Arsip Tag: Wisata Goa

Goa Selarong Bagian Kisah Perjuangan Diponegoro

Goa Selarong Bagian Kisah Perjuangan Diponegoro
10 (100%) 1 vote

Goa Selarong Bantul YGY

Goa Selarong Bantul

Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia, pada saat itu Pangeran Diponegoro merupakan musuh yang sangat ditakuti oleh penjajah Belanda karena strategi perangnya. Goa Selarong menjadi bagian dari kisah perjuangan Diponegoro karena dari tempat tersebut Pangeran Diponegoro meyusun taktik berperang yang mematikan bagi lawanya.

Kompleks Goa Selarong menjadi basis perjuangan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro adalah keturunan dari Raja Mataram yang mengobarkan perang melawan penjajah Belanda pada tahun 1825 hingga 1830. Rangkaian goa ini berada di bagian selatan Kota Yogyakarta tepatnya di kecamatan Pajangan Bantul.

Untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus melewati puluhan anak tangga sejauh 400 meter. Ada banyak goa disini, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda salah satunya Goa Kakung yang dijadikan sebagai tempat mengatur strategi perang.

Goa Selarong

Goa Selarong Bantul

Di goa yang berukuran sempit inilah Pangeran Diponegoro dulunya bersembunyi dari kejaran penjajah Belanda setelah rumahnya dibakar habis. Orang jawa menyebut goa ini dengan sebutan Goa Buntet karena bentuknya yang buntu dan tidak berlubang. Disamping Goa Kakung ada juga salah satu goa yang di kunci dan tidak boleh dimasuki oleh pengujung, goa ini diberi nama Goa Putri.

Walaupun semua goa disini buntu namun Pangeran Diponegoro berhasil bersembunyi dengan baik dari kejaran pasukan Belanda. Tak heran lagi jika kemudian jenderal Belanda saat itu harus memancingnya untuk keluar. DAn akhirnya Pangeran Diponegoro di ajak berunding di Magelang sekitar tahun 1830, namun nyatanya dia ditangkap dan di asingkan ke Makassar, Sulawesi Selatan hingga akhir hayatnya pada tahun 1855.

Goa Selarong Bantul

Goa Selarong Bantul

Goa Selarong kini ramai di kunjungi wisatawan karena mereka tertarik dengan tempat yang menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pemerintah setempat juga sengaja mempopulerkan Goa Selarong tesebut untuk mengingatkan pada masyarakat tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.

Selain menawarkan wisata sejarah tempat ini juga mendirikan berbagai permainan untuk anak yang tersedia disekitar goa tersebut. Untuk mengunjungi komplek Goa Selarong para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4000 saja.

Jika tertarik untuk mengunjungi Lokasi wisata tersebut Anda disni kami menyediakan petunjuk arah dengan menggunakan google maps untuk membantu Anda mempermudah menuju lokasi tersebut. Silahkan klik link lokasi di bawah ini:

Lonk Lokasi Google Maps

Instagram :

Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme

Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme
9.3 (93.33%) 3 votes

goa cerme bantul

Membahas tentang wisata, Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya, namun kebanyakan orang jika ditanya tentang salah satu wisata di Jogja pasti akan menjawab Malioboro, Keraton, Pantai dan wisata yang terkenal lainnya. Padahal terdapat ratusan destinasi wisata di Jogja, tak melulu harus ikutan mainstrem ke wisata yang itu-itu aja kan?

Terkadang tiap-tiap tempat wisata juga memiliki sejarah yang bisa menjadi salah satu daya tarik, untuk itu biasanya tempat wisata yang memiliki sejarah terdapat juga jasa seorang pemandu yang bertugas menjelaskan kejadian masa lalu yang terkait dengan wisata yang sedang kamu kunjungi.

Baca juga: Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta

stalaktit dan stalakmit goa

Contohnya wisata yang sangat kental sejarah di Jogja adalah Benteng Vredeburg, benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan lokasinya sangat dekat dengan Titik Nol atau (nol kilometer di Jogja). Namun karna benteng tersebut sudah terlelu mainstrem, kali ini tim Eksotis Jogja akan memberikan ulasan tentang wisata yang cukup keren dan belum terlalu ramai dikunjungi, namun memiliki sejarah yang sangat menarik.

Yaitu Goa Cerme, terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa cerme cukup terkenal akan sejarahnya, karna goa ini dulunya menjadi tempat bertemunya para Wali Songo untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak, selain itu goa ini juga dulu sering menjadi tempat berdakwah para Wali.

Selain dari sisi sejarah ternyata Goa Cerme memang memiliki keindahan yang menarik stalaktit dan satlakmitnya. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km sangat menantang bagi kamu yang suka memacu adrenalin di tempat sempit dan lembab.

Baca juga: Wisata Asik Di Kampung Edukasi Watu Lumbung

sungai bawah tanah

Disini juga terdapat sungai bawah tanah yang jernih, pengunjung dianjurkan tidak masuk terlalu dalam ke perut goa pada saat musim hujan dan ketinggian air meningkat. Sebaiknya datang ke Goa Cerme pada musim kemarau atau di peralihan musim.

Ada satu lagi yang menjadi daya tarik goa ini, yaitu aura Mistisnya. Goa ini sering dijadikan tempat semedi atau pertapaan bagi sebagian orang yang percaya dengan dunia Mistis, dan pada malam-malam tertentu goa ini ramai dikunjungi orang-orang bahkan yang dari luar Jogja.

Biaya masuk/retribusi Goa Cerme hanya sebesar Rp.2000, dan parkir sepeda motor Rp.3000. Buat yang ingin menyusuri perut goa maka diwajibkan untuk menyewa pemandu sebesar Rp.50.000, satu pemandu bisa membawa lima orang lebih sekali jalan. lalu jangan lupa untuk menyewa Headlamp bagi yang tak bawa senter atau penerang sebesar Rp.5000, di dalam goa memang benar-benar gelam maka diwajibkan satu orang satu lampu penerang.

Rute atau jalan

Kota Jogja – menuju terminal Giwangan – lurus saja ke arah selatan jl. Imogiri Timur – mentok di pertigaan ikuti papan penunjuk arah ke kanan – ikuti saja terus petunjuka arah yang ada sampai melewati jembatan – setelah jembatan ada pertigaan ambil kanan – dari sini jalanan mulai menanjak dan sempit, berhati-hati – sampai lokasi

Intagram

 

Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta

Eksotisme Goa Gajah Mangunan, Yogyakarta
10 (100%) 3 votes

Goa Gajah yogyakarta

Goa Gajah Mangunan

Eksotisjogja.com : Goa Gajah merupakan sebuah goa alami yang di dalamnya terdapat sebuah gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah sehingga goa ini diberi nama Goa Gajah. Goa tersebut merupakan goa horisontal yang memilki kedalaman sekitar 200 meter, akan tetapi untuk kedalaman yang sebenarnya belum ada yang tahu dikarenakan adanya tumpukan tanah di sebagian goa sehingga jalan juga menjadi sempit untuk dilewati sampai menembus goa. Karena kondisi alam goa ini juga masih terbilang cukup alami dengan adanya stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa tersebut.

Apabila Anda masuk untuk menelusuri kedalam goa nanti Anda akan menjumpai sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga ke luar goa, pohon besar ini berada tepat di ujung goa (pintu keluar goa) sehingga menyerupai hutan mini di dalam goa. Keberadaan pohon dan semak-semak di dalam goa dikarenakan ambrolnya atap goa sehingga tanah dan tanaman diatasnya masuk ke dalam goa dan tetap hidup hingga sekarang.

Goa Gajah Mangunan bantul

Goa Gajah Mangunan

Wisatawan yang berkunjung perlu untuk berhati-hati karena lantai goa tersebut sangat licin terutama pada saat musim hujan. Ditambah lagi dengan kondisinya ruangan yang gelap, dan disarankan kepada pengunjung untuk mempersiapkan senter jika ingin masuk dan menjelajahi goa ini. Para wisatawan dapat menjelajahi seluruh bagian dalam goa ini hingga sampai ke pintu keluar yang terletak di lokasi berlawanan.

Uniknya, meskipun pintu masuk goa berbentuk horisontal, pintu keluarnya memiliki bentuk yang berbeda dengan pintu masuk, yakni berbentuk vertikal dengan adanya sebuah pohon besar yang tumbuh dari dasar goa dan menjulang hingga ke luar goa. Untuk keluar dari goa tersebut wisatawan dapat menggunakan anak tangga kayu yang sudah tersedia sebagai alat bantu untuk naik.

Goa Gajah Mangunan jogja

Goa Gajah Mangunan

Selain goa gajah juga terdapat goa-goa kecil lainya disekitaran wilayah tersebut, seperti goa longan, goa wonolagi, goa menek, goa jamiromo, goa vertikal, dan goa kembang. Anda juga bisa melepas lelah di sebelah goa tersebut, karena disana terdapat sebuah gardu dengan pemandang dan panorama alam yang bagus di temani hempasan angin dan udaranya yang sejuk.

Lokasi tepatnya berada di pedesaan kawasan pegunungan, desa Lemahbang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor. Goa ini dapat diakses dari dua arah, pertama melalui jalur Imogiri-Dlingo. Yang ke dua jalur Pathuk-Dlingo-Mangunan.

Link Lokasi Google Maps 

Instagram :

 

Berwisata Sejarah ke Goa Sriti Kulon Progo

Berwisata Sejarah ke Goa Sriti Kulon Progo
10 (100%) 1 vote

 

patung

Goa Sriti adalah salah satu wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo Kecamatan Samigaluh, jika di perhatikan keindahan Goa Sriti memang tak ada yang istimewa  di banding dengan dengan goa-goa lain yang ada di Yogyakarta, namun yang menjadi fokus dan rujuan utama kami untuk mengunjungi tempat ini karena Goa Sriti adalah salah satu wisata sejarah yang dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponogoro.

Yaa, Pangeran Diponogoro pernah manjadikan tempat ini sebagai lokasi taktik grilya dan persembunyiannya melawan penjajahan kolonial Belanda, pada tahun 1825-1930 Pangeran Diponegoro memimpin perlawanan Belanda yang kemudian dikenal dengan nama Perang Diponegoro.

pintu masuk

Pepecahan perang ini bermula ketika pihak Belanda memasang patok di tanah milik Dipanegara di Tegalrejo secara sepihak atau seenaknya saja. Karna itu Pangeran Diponogoro merasa muak dengan Kelakuan Belanda yang serakah dan merebut segalanya yang mereka inginkan. Beliau dengan di dukung rakyat sekitar dan beberapa orang Keraton Yogyakarta akhirnya melakukan perlawanan kepada pihak Belanda.

Tak hanya sebagai tempat persembunyian, ternyata Goa Sriti juga menjadi saksi bisu dilantiknya Pangeran Diponogoro menjadi Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau sering disingkat dengan nama (Abdul Hamid).

Seperti goa lain pada umunya, di Goa Sriti terdapat stalatit dan stalakmit yang menghiasi dinding goa, tercium bau lumut yang basah dan lembab. Jika kamu mengunjungi goa ini maka wajib menggunakan jasa pemandu atau juru kunci yang akan memberikan arahan dan menceritakan segala seluk beluk yang ada di Goa Sriti ini.

foto by jogjalan

Wisata Goa Sriti terbilang masih jarang pengunjung, hal ini wajar karna kebanyakan para wisatawan jaman sekarang hanya tertarik dengan wisata yang unik, menarik dengan berbagai macam wahana. Boleh dikatakan wisata Goa Sriti memang terbilang khusus bagi orang yang cinta akan sejarah.

Jarak Goa Sriti kurang lebih 30 KM dari Kota Yogyakarta, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor. Dan rute untuk menuju terbilang mudah. Dari arah tugu pal putih Jogja menuju ke arah barat sampai Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di Dekso, lanjut sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju Samigaluh. Ikuti aspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Masyarakat sekitar lokasi wisata Goa Sriti pada umumnya berprofesi sebagai petani atau pedagang warung kecil-kecilan, sebenarnya potensi wisata di lokasi ini masih bisa digali lagi melihat keindahan panorama disekitar goa juga sangat indah, bisa saja dikombinasikan dengan wisata out door atau bisa dimasukan manjadi salah satu tujuan dari paket wisata sejarah di Jogja.

Namun yang lebih penting dalam hal ini adalah peran pemerintah daerah yang bisa mempromosikan wisata di daerahnya dan harus jeli melihat daerahnya yang kaya akan potensi wisata kemudian membangun warganya agar sadar pariwisata dan keuntungan yang diperoleh.

Rute atau Jalan

Tugu pal putih Jogja menuju ke arah barat sampai Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di Dekso, lanjut sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju Samigaluh. Ikuti aspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Instagram

goa rancang kencono

Menjelajahi Eksotisme Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Menjelajahi Eksotisme Goa Rancang Kencono Gunungkidul
10 (100%) 4 votes

goa rancang kencono

paketwisatajogja.net

Gua rancang Kencono merupakan salah satu goa yang memiliki keunikan tepatnya terletak terdapat di Gunungkidul .Goa unik yang ditemukan di kawasan pegunungan bebatuan karst Gunungkidul sangat menarik untuk dikunjungi karena banyak memiliki keistimewaan yang tidak terdapat di tempat lain.

Keberadaan goa ini masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan karena banyak dugaan dan pendapat bahwa Goa Rancang Kencono pernah di jamak oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu bahkan bisa jadi ribuan tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan keberadaan Situs Bleberan yaitu sebagai tempat penyimpanan benda-benda yang merupakan peninggalan pada zaman Megalitikum yang lokasi penyimpanan tidak telalu jauh dari goa tersebut.

Pada Daerah ini banyak goa-goa yang tersembunyi didalam perut bumi  pastinya banyak menawarkan panorama yang luar biasa dan dapat memanjakan mata memandangnya.Untuk memasuki Area ruangan Goa Rancang Kencono cukup menuruni beberapa anak tangga yang terbuat dari susunan batu. Sebatang pohon klumpit yang tingginya sudah melampaui atap gua menyambut dengan gagah inilah yang memberikan kesan eksotisme.

Baca Juga: Menikmati Pancaran Sinar Indah Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono

Pada Goa Rancang Kencono mempunyai Keunikan dan keistimewaan yaitu berupa ruangan lapang seluas kurang lebih 20m x 20m yang berketinggian 12 meter yang sering digunakan untuk acara – acara sarasehan, camping dan lain-lain, dan tepat pada tengah goa terdapat sebuah pohon besar.

Ruangan tersebut tidak terlalu gelap gulita karena masih ada sinar matahari yang memasuki ketempat ini. Goa Rancang Kencono ini tidak banyak mempunyai ornamen pada dindingnya dan pada atapnya, hanya beberapa bebatuan stalagtit yang menggantung di langit goa ini yang menjadikan goa ini justru memudahakan pengunjung untuk melakukan aktivitas pada tempat ini.

Di sebelah ruangan yang cukup luas terdapat sebuah ruang kecil dan cukup sempit serta gelap gulita. Untuk memasuki ruang ini kita harus merunduk melalui celah kecil dan sempit yang menyulitkan. Di dalam ruang tersebut kita bisa melihat sebuah lukisan bendera merah putih serta kata-kata yang mempunyai maksud penyemangat yang ditujukan kepada para pejuang kemerdekaan jaman dahulu.

Baca Juga: Serunya Menjelajahi Objek Wisata Goa Pindul

Lokasi Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono merupakan sebuah goa vertikal yang berada di daerah pegunungan kapur Gunungkidul tepatnya di pedukuhan Menggoran II,Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861, Indonesia. untuk mempermudahkan pengunjung, kami telah melengkapi google maps dengan cara klik  [Goa Rancang Kencono]

Goa Rancang Kencono di Instagram

Goa Jepang Kaliurang, Menilik Sejarah Perlawanan Masyarakat Jogja

Goa Jepang Kaliurang, Menilik Sejarah Perlawanan Masyarakat Jogja
10 (100%) 2 votes

goa-jepang_0601

Goa Jepang yang terletak di lereng Gunung Merapi kawasan wisata kaliurang ini adalah salah satu goa buatan peninggalan pada masa penjajahan Jepang. Goa Jepang ini terlihat sangat eksotis yang dibangun sekitar tahun 1942-1945 yang memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan oleh para tentara Jepang dari sekutu pada masa itu. Disana juga Anda dapat melihat kawanan moyet di habitat alaminya.

Untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu melalui jalan setapak di badan bukit. Goa yang terletak tepatnya di bukit Plawangan ini membuat wisatawan untuk berpetualang menyusuri 25 goa yang terdapat di tempat tersebut. Goa-goa tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga tidak begitu sulit untuk menelusurinya. Dan goa-goa ini memang tidak dilengkapi dengan lampu penerangan akan tetapi para pengunjung tidak perlu khawati karena pada saat ingin masuk kedalam goa, pemandu sudah besiap untuk menyambut para wisatawan. Pemandu tersebut nanti yang akan menjelaskan tentang sejarah goa-goa tersebut, sehingga Anda akan lebih paham dan mengerti tetang sejarahnya. Jadi, Anda tidak akan kecewa saat berkunjung ke tempat wisata tersebut karena selain menikmati tempat wisatanya Anda juga mendapat ilmu pengetahuan tentang sejarah goa jepang tersebut.

Selain wisatawan dapat menyusuri semua goa-goa tersebut wisatawan juga dapat melanjukan perjalanan untuk menempuh Puncak Bukit Plawangan, karena di atas Puncak Plawangan ini wisatawan dapat melihat betapa gagahnya Gunung Merapi yang dapat mengurangi rasa lelah Anda setelah sampai di puncak.

goa

Jadi, jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini dan ingin menempuh Puncak Bukit Plawangan Anda harus menyiapkan stamina yang fit untuk melakukan pendakian. Karena trekking pendakiannya cukup sulit apalagi pada saat musim hujan harus lebih hati-hati jalannya licin dan butuh fisik dan stamina yang kuat. Jangan lupa juga bawa payung pada saat musim hujan agar Anda tidak basah kuyup.

Selain Goa Jepang masih ada lagi tempat wisata lainnya yang terdapat wisata alam Nirmolo Kaliurang yang beradi di bawah pengelaolahan Taman Nasional Gunung Merapi.

Menyusuri Keindahan Goa Kiskendo Kulon Progo

Menyusuri Keindahan Goa Kiskendo Kulon Progo
10 (100%) 4 votes

Goa Kiskendo, tentu nama ini masih asing terdengar bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja, apalagi bagi orang yang baru pertama kali datang dan baru mengenal kota eksotis ini. Saya sendiri sudah hampir empat tahun menetap di Jogja namun baru kali ini berkesempatan untuk meliput goa ini.

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo tak kurang sekitar 38 km dari kota Jogja, jika kalian berkunjung ke goa ini dari Jogja menuju arah barat atau lebih mudah melewati jalan Godean sampai bukit menoreh, kemudian ambil arah ke purworejo, Posisi Goa tepat berada di kiri atau arah selatan jalan jalur Godean-Menoreh-Kaligesing-Purworejo.

Di sepanjang perjalanan menuju goa ini kamu akan disuguhkan keindahan alam dan persawahan yang indah lalu setelah itu melewati perbukitan menoreh kamu akan merasakan kesejukan rimbun pohon yang menutupi jalanan aspal. Dan, setibanya di lokasi kamu akan diberikan tiket masuk, ternyata harganya tak semahal yang saya bayangkan jika membandingkan dengan harga-harga tiket masuk wisata jogja lainnya. kamu cukup membayar Rp.3000/orang namun belum dengan jasa guidenya lho, tapi ya skali lagi ini terhitung murah banget. hehe

Seperti kebanyakan goa-goa pada umumnya, goa Kiskendo tak jauh berbeda, namun yang membuatnya sangat istimewa menurut saya adalah karena terdapat legenda atau kisah tentang tokoh pewayangan yang terpahat pada tembok batu di dekat mulut goa.

relief-goa-kiskendo

relief

Relief ini bercerita tentang tokoh-tokoh pewayangan dan pertempuran hebat antara Masosuro-lembusuro melawan Sugriwo-Subali, tentunya dengan adanya relief ini kita sudah dapat membayangkan sedikit tentang mitos atau cerita yang terdapat di goa ini, goa Kiskendo memang di anggap sakral oleh masyarakat sekitar, karena terdapat banyak bekas petilasan atau pertapaan.

Tak kurang ada sembilan bekas pertapaan di dalam goa ini yaitu Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang, semua pertapaan ini dianggap keramat. Untuk memasuki goa ini saja kita harus ijin terlebih dahulu kepada juru kunci dan di pandu oleh guide lokal yang berpengalaman dan tau tentang seluk beluk tiap sudut goa kiskendo ini.

Memasuki goa kita akan disambut oleh stalaktif dan stalakmit yang menghiasi dinding-dindingnya, panjang goa ini adalah 600 meter lebih dari mulut goa, rutenya bercabang-cabang dan hampir kebanyakan tempat didalam goa masih gelap gulita tanpa penerangan, sepanjang perjalanan menyusuri goa sang pemandu akan bercerita dan menjelaskan tentang sejarah, legenda dan keadaan geologis tentang goa  Kiskendo ini.

Seperti kita sedang diajak tour melewati terowongan yang tiada ujungnya, kita akan dibawa pemandu ke tempat-tempat yang seru di dalam perut bumi. Dan setelah puas menikmati keindahan yang tawarkan goa Kiskendo saya akhirnya bisa bernafas lega menghirup udara dan merasakan terpaan sinar matahari kembali.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang akan berwisata. Jika kamu masih bingung rute menuju ke arah goa Kiskendo, kamu bisa mengikuti map ini..

Maps

Goa Jomblang

Menikmati Pancaran Sinar Indah Goa Jomblang Gunungkidul

Menikmati Pancaran Sinar Indah Goa Jomblang Gunungkidul
6.7 (66.67%) 3 votes

Goa Jomblang

@rendy.sunardi

Goa Jomblang merupakan salah satu Goa yang sangat terkenal di Gunungkidul. Goa ini bisa di bilang Goa yang unik dan juga salah satu wisata petualangan di Gunungkidul  yang sangat digemari oleh banyak wisatawan. Wisata yang menantang dan membuat banyak orang penasaran untuk menikmati sebuah cahaya surga nan indah.

Goa yang berlokasi di Desa Pacarejo, Semanu,Gunung Kidul, Yogyakarta banyak di buru oleh wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar indonesia. Dengan membayar yakni 450.000 perorang sudah bisa menikmati indahnya pancaran sinar surga di Gua Jomblang ini. Goa Jomblang biasa ditempuh dari kota yogyakarta dengan waktu 1 jam perjalanan atau sekitar 50 km ke arah tenggara kota. Wisata di sini umumnya berbentuk tour travel, jadi semuanya jadi lebih mudah.

Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertikal yang pada dasarnya memiliki hutan purba rapat . Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai pesona alam yang sangat eksotis dan menarik, terutama bagi Anda yang menyukai petualangan atau tantangan. Wisata Goa Jomblang mampu menantang  Anda dalam berpengalaman wisata yang pastinya memacu keras adrenalin.

Untuk menuju ke dasar goa jomblang ini kita terlebih dahulu harus menuruni tebing dengan menggunakan teknik SRT atau biasa disebut (single rope technic). Untuk memasuki dasar goa, kita harus menggunakan peralatan keamanan yang sudah di sediakan oleh pemandu, yakni seperti sepatu bot, helm, lampu dan peralatan SRT.

goa-jomblang-gunungkidul-jogja-1 brobali

Goa Jomblang (pict : adriansamiro)

Dilihat dari atas goas saja, Gua Jomblang ini sudah sangat eksotis dan menarik. Membuat kita tergoda untuk segera masuk kedalamnya. Untuk mencapai dasar goa memang membutuhkan sedikit nyali dan pengorbanan, tetapi pengerobanan  tersebut akan terbayar lunas kerena pemandangan luar biasa yang disuguhkan.

Saat melakukan proses penurunan ke dasar goa, kita akan melihat sebuah tebing dan juga melihat pemandangan alam berupa lebatnya pepohonan dan tanaman-tanaman yang tumbuh di sisi tebing.

Perlu diketahui, di dasar goa jomblang ini di tumbuhi oleh pohon-pohon yang tumbuh rimbun dan lebat, kemudian di dinding-dinding kapurnya diselimuti oleh tanaman perdu dan ada sebuah lorong yang menghubungkan dengan goa vertikal lainnya yaitu  pada Goa Grubug.

Petualangan untuk menikmati keindahan ini tidak berhenti sampai di sini saja, karena untuk selanjutnya Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Luweng Grubug kita memasuki sebuah mulut goa yang berukuran sangat besar. Pada Lorong antara Jomblang dan Grubug ini dihubungkan  sepanjang 300 meter.

Semakin jauh kita melangkah ke dalam goa, maka cahaya pun akan semakin menghilang, tetapi kita bisa menikmati berbagai ornamen cantik yang menghiasi lorong ini dengan senter dan penerangan yang di bawa oleh pemandu perjalanan.

Ketika kita mulai mendengar sebuah suara gemercikan air, maka dapat dipastikan sudah hampir sampai di tempat tujuan akhir. Luweng Grubug ini merupakan sebuah lubang besar di dalam goa yang memiliki keindahan tersendiri yaitu ketika cahaya sinar matahari menerobos masuk ke dalam mulut Gua, Cahaya ini masuk ke dalam goa bisanya ketika pukul 12 siang.

Fenomena unik dan eksotis ini  membentuk satu tiang cahaya dan menyinari flowstone dengan sangat indah. Luar biasa dan menajubkan, mungkin itu kata yang bisa kita sematkan untuk Goa Jomblang ini, sebuah karya alami dari sang Maha Pencipta semesta alam.

Biaya:

Untuk harga tiket caving Jomblang yakni Rp 450.000,-/orang dengan fasilitas : Peralatan SRT satu set, makan siang, asuransi IAG dan guide,dan Transportasi.

Waktu:

Waktu yang tepat untuk caving  di Goa Jomblang adalah pukul 10.00-12.00 karena matahari di posisi vertical.

Lokasi:

berlokasi di Desa Pacarejo, Semanu,Gunung Kidul, Yogyakarta

Serunya Berpetualang di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul, Yogyakarta

Serunya Berpetualang di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul, Yogyakarta
10 (100%) 2 votes

goa kalisuci

@erlanov

Bicara soal Gunungkidul, tidak ada habis-habisnya mengenai wisata alamnya, mulai dengan pantainya yang berpasir putih nan indah, air terjunnya yang mempesona dan masih banyak lagi yang perlu kalian explore saat berkunjung di Gunungkidul. Kali ini EJ akan membahas wisata air sekaligus goa yang bernama Goa Kalisuci.

Goa Kalisuci merupakan sebuah wisata goa karst yang memiliki sungai terletak di bawah tanah dan saat ini dijadikan sebagai sebuah objek wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Goa Kalisuci atau Cave Tubing Kalisuci terletak sekitar 10 kilomater dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari  Kota Yogyakarta, memakan waktu sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta tepatnya di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Disebut Kalisuci yaitu karena di Kalisuci terdapat sumber mata air yang sangat bersih terletak disebelah atas aliran sungai. Air yang menetes dari atas sungai ini airnya sangat jernih dan akan tetap jernih meskipun air di sungai keruh karena ketika musim hujan.

Belize-Cave-Tubing

Sumber mata air di atas sungai ini dulunya adalah sebuah sumber mata air yang di jadikan sabagai sumber air bersih oleh masyarakat sekitar yang di gunakan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi untuk sehari-hari, baik di manfaatkan untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain. Tanpa perlu dimasak, air yang keluar dari sumber air Kalisuci bisa langsung di konsumsi tanpa perlu takut akan terjangkit penyakit, karena sumber air ini belum tercemar oleh limbah apapun.

Menurut cerita dari warga atau sesepuh di sekitar goa Kali suci, sumber mata air Kalisuci ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa  penyakit walaupun belum pernah diuji kebenaran cerita tersebut, Mungkin karena ke alamian serta belum terkontaminasi oleh zat berbahaya, bisa jadi Air yang keluar dari Atas sungai ini dapat menyembuhkan penyakit.

Tidak hanya saja  memiliki mata air di Kalisuci yang masih menjadi misteri, Namun di Goa Kalisuci ini memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya serta memiliki udara yang segar. Kita bisa menghilangkan serta merefresh beban fikirian yang melekat karena rutinitas sehari-hari dan di sini juga  kita dapat menghilangkan kepenatan badab setelah sepekan bergelut dengan pekerjaan.

Cave Tubing di Goa Kalisuci, DIY 1

lookjogja.blogspot.com

Kita dapat menikmati sensasi menjelajahi sungai secara langsung turun ke sungainya, dengan menggunakan pelampung dan keamanan yang terjamin serta kita akan di pandu oleh guide lokal goa kalisuci serta arus jeram pada Kalisuci ini cukup aman bahkan bagi penjelajah pemula.

Bagi penjelajah yang biasanya menyusuri sungai umumnya di sungai yang terang dan mudah dalam pencahayaannya karena diterangi sinar matahari, maka saat kita menyusuri Kalisuci ini kita perlu menggunakan atau membawa senter yang akan menerangi penjelajahan di sini karena kita akan melalui jalur yang berupa lorong-lorong yang gelap.

Bila Anda seorang phobia pada ruang yang gelap dan bahkan sempit maka sebaiknya tidak perlu untu memaksakan diri mencoba melakukan cave tubing di kalisuci ini. Dengan menikmati pemandangan dari luar sudah cukup puas, Anda bisa bermain-main dan menyusuri jalur sungai diatas pun sama menariknya dan asiknya dengan melakukan cave tubing.

elain mejelajahi aliran sungai kalisuci, dari atas kita juga bisa melihat tebing-tebing yang terdiri dari batu kapur yang begitu indah ditambah air yang jernih begitu menyegarkan .Pemandangan indah dalam sebuah goa yang biasanya cuma bisa kita lihat di Discovery Channel atau dari majalah-majalah, bisa langsung dinikmati di Kalisuci.

Keindahan stalagtit dan stalagmit serta suara cericit kelelawar yang bergelantungan di atas langit-langit goa menambah suasana berasa semakin menakjubkan dan mencengangkan.

Informasi: Wisata Cave tubing Kalisuci akan ditutup saat curah hujan tinggi untuk memastika di bukanya wisata ini sebaiknya sebelum berkunjung untuk menghubungi pengelola. Contact person: Winarto (0877 3879 4513), Kendro (0878 3974 0730), Yanto (081 7412 2826).

15 Wisata Sekitar Goa Pindul Gunungkidul yang Lagi Hits

15 Wisata Sekitar Goa Pindul Gunungkidul yang Lagi Hits
10 (100%) 2 votes

Goa-Pindul-Jogja

infojalanjalan.com

Goa Pindul Gunungkidul, yeah siapa si yang tidak tau goa pindul? Mungkin sebagian besar orang sudah pernah dengar tentang keindahan di Goa Pindul,  Goa Pindul adalah sebuah objek wisata susur goa alam yang terletak di kawasan desa wisata Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul ini sudah mendunia. Letak goa pindul ini tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, hanya kurang lebih 60 km atau perlu melakukan perjalanan selama 1 jam.

Goa pindul jogja ini sudah di kenal hingga penjuru dunia, mengapa tidak, jika pada musim liburan, objek wisata yang terlatak di desa Bejiharjo pasti selalu ramai di serbu oleh para pengunjung dari dalam ataupun luar kota yogyakarta.

Saat menyusuri Goa pindul ini Anda juga tidak perlu khawatir , karena di tempat ini bisa di bilang aman untuk segala usia namun tidak di sarankan untuk anak usia di bawah 6 tahun, untuk anak-anak usia lebih dari 6 tahun hingga Usia lanjut sekalipun bisa mencoba menyusurinya, karena air yang mengaliri di Goa Pindul ini berasal dari mata air yang mengalir pelan meskipun musim hujan, jadi tak perlu khawatir terjadinya banjir bandang.

Goa Pindul ini memiliki panjang susur sekitar 350 m, mempunyai lebar hingga 5 m, dengan jarak permukaan air dengan atap goa hingga 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa Pindul ini memiliki 3 zona di dalam goa, yaitu zona terang , zona remang-remang, dan zona gelap gulita. waktu untuk menyusuri goa ini sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Goa Pindul Jogja

dimaselvi.blogspot.com

Zona Yang Pertama (Zona Terang)

Zona yang pertama yaitu zona terang ini Anda akan melihat beberapa jenis stalaktit (batu yang muncul dan membesar dari atas kebawah) dan juga batu pilar (pertemuan dari batu stalaktit dan batu stalakmit (batu yang tumbuh dari bawah ke atas). Anda juga akan melihat sumur terbalik dan sarang burung walet dan masih banyak lagi di zona pertama ini.

Zona Yang Kedua (Zona Remang)

Zona kedua adalah zona remang, Pada zona ini Anda masih bisa melihat dinding goa tanpa senter, di zona ini akan menjumpai stalaktit yang letaknya bergelantungan menghiasi dindin-dinding goa. Ini adalah zona yang paling disukai oleh pengunjung. Tempat ini umumnya merupakan tempat yang bagus untuk mengabadikan momen yaitu berfoto diantara stalaktit dan melihat batu kristal pertama seperti yang ditunjukan pemandu dibawah ini.

Zona Yang Ketiga (Zona Gelap)

Zona kertiga yaitu zona gelap gulita,disebut zona gelap abadi sebab di zona atau lorong pada goa tidak pernah terkena oleh pancaran sinar matahari secara langsung atau pantulan cahaya dari dinding-dinding disekitarnya. Pada zona ini perlu media penerangan yang hanya diterangi dengan senter yang di bawa oleh pemandu saja.

Jika anda tidak menginginkan untuk pemandu mematikan senternya, anda juga bisa berfoto-foto disini namun harus menghidupkan flash kamera agar terlihat hasil fotonya. di Zona gelap ini juga terdapat batu stalaktit terbesar kedua yang menghiasi  dinding Goa. Anda boleh berfose bebas serta juga di perkenankan memegang batu tersebut dibagian yang kering.

Fasilitas dan Tiket

Fasilitas sudah sangat lengkap dan tiket masuk 35rb – 40rb tergantung musimnya

Foto On Instagram