Arsip Tag: Wisata kuliner Jogja

20 Makanan Khas Jogja yang Lezat dan legendaris

20 Makanan Khas Jogja yang Lezat dan legendaris
9 (90.12%) 85 votes

Mengunjungi suatu tempat belum lengkap rasanya jika belum menyempatkan mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi. Di yogyakarta yang memiliki panorama Alam pantai yang sangat indah dan berpasir putih. Namun Kulinernya juga sangat enak dan perlu Anda cobain.

Berikut 20 Makanan Khas Jogja yang Lezat dan legendaris:

1. Gudeg

Photo by beritainfo.web.id

Photo by beritainfo.web.id

Gudeng memiliki tiga jenis yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Nah, bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh buat orang yang anda cintai, anda bisa membeli Gudeg Kering, karena gudeg kering bisa bertahan lama. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini anda tidak perlu bingung, karena cabang penjual Gudeg di Jogja ini sangatlah banyak.

2. Krecek

Photo by http://resepdanmasakan.com

Photo by http://resepdanmasakan.com

Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Sambal krecek biasanya disajikan dengan gudeg yang memiliki rasa yang manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika dipadukan dengan sambal krecek. Sambal krecek sendiri memiliki rasa yang enak yaitu pedas dan gurih.

3. Bakpia Pathuk

Photo by tokopedia.net

Photo by tokopedia.net

Bakpia adalah oleh-oleh khas Yogyakarta. Yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit, dan terbuat dari tepung kemudian dipangggang nikmat di mulut. Tekstur kue yang krispi di luar dan lembut di dalam ini akan memanjakan selera anda. Saat ini juga tersedia bakpia dengan isi yang berbeda, seperti durian, cokelat, keju dan masih banyak lagi. Hal ini untuk meyesuaikan dengan selera masing-masing pembeli agar lebih puas dengan rasa yang kalian suka.

4. Yangko

Photo by resepseharihari.com

Photo by resepseharihari.com

Yangko merupakan makanan atau jajanan khas Yogyakarta. Makanan ini dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi. Yangko memiliki bentuk yang khas dan belum berubah sejak pertama kali dibuat, yaitu kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Rasanya manis dan sedikit gurih, karena terdapat taburan tepung khas yang selalu melekat menjadi ciri khas kue Yangko ini.

5. Oseng-Oseng Mercon

Photo by sewamobiljogja.org

Photo by sewamobiljogja.org

Mendengar namanya saja mungkin sudah terbayang kengerian rasa dari kuliner satu ini. Ya benar sekali, kuliner satu ini memang memiliki rasa yang sangat ngeri yakni rasa pedas. Bisa dikatakan oseng mercon ini termasuk ke dalam menu makanan spesial bagi pecinta kuliner pedas.

6. Cilok Gajahan

Photo by Tribunnews.com

Photo by Tribunnews.com

Cilok merupakan jajanan dari tepung tapioka yang berasal dari Jawa Barat. Di dalamnya biasanya terdapat daging cincang yang membuatnya terasa kenyal-kenyal gurih. Saking banyaknya peminat cemilan yang satu ini, cilok bisa ditemukan di kota mana saja. Di setiap daerah, pasti memiliki cilok andalan yang bikin kangen kalau lama-lama absen membelinya. Nama cilok gajahan di populerkan di Jogja

7. Cenil Jogja

Photo by LiburMulu.Com

Photo by LiburMulu.Com

Cenil memang sudah ditakdirkan menjadi makanan khas Pulau Jawa. Karena di beberapa daerah yang ada di pulau tersebut memiliki olahan khas dari tepung ini. Namun, tentunya cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda, baik dari jenis bumbu maupun rasa dan teksturnya. Oleh karena itu, silahkan membandingkan sendiri dengan mencicipi keduanya. Kalau Anda pingin berkuliner saat belibur ke Jogja, Cenil Jogja cocok untuk anda Nikmati.

8. Geplak

Photo by gudeg.net

Photo by gudeg.net

Kue geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Kota Yogyakarta. Kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan makanan yang manis dan enak. Kue geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan tampilan yang begitu warna-warni, sehingga dapat membuat orang penasaran dan tertarik untuk mencicipi makanan ini.

9. Coklat Monggo

Photo by http://katalogkuliner.com

Photo by http://katalogkuliner.com

Coklat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Yogyakarta. Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia mempunyai banyak spot oleh oleh. Seperti bakpia pathuk, Salak pondoh. tetapi ada salah satu spot oleh oleh baru yang ada di Jogja yaitu Coklat Monggo.

10. Bakmi Jogja

Photo by bonvoyagejogja.com

Photo by bonvoyagejogja.com

Bakmi Jawa Yogyakarta atau Mi jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak dengan mengunakan racikan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jadi sebenarnya olahan mi Jawa bukan hanya bakmi godhog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah, akan tetapi mia jawa dapat disajikan menjadi mie goreng yang dimasak dengan racikan bumbu yang hampir sama tetapi tidak menggunakan kuah dan disajikan dalam keadaaan kering.

11. Gatot Gunungkidul

Gatot Gunungkidul
Gatot ini merupakan makanan ringan gunung kidul  yang terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikeringkan sama halnya dengan makanan tiwul. Singkong yang telah dikupas kemudian dibersihkan lalu dijemur bertujuan untuk pengeringan sehingga menjadi gaplek. Namun untuk membuat gatot yang istimewa, gaplek yang digunakan harus yang berkualitas baik.

12. Walang / Belalang Goreng

Belelang goreng gunung kidulBelalang Goreng merupakan sebuah makanan khas Gunungkidul  Jogja yang perlu Anda coba, sebagian orang merasa geli untuk mencoba makanan yang satu ini. Belalang Goreng ini diolah menjadi makanan yang memiliki banyak gizi. Bahkan belalang kayu memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan.

13. Nasi Tiwul

tiwulNasi Tiwul Gunung kidul ini Terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Nasi Tiwul merupakan makanan khas dari Gunung kidul yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul. Makanan yang dahulu sempat di identikan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah ini, Namun sekarang mampu menembus batas gengsi seseorang. Nasi Tiwul bukan lagi sekedar makanan pengganti makanan pokok nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak dicari saat berada di Gunung Kidul.

14. Sego Abang Jirak

_MG_7522d
Sego Abang Jirak adalah makanan khas Gunungkidul yang memiliki gizi yang tinggi dan makanan sehat. Dengan bahan dasar beras merah yang memiliki kadar protein tinggi dibanding dengan beras putih yang dominan dengan kandungan karbohidratnya, Selain itu, beras merah ini dihasilkan dari ladang sawah yang tidak menggunakan pupuk berbahan kimia maupun pembasmi hama pestisida. Oleh karena itu, bagi penggemar masakan organik, sego abang bisa menjadi pilihan utama  dan dapat di sajikan dengan sayur lombok ijo yang istimewa.

15. Sayur Lombok Ijo

ijo
Keistimewaan Sayur Lombok Ijo ini terletak pada cita rasa yang gurih bercampur pedas . Rasa gurih tersebut karena kuah santan yang cukup kental dengan ditambah racikan bumbu berupa tumisan bawang merah,  putih, jahe, kemiri, lengkuas, dan beberapa rempah lainnya. Selain itu, tempe yang digunakan sebagai pelengkap diambil dari tempe  dari kedelai pilihan. Tempe kedelai tersebut dibuat dengan cara tradisional, yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang atau bisa juga menggunakan daun jati pilihan.

16. Bakmi Pentil

Photo by sobondeso.blogspot.com

Photo by sobondeso.blogspot.com

Makanan ini berasal dari daerah Kecamatan Pundong, Bantul, Bahan dasar mie ini ialah pati ketela. Mie pentil ini memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan jenis mie lainnya, bentuk mie ini panjang dan ukurannya agak besar, memiliki 2 warna khas yaitu warna kuning dan putih, dan yang sangat khas dari mie pentil ini ialah rasanya yang kenyal sehingga disebut mie pentil.

17. Peyek Tumpuk

Photo by tokomesinyogyakarta.com

Photo by tokomesinyogyakarta.com

makanan ini dinamakan Peyek Tumpuk karena bentuknya berbeda pada umumnya yang pipih, sedangkan peyek tumpuk ini berbentuk tidak beraturan hampir bulat sehingga kacang tanah menjadi bertumpuk-tumpuk. Dari bentuk inilah makanan ini lebih dikenal dengan sebutan Peyek Tumpuk.

18. Mie Des

Photo by http://santapjogja.com

Photo by http://santapjogja.com

Makanan ini masih saudara dekatnya dari Mie Pentil. Nama Miedes adalah kependekan kata dari bakmi pedes, makanan khas masyarakat Pundong yang terbuat terbuat dari pati ketela. Rasanya lebih kenyal, ukurannya lebih besar dan bentuknya juga berbeda, karena mie ini dibuat dengan cara diiris bukannya digiling seperti bakmi pada umumnya.

19. Kue Adrem

Photo by bantulkab.go.id

Photo by bantulkab.go.id

Makanan unik ini berasal dari Kecamatan Sanden Bantul, kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan sedikit gurih, saat digigit akan terasa legit. Karena bentuknya yang unik, kue ini juga sering disebut kue Tholpit (konth*l kejepit). Makanan ini sangat cocok bila disantap dengan ditemani minuman teh panas maupun kopi yang agak pahit karena rasanya yang manis.

20. Sate Klatak

Photo by http://bakpiakinanthi.com

Photo by http://bakpiakinanthi.com

Menu wajib kuliner bantul yang berada di Jejeran, Plered. Potongan daging Kambing muda yang telah dibumbui garam dibakar diatas arang, dan satu hal yang bikin kuliner satu ini unik yaitu alat tusuknya memakai jeruji sepeda dan disajikan bersama kuah gulai. Julukan klatak sendiri datang dari bunyi “klatak klatak” waktu daging menyentuh arang.

 

Rumah Makan Unik Bong Kopitown Serasa Makan Dalam Penjara

Rumah Makan Unik Bong Kopitown Serasa Makan Dalam Penjara
10 (100%) 4 votes

bong-kopitown

Bong Kopitown

Bong Kopitown sebenarnya cuma ada di Jakarta namun sekarang sudah buka cabang di Jogjakarta. Lokasinya tidak jauh dari kampus UGM dan UNY tepatnya di sebelah selatan kampus daerah Sagan. Jika Anda mau kesini Anda bisa lewat dari prempatan Galeria menuju arah utara Jalan Sagan Kidul 4 Yogyakarta karena Jalan sagan ini memang searah. Tidak jauh dari prempatan Galeria nanti ada belok kiri sekitar 100 meter nah lokasinya sekitar situ, untuk lebih jelasnya Anda bisa klik link lokasi yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Restoran ini adalah milik seorang motivator sukses  yang bernama Bong Chandra, Restoran ini didesain sedemikian rupa untuk menarik penikmat kuliner dengan nuansa yang berbeda. Restoran ini memiliki konsep penjara yang sesuai dengan mottonya, “The happiest prisoner on earth”.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Gunung Kidul yang Wajib Dicicipi

bong-kopitown-joga

Bong Kopitown

Dengan konsep yang dimilikinya memang menjadi daya tarik tersendiri untuk di jadikan salah satu tempat paforit. Didalamnya kita akan merasakan sensasi seperti dipenjara sambil makan dan nongkrong bersama teman atau keluarga yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Semua Fasilitas memang sudah di rancang sesuai dengan konsepnya sehingga menciptakan hal-hal yang unik seperti daftar menu yang tersedia terbilang cukup unik dan tak biasa. Daftar menu yang disediakan memang bukanlah seperti daftar menu yang biasa kita temui namun daftar menu ini memiliki bentuk seperti koran yang biasa kita ketemua dalam kehidupan sehari-hari.

bong-kopitown-jogja

Bong Kopitown

Dan menu yang ditawarkan juga memiliki perbedaan yakni terdapat dua jenis menu yang tersedia yaitu menu biasa dan spesial. Pada daftar menu terdapat sebuah tanda yang membedakan antara menu biasa dan menu spesial, tanda yang membedakan adalah pada menu spesial ditandai dengan sebuah gunting yang menjelaskan bahwa menu tersebut merupakan salah satu menu yang direkomendasikan sedangkan untuk menu biasa tidak biberi tanda.

Suasana di tempat tersebut juga sangat menyenangkan, dengan perpaduan interior yang menyatu membuat tempat ini terasa unik dan membuat kita ingin berlama-lama disana. Tepat ini juga cocok buat Anda yang suka nongkrong dan sangat recommended.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi restoran yang satu ini? Jika tertarik Anda bisa datang tempat tersebut, tempat ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam setiap harinya. Untuk masalah harga masih terjangkau koq masih berkisar antara IDR 6K hingga IDR 35K.

 

Google Maps

On Instagram

5 Makanan Khas Gunung Kidul yang Wajib Dicicipi

5 Makanan Khas Gunung Kidul yang Wajib Dicicipi
10 (100%) 12 votes

Mengunjungi suatu tempat belum lengkap rasanya jika belum menyempatkan mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi. Gunung kidul suatu daerah di yogyakarta yang memiliki panorama Alam pantai yang sangat indah dan berpasir putih. Namun Kulinernya juga sangat enak dan perlu Anda cobain.

Berikut 5 Makanan Khas Gunung Kidul yang Wajib Dicicipi

1. Gatot Gunungkidul 

Gatot Gunungkidul
Gatot ini merupakan makanan ringan gunung kidul  yang terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikeringkan sama halnya dengan makanan tiwul. Singkong yang telah dikupas kemudian dibersihkan lalu dijemur bertujuan untuk pengeringan sehingga menjadi gaplek. Namun untuk membuat gatot yang istimewa, gaplek yang digunakan harus yang berkualitas baik.

Cara pembuatan makanan gatot ini sangat sederhana. Gatot yang sudah kering  kemudian direndam selama kurang lebih 12 jam (semalaman). Kemudian dicuci hingga bersih, gaplek yang sudah di cuci lalu dipotong kecil-kecil sesuai ukuran gatot pada umumnya, kemudian dikukus selama sekitar 2 jam. Setelah di kukus, lalu gatot ditempatkan di suatu wadah yang lebar agar cepat dingin. Dalam penyajian gatot agar lebih nikmat ditaburi dengan parutan kelapa ditambah sedikit garam.

2. Walang / Belalang Goreng

Belelang goreng gunung kidulBelalang Goreng merupakan sebuah makanan khas Gunungkidul yang perlu Anda coba, sebagian orang merasa geli untuk mencoba makanan yang satu ini. Belalang Goreng ini diolah menjadi makanan yang memiliki banyak gizi. Bahkan belalang kayu memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan.

Belalang yang telah terkumpul lalau di bersihkan kotorannya. setalah itu dimasak dengan cara di goreng dan di campur dengan bumbu – bumbu yang spesial. Belalang goreng ini bisa tahan sampai satu minggu. Belalang itu sendiri yang susah untuk mendapatkanya, karena mencarinya yang cukup sulit maka harganya bisa 30rb per toples isi 30 belalang. Belalang biasanya banyak di dijual di pinggir jalan di sekitaran jalan menuju wisata pantai di Gunungkidul

3. Nasi Tiwul

tiwulNasi Tiwul Gunung kidul ini Terbuat dari tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Nasi Tiwul merupakan makanan khas dari Gunung kidul yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul. Makanan yang dahulu sempat di identikan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah ini, Namun sekarang mampu menembus batas gengsi seseorang. Nasi Tiwul bukan lagi sekedar makanan pengganti makanan pokok nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak dicari saat berada di Gunung Kidul.

Keunggulan Nasi Tiwul ini ada pada rasanya yang manis dan gurih di timbulkan dari citarasa singkong. di dalam Nasi Tiwul juga bisa di tambahkan gula merah yang berpadu dengan kelapa parut. Cara mengolah sangat mudah, Singkong pohon dikupas, dijemur sampai kering. Kemudian gaplek yang sudah kering dihaluskan hingga menjadi tepung setelah itu dapat di olah menjadi tiwul.

4. Sego Abang Jirak

_MG_7522d
Sego Abang Jirak adalah makanan khas Gunungkidul yang memiliki gizi yang tinggi dan makanan sehat. Dengan bahan dasar beras merah yang memiliki kadar protein tinggi dibanding dengan beras putih yang dominan dengan kandungan karbohidratnya, Selain itu, beras merah ini dihasilkan dari ladang sawah yang tidak menggunakan pupuk berbahan kimia maupun pembasmi hama pestisida. Oleh karena itu, bagi penggemar masakan organik, sego abang bisa menjadi pilihan utama  dan dapat di sajikan dengan sayur lombok ijo yang istimewa.

5. Sayur Lombok Ijo

ijo
Keistimewaan Sayur Lombok Ijo ini terletak pada cita rasa yang gurih bercampur pedas . Rasa gurih tersebut karena kuah santan yang cukup kental dengan ditambah racikan bumbu berupa tumisan bawang merah,  putih, jahe, kemiri, lengkuas, dan beberapa rempah lainnya. Selain itu, tempe yang digunakan sebagai pelengkap diambil dari tempe  dari kedelai pilihan. Tempe kedelai tersebut dibuat dengan cara tradisional, yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang atau bisa juga menggunakan daun jati pilihan.

Mencicipi Belalang Goreng Makanan Khas Gunung Kidul

Mencicipi Belalang Goreng Makanan Khas Gunung Kidul
8 (80%) 1 vote

Belelang goreng gunung kidul

Belelang goreng gunung kidul

Berburu kuliner merupakan suatu hal yang menjadi kewajiban yang harus  dilakukan bagi wisatawan yang mendatangai sebuah daerah manapun, sebelum mencicipin kuliner di daerah yang di datangi , perjalanan mereka belum lengkap.  Makanan dari singkong seperti nasi tiwul dan gatot ubi sangat populer bagi wisatawan saat berkunjung di Gunungkidul. Namun, Kami ingin menginformasikan tentang makanan lain yang terbilang cuku ekstrim yang berasal dari Gunungkidul, yaitu belalang goreng khas Wonosari Gunung Kidul.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sebaiknya jangan melewatkan untuk mencoba makanan khasnya yakni belalang goreng. Rasanya yang enak, gurih dan renyah, membuat banyak orang ketagihan dengan masakan belalang goreng ini. Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang tepat untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat.

Belalang goreng memang terlihat menggelikan, dengan warna coklat ketuaan setelah digoreng memiliki cita rasa yang menggoda. jangan merasa jijik untuk mencicipi kuliner ini, karena rasanya gurih, renyah dan enak bisa buat Anda ketagihan. Menurut beberapa orang yang telah mecicipinya, belalang goreng ini rasanya mirip dengan masakan kepiting goreng.

Meski dengan bergitu, tidak semua jenis belalang  yang ada enak dan aman untuk dikonsumsi, hanya belalang kayu saja yang bercita rasa gurih dan enak saat diolah menjadi belalang goreng. Belalang jenis ini juga telah diteliti dsebagai makanan sehat, aman, dan bergizi karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi dibandingkan protein yang terdapat pada udang.

Makanan Khas gunung KidulBagi masyarakat Gunungkidul belalang goreng merupakan makanan lezat dan telah lama dijadikannya sebagai lauk makan. Belalang adalah hewan yang mengandung kaya akan protein. Sebagian besar orang yang pernah mencicipi belalang goreng pasti mengatakan bahwa rasa belalang hampir mirip dengan rasa udang atau kepiting goreng.

Bumbu yang digunakan untuk menggoreng belalang ini cukup sederhana, bumbunya antaralain bawang putih, tumbar, garam , penyedap rasa dan untuk rasa pedas manis ditambahkan cabai.

Sebelum digoreng, belalang  terlebih dahulu harus dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam perut belalang. Setelah pembersihan selesai, belalang digoren hingga kering. Kemudian dimasak bersama dengan bumbu cabai  yang sudah di giling untuk menambahkan rasa belalang yang pedas manis. Seluruh bagian tubuh belalang mulai kaki sampai kepala bisa untuk dinikmati.

Belalang Goreng khas Gunungkdul banyak ditemui di beberapa titik jalanan di Gunungkidul, terlebih di ruas jalan yang menuju obyek wisata pantai. Biasanya belalang akan mudah di cari dan banyak pada musim penghujan. Padamusim kemarau penjul susah untuk cari belalang.

Karena jumlahnya yang sedikit, pada musim kemarau, Penjual belalang goreng lainya menjual belalang goreng ini dalam kemasan toples dihargai Rp 30 ribu, jika musim hujan harganya bisa lebih murah yakni Rp 20 ribu. Olahan belalang goreng ini bisa bertahan hingga satu bulan, sehingga cocok menjadi oleh-oleh jika sehabis berlibur diGunungkidul. Selain nikmat dimakan begitu saja, belalang goreng juga lezat dimakan bersama nasi putih hangat dan sambal.

Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok

Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok
10 (100%) 2 votes

TPI pantai depok

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Disini juga terdapat lokasi pasar ikan yang lumayan besar, hampir semua hasil tangkapan laut yang diperoleh nelayan akan dijual disini. Kamu bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan atau dipasar ini, harganya pun tak akan jauh berbeda.

Baca juga: Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

pantai depok bantul

Sedikit sejarah tentang pantai Depok, aktivitas nelayan yang ada di pantai ini bermula sejak tahun 1997, ketika itu nelayan yang bersal dari Cilacap yang sedang melaut hingga jauh menemukan tempat pendaratan yang cocok disini, mereka membawa hasil tangkapan yang lumayan banyak kemudian dijual kepada penduduk lokal yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Dan tak lama setelah itu sebagian para penduduk lokal pun akhirnya tertarik untuk beralih profesi sebagai nelayan lokal, atau sering disebut dengan istilah (Tekong). Nelayan lokal pergi menangkap ikan di laut menggunakan perahu bermotor yang dilengkapi dengan cadik semacam alat penyeimbang yang dipasang di samping perahu agar tak mudah oleng saat diterjang ombak.

Karena banyak tangkapan para nelayan, akhirnya dibangunlah pangkalan pendaratan ikan dan tempat pelelangan ikan (TPI) yang bernama Mina Bahari, bahkan tempat pelelangan ikan ini bisa menampung ikan hasil tangkapan dari nelayan dari wilayah lain.

Seiring banyaknya wisatawan yang yang berkunjung ke pantai Depok, maka masyarakat sekitar banyak yang membangun warung-warung yang menghidangkan aneka hidangan laut seperti, cumi, ikan, kerang, udang dala lain-lain.

Baca juga: Menikmati Wisata Hutan Pinus Mangunan, Imogiri, Yogyakarta

gerbang pantai depok

Lokasi pantai Depok terletak sekitar 1,5 km di sebelah barat dari pantai Parangtritis. Rute menuju ke pantai Depok, sebelum memasuki gerbang pembayaran tiket masuk wisata pantai Parangtritis, belok ke arah kanan, lurus terus mengikuti arah jalan aspal, sampai di gapura pantai Depok membayar tiket masuk. Buat kamu yang mencari pasar ikan, letaknya berada di sebelah kanan pantai.

kamu bisa memesan hidangan laut sesuai dengan selera, kalau perlu, ingin yang lebih murah bisa langsung belanja ikan segar ke TPI, kemudian bawa ke salah satu warung untuk segera diolah menjadi makanan yang enak.

Panorama yang disiguhkan di pantai Depok tak jauh beda jika di bandingkan dengan pantai Parangtritis, pasirnya sama berwarna coklat kehitaman, viewnya juga hampir sama, namun disini wisatawan dilarang berenang karena ombaknya sangat besar. Cukup bermain pasir dan ombak di pinggir pantai sudah sangat cukup menyenangkan.

Instagram

 

Bernostalgia di Pasar Kangen Yogyakarta

Bernostalgia di Pasar Kangen Yogyakarta
Rate this post

Pasar Kangen

Pasar Kangen jogja

Jalan-jalan ke pasar sambil bernostalgia, hal itu yang sering dilakukan oleh para wisatawan di Pasar Kangen Yogyakarta. Berjalan-jalan di Pasar Kangen Yogyakarta dapat mengingakkan kita akan masa lampau, pasar yang berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta ini menghadirkan akan berbagai hal tempo dulu.

Berjalan di Pasar Kangen kali ini kita akan mulai dari dunia kuliner, disini banyak sekali terdapat stand kuliner hingga ratusan satand yang menyajikan beragam makanan tradisional, mulai dari jajanan pasar hingga makanan berat dan angkringan yang merupakn khas dari Kota Yogyakarta yang melegenda.

Pasar Kangen jogja

Pasar Kangen jogja

Tak kalah menarik aneka minuman kesehatan herbal dan olahan jamu hingga ES yang menyergarkan semuanya ada disini, salah satunya adalah ES Gosro. Es Gosro ini merupakan minuman Es tradisional yang saat ini mulai susah untuk di dapatkan apalagi di daerah perkotaan. Harga makanan di pasar ini juga relatif murah mulai dari harga Rp 2000 hingga Rp 5000 terdapat disini.

Di Pasar Kangen Yogya pengunjung juga dapat berburu barang-barang antik, puluhan stand barang antik yang menawarkan berbagai macam barang koleksinya. Selain untuk melepas kangen dengan berbagai barang tempo dulu, di Pasar Kangen Yogya pihak penyelenggaran berharap terjadi terjadi peooses tawar menawar dalam bertransaksi. Dialog antara penjual dan pembeli menjadi kearipan lokal dan salah satu ciri khas sebuah pasar tempo dulu.

Pasar Kangen yogya

Pasar Kangen jogja

Kuliner sudah dibahas, barang antik juga sudah, namun belum selesai, di Pasar Kangen Yogya ini pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya. Jika Anda tertarik untuk mengunjung Pasar Kangen Yogya jangan lupa pasar ini buka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 20.30. Akan tetapi tidak semua pedagan buka mulai dari pukul 10.00, karena ada juga yang buka mulai pukul 14.00. Tapi nggak usah khawatir karna pasar ini selalu ramai kok.

Untuk mengakses lokasi Pasar Kangen ini Anda tidak usah bingung karena sangat mudah sekali untuk menuju lokasi tersebut. Karena lokasinya berada di pusat Kota Yogyakarta. Pasar Kangen ini tidak jauh dari kawasan Malioboro atau lebih tepatnya berada di belakang Taman Pintar atau di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Lebih jelasnya silahkan klik link lokasi google maps dibawah ini.

Link Lokasi Google Maps

Instagram :

Geblek Kulon Progo Yogyakarta

Geblek Kulon Progo Yogyakarta
Rate this post

geblek kulon progo

Pasti kalian yang belum mengenal Jogja lebih jauh belum mengenal juga makanan khas dari Kulon Progo yang bernama Geblek. Begitu mendengar namanya saja pasti ada terasa asing, seperti apa bentuknya? seperti apa rasanya?

Bentuk geblek terbilang sangat unik, jka dilihat sekilas bentuknya seperti rantai gabungan dari 3-4 cincin yang terbuat dari adonan tepung, dan uniknya lagi adalah ternyata geblek memiliki pasangan makanannya yaitu tempe bengok atau tempe yang terbuat dari kacang koro.

Kemudian soal rasa, rasa dari geblek khas kulon progo sangat gurih sekaligus kenyal, makan 3-5 geblek aja dijamin kenyang deh, bisa juga kalian menambahkan sambel atau cabe rawit agar rasanya makin nembak di lidah.

Buat kalian yang ingin mencicipi jajanan khas yang satu ini maka wajib berkunjung ke Kulon Progo karena makanan ini sangat jarang dijumpai bahkan di Jogja sendiri, jadi sangat layak jika kamu membawa makanan ini sebagai hidangan atau cemilan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah nanti.

 

Langkah-langkah-membuat-jajanan-kue-cenil

cenil

Namun selain geblek, ternyata masih ada jajanan khas lainnya dari Kulon Progo yang harus kamu coba, salah satunya yang paling recomended adalah Cenil. Jajanan yang satu ini tentu orang sudah banyak yang kenal dan tau rasanya seperti apa.

Karna tak jarang di pasar-pasar tradisional pasti ada bebeapa ibu-ibu yang berjualan cenil, yaa cenil memang termasuk salah satu jajanan pasar yang digemari.  Rasanya kenyal dan berwarna-warni, ditambah parutan kelapa dan sirup gula jawa bikin rasanya dijamin makin enak.

Kalian bisa menemukan cenil jika sedang berkunjung ke Kulon Progo, biasanya mereka berjualan cenil di depan-depan pasar atau di pinggir jalan, jangan khawatir soal harganya, yang pasti gak akan bikin dompet jebol deh. Biasanya mereka menjual satu bungkus cenil seharga Rp.7000-10.000 tergantung porsinya.

Buat kalian yang ingin membawa cenil sebagai oleh-oleh sebaiknya pisahkan cenil dan kuahnya agar tetap tahan lama dibawa dalam perjalanan.

Semoga info kuliner ini bermanfaat buat kalian yang bingung ingin berburu kuliner saat berwisata di Jogja