup tenang. Dan banyak juga wisatawan yang menjadikan Candi Sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun berfoto-foto bersama teman atau keluarga. Wisatawan pun bisa menggelar tikar di rerumputan dan membuka bekal piknik bersama kerabat. Asyik kan?

Selain dinikmati dari pelataran, keindahan Candi Sambisari bisa dinikmati dari ketinggian karena posisinya yang lebih rendah dari permukaan tanah. Puas menikmati pesona Sambisari, wisatawan juga bisa mampir ke museum mini Candi Sambisari untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah eskavasi candi.

Eksotisme Senja di Candi Barong Dari Teras Ketiga

Eksotisme Senja di Candi Barong Dari Teras Ketiga
Rate this post

Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong ini adalah candi peninggalan Hindu yang berlokasi tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Disan Anda dapat menikmati pemandangan dari kawasan perbukitan Batur Agung dan juga menikmati hawa di kawasan Candi Barong yang sangat sejuk dan segar. Karena tempatnya yang nyaman dan jauh dari perkotaan sehingga tempat ini sangat cocok sekalai bagi anda yang ingin bersantai.

Candi ini disebut Candi Barong karena memiliki hiasan yang berbentuk seperti kepala barong khas Bali. Candi Barong yang dibangun sekitar abad ke – 9 sampai abad ke – 10 Masehi dan Candi ini merupakan Candi Hindu. Menurut penelitian para ahli, pondasi  dari Candi Barong ini sebenarnya merupakan bukit yang telah dipotong puncaknya. Jika Anda ingin mencapai puncak bukit Candi Barong Anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Wisata Candi Barong Yogyakarta

Wisata Candi Barong Yogyakarta

Potongan bukit tersebut lantas dibentuk menjadi balok-balok karena pondasi tersebut akan digunakan sebagai pondasi talud , sedangkan bangunan candi terbuat dari batu andesit. Bangunan Candi Barong ini sendiri berupa punden berundak yang memiliki tiga teras. Teras pertama berupa dasar dari seluruh bangunan candi, sedangkan teras kedua berupa bagian pelataran, dan teras terakhir terdapat dua buah candi utama dan sebuah gerbang.

Lokasi Candi Barong tidak begitu luas, sehingga jika Anda ingin menjelajahinya seluruh komplek candi andi tidak perlu membuang banyak tenaga dan hanya memerlukan waktu singkat. Berhubung candi ini tidak berada di bawah pengelolaan Taman Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan, maka harga tiket masuk ke Candi Barang ini terbilang sangat murah yakni sekitar Rp 3.000 / orang. Bahkan pada saat penjaga sedang tidak ada maka wisatawan bisa masuk ke area candi tersebut dengan bebas.

Adapun waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Barong ini adalah pada sore hari, terlebih antara bulan Mei hingga September. Dari tempat tertinggi yang berada di puncak tertinggi wisatawan bisa melihat sunset yang indah. Pada momen tenggelamnya matahari anda Anda akan dapat menikmati sunset yang begitu indah dan di saat tersebut biasanya wisatawan banyak yang berfoto-foto.

15 Wisata Sekitar Candi Ratu Boko yang Lagi Hits

15 Wisata Sekitar Candi Ratu Boko yang Lagi Hits
10 (100%) 8 votes

candi ratu boko

Sunset Ratu Boko

Candi Ratu Boko Merupakan situs bersejarah dengan berupa reruntuhan bangunan yang menyerupai candi. Bangunan bersejarah ini memang sangat penting sekali perannya untuk mengembangkan sejarah dinasti Hindu yan ada di Indonesia terutama di Jawa.

Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Candi Boko sebenarnya bukan merupakan sebuah candi akan tetapi merupakan sebuah Istana atau Keraton. Sehingga panggilan untuk Ratu Boko juga sering disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

Sekarang ini Ratu Boko telah dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah karena tempatnya yang begitu menarik untuk dikunjungi. Ratu Boko ini juga sangat dikenal sebagai alternatif lain untuk menikmati sunset di Jogjakarta. Dari lokasinya yang terletak di daerah perbukitan  sangat memungkinkan bahwa tempat ini memang tujuan yang untuk menikmati pemandangan.

Sunset Ratu Boko Jogja

Sunset Ratu Boko Jogja

Lingkungan yang ada di sekitar Ratu Boko ini masih sangat asri dan terawat dan disana juga kita bisa menikmati pemandangan dari sebgagian kota Jogja. Sebelum berkunjung ketempat ini perlu Anda ketahui bahwa waktu kapan yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini. Kaerena klo misalkan Anda berkunjung pada waktu yang tidak tepat nanti liburan Anda kurang asyik.

Untuk itu kami beritahukan kepada Anda waktu kapan yang tepat untuk mengunjungi tepat ini yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari. Kenapa pagi dan sore hari ? Karena diwaktu pagi dan sore hari Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset dari timur dan barat. Dan kalau siang hari cuaca di tempat ini sangat panas, jd jika Anda ingin menelusuri bagian dari Candi Boko ini sangat disarankan untuk membawa payung atau perlengkapan lainnya agar terhindar dari trik matahari.

Perlu juga Anda ketahui bahwa spot terbaik untuk menikmati sunset di Jogjakarta berada di Candi Boko ini. Jadi jika ingin menikmati liburan Anda lebih nikmat lagi Anda bisa memilih waktu yang tepat kapan menurut Anda waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat tersebut. Karena sebelumnya kami sudah menjelaskan sedikit tentang cuaca di tempat ini.

Untuk masalah tiket masuk akan ada dua kategori tiket masuk dengan harga yang berbeda, yaitu :

  1. Kategori Reguler : Rp 25.000 (harga sudah termasuk parkir) Tiket ini berlaku mulai dari buka sampai pukul 3 sore. Setelah lewat dari pukul 3 sore maka akan masuk ke kategori sunset.
  2. Kategori sunset : Rp 100.000

Perbedaan harga tiket per kategori memang sangat berbeda jauh, tapi mau bagaimana lagi itu sudah peraturannya dari pihak pengelolah. Akan tetapi feeadback yang kita dapatkan juga sangat berbeda.

 

Menikmati Sunset di Candi Ijo Yogyakarta

Menikmati Sunset di Candi Ijo Yogyakarta
10 (100%) 6 votes

sunset candi ijo

Sunset Candi Ijo Jogja

Candi Ijo Kalasan adalah sebuah candi yang letaknya berada di atas Bukit Ijo. Nama candi ini di ambil dari nama tempat dimana lokasi candi ini berada yaitu Bukit Ijo sehingga candi ini dinamakan dengan Candi Ijo. Candi ini juga merupakan candi tertinggi yang ada di wilayah Yogyakarta yang memiliki ketinggian hingga mencapai sekitar 357.402 – 394.581 MDPL.

Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut maka disana kita bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas Bukit Ijo. Di atas Bukit Ijo kita bisa melihat pemandangan Banda Adisucipto di tepi perbukitan sebelah barat dan juga lembah yang curam yang berada di sebelah selatan Candi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempa wisata tersebut adalah pada sore hari karena disitu kita akan dapat menikmati sunset yang begitu indah sambil menyaksikan pesawat yang lagi Landing dan Take Off dari Bandara Adisucipto.

Lokasi Candi Ijo Kalasan ini masih terletak diantara perbukitan yang sama dengan candi-candi lainnya seperti Candi Barong, Candi Ratu Boko, dan Candi Banyunibo yang yang terletak di sekitar perbukitan daerah kecamatan Prambanan. Menurut perkiraan Candi Ijo ini dibangun sejak abad ke-9 Masehi.

Struktur bangunan Candi Ijo berjumlah 17 struktur bangunan dan juga terbagi lagi menjadi 11 teras berundak. Halaman pertama menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari arah barat ke arah timur.

candi ijo jogja

Candi Ijo Jogja

Ada beberapa keunikan yang terdapat pada Candi Ijo ini seperti adanya bekas pahatan landsung pada pondasi dari batu kapur yang dapat kita lihat pada badan bangunannya masih belum tersusum. Dan masih ada lagi keunikan lainya dimana ditemukannya dua buah batu prasasti yang ditemukan di teras ke-8.

Untuk masalah harga tiket masuk bagi wisatawan yang berkunjung saat ini belum ada di pungut biaya, akan tetapi wisatawan yang ingin masuk ke komplek Candi Ijo disarankan untuk mengisi buku tamu. Dan juga akan ada selanjutnya rencana dari Pemerintahan Kabupaten Sleman untuk segera menarik uang retribusi masuk ketempat ini.

Selanjutnya jika Anda ingin memerluka data tetang Candi Ijo ini baik itu data mengenai serarah atau data yang lain Anda bisa langsung mendatangi Pos Penjagaan Candi Ijo.

Klik untuk lokasi maps >>>

Lokasi Maps

Instagaram

Candi Abang Jogja, Pesona Bukit Teletubbies Indahnya Buat Kagum

Candi Abang Jogja, Pesona Bukit Teletubbies Indahnya Buat Kagum
10 (100%) 1 vote

candi-abang-jogja

foto by hipwee.com

Bagi Anda yang ingin berlibur di Yogyakarta dan ingin menikmati nuansa alam pedesaan maka tempat yang menjadi tujuan Anda adalah Desa Wisata Alam Candi Abang. Karena tempat tersebut adalah pilihan yang tepat bagi Anda dengan keindahan desa di atas bukit yang menjadi daya tarik bagi Anda.

Pemandangan di atas bukit mengigatkan Anda betapa indahnya alam semesta ini dengan nuansa pedesaan yang begitu sejuk dan membuat hati kita tenang dan lupa akan masalh yang sedang kita hadapi. Dengan begitu pikiran kita akan refresh kembali untuk memulai semngat yang baru. Bukankah begitu tujuan kita berwisata untuk menyegarkan otak karena pikiran yang penuh untuk menghindari stress.

Tidak hanya keindahan nuansa alam pedesaan yang dapat kita nikmati di tempat wisata tersebut, akan tetapi kita juga dapat belajar dengan mengenal sejarah-sejarah Candi Abang yang menurut sejarah adalah peninggalan umat Hindu. Dan bukan hanya Candi Abang yang merupakan sejarah peninggalannya akan tetapi ada beberapa tempat lagi yang menjadi tujuan wisata yang merupakan tujuan wisata seperti Goa Sentana/Sentono, Goa Jepang, dan juga Gunung Suru. Dari tempat-tempat peninggal bersejarah tersebut banyak bermunculan pendapat-pendapat masyarakat yang berupa mitos dengan mennyebut tempat tessebut adalah istana tuyul. Dan itu akan menjadi daya tarik tersendi untuk rasa penasaran bagi para wisatawan.

Jika tertarik untuk mengunjungi desa wisata tersebut Anda akan bisa melihat untuk lebih dekat Candi Abang yang berlokasi di Dusun Sentonorejo atau untuk lebih jelas silahkan di google google maps.

Bukit Candi Abang ini sering disebut dengan Bukit Teletubies karena bukitnya mirip seperti gundukan bukit kecil sehingga tampak seperti bukit teletubies. Nama Candi Abang di sebut karena terbuat dari batu bara (arti dalam bahasa jawa), candi ini memiliki berbentuk seperti piramida.

Setelah mengunjugi Candi Abang Anda juga dapat melanjutkan perjalanan untuk menutupi rasa penasaran Anda tentang Goa Jepang Jogotirto. Menurut beberapa sumber yang dikumpulkan Goa Jepang Jogotirto ini dibangun sejak sebelum tahun kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun 1945. Sedangkan untuk fungsi goa tersebut masih belum ada yang mengetahui apa fungsi sebenarnya goa tersebut kare na minimnya sumber informasi tentang goa tersebut.

goa jepang berbah

foto by jogjapetualang.com

Kemudian juga Anda bisa mengunjungi Goa Sentono yang letaknya tidak begitu jauh dari kedua lokasi tersebut di atas. Goa Sentono ini adalah goa buatan yang berfungsi sebagai tempat pertapaan atau semedi bagi umat Hindu pada jamannya.

goa sentono

foto by nasirullahsitam.com

Semoga Ada tertarik untuk mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut di atas. Selamat berlibur dan selamat berwisata.