Arsip Tag: Pantai di Bantul

Bantul merupakan sebuah kabupaten yang berada di sebelah selatan dan merupakan kabupaten yang berada di pesisir selatan pulau jawa. Pantai di Pesisir selatan jawa terkenal dengan Ombaknya yang besar dan cantik, karena berada di pesisir selatan, Bantul memiliki banyak pantai cantik yang perlu di Explore.

Di hari libur weekend atau libur nasional tentunya merupakan hari yang ditunggu – tunggu bagi sebagian masyarakat, sebab mereka akan dapat meluangkan waktu untuk berwisata atau travelling bersama dengan keluarga.

Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta

Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 1 vote

pantai-pandansimoStress dengan rutinitas sehari hari yang melanda Anda? mari luangkan waktu untuk berlibur ke Yogyakarta. tak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebi 30 KM ke arah selatan dan menghabiskan 1 jam waktu perjalanan terdapat sebuah pantai eksotis dengan ciri khas dan menjadi daya tarik karena ada Kincir Angin di Pantai Pandansimo yang menjadi objek untuk berfoto – foto.

Manilik sedikit asal muasal nama Pantai Pandansimo, Pandansimo berasal dari kata “pandan” yaitu pohon pandan dan kata “simo” yang berati macan. Pada dasarnya di pantai ini terdapat berbagai macan tradisi, seperti labuhan sedekah laut, Merti Dusun,  dan pentas seni budaya yang pada prosesinya menggunakan pohon pandan dan patung menyerupai macan. Disamping beberapa pesona kebudayaan tersebut, pantai ini juga menawarkan panorama dan keindahan yang perlu Anda perhitungkan.

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

Baca juga: Menikmati Sunset dari atas Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Di atas lahan pasir kosongan ini dan saat ini sudah banyak tumbuh pohon cemara udang, telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai pandansimo yang tertata rapi berjajar, selain itu juga terdapat pula depot penjualan ikan yang siap melayani para penikmat seefood yang bertandang ke pantai ini. Di sebelah utara berjejeran tempat hiburan seperti kolam renang bagi anak serta dewasa.

Di pantai pandansimo juga telah tersedia ATV yang bisa disewa untuk berkeliling pantai. Suasana di pantai pandansimo cukup segar, nyaman dan semilir angin berhembus membuat semakin betah, karena di sepanjang pantai pandansimo ini tumbuh subur dan rindang pohon cemara. Pengunjung bisa memanfatkannya untuk bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara udang tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung betah menghabiskan waktu berlama lama di pantai ini. Selain itu, beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap di tambah fasilitas lain juga menjadi daya tarik tersendiri seperti kolam renang, lahan untuk bermain, areal outbond dan lahan Camping. Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, tentunya akan menjadikan Pantai Pandansimo semakin ramai oleh pengunjung.

Keunikan yang menjadi andalan selain tempatnya yang nyaman dan segar adalah keberadaan kincir angin untuk sumber energi daerah sekitar. Saat ini ada sekitar 34 kincir yang memiliki kekuatan energi mulai dari 2,5 kw hingga 10 kw. Kincir angin ini sebagai sumber energi listrik untuk peneran gandaerah sekitar, untuk warung kuliner, pembuatan es, serta masih banyak lagi kegunaannya.

Baca juga: Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul

Tiket Masuk:

Harga Tiket Pantai Pandansimo
1. Sepeda Motor : Rp. 5.000,-
2. kendaraan roda empat : Rp. 10.000

Lokasi:

Alamat Pantai Pandansimo atau Pantai Baru Bantul di: Poncosari, Srandakan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Untuk memepermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Pantai Pandansimo ]

Menikmati Sunset dari atas Mercusuar Pantai Pandansari Bantul, Yogyakarta

Menikmati Sunset dari atas Mercusuar Pantai Pandansari Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 4 votes

pantai pandansariTak perlu jauh jauh dari  pantai parangtritis atau hanya berjarak sekitar 30 KM dan dengan menempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Anda bisa menemukan pantai yang memiliki pemandangan yang indah, yaitu pantai Pandansari, sebuah pantai yang memiliki tanaman cemara laut di tepi pantai dan berdiri gagah sebuah mercusuar yang menjadi ciri khas pantai ini.

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Pandasari seingga mulai dilirik oleh wisatawan adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan antara cemara laut yang rindang. Untuk masuk ke mercusuar ini, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar hingga sampai kepuncak mercusuar. Meskipun memerlukan tenaga yang tak sedikit, akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menunggu di puncak mercusuar.

Dari atas mercusuar ini, Anda dapat menikmati pemandangan lautan lepas serta garis pantai selatan dan deretan perbukitan yang indah dapat menyejukkan mata Anda memandangnya. di atas mercusuar ini kia bisa mengabadikan pemandangan indah menggunakan smartphone, bise berselfie bersama teman – teman dan Anda juga dapat menikmati sunset dari atas mercusuar ini.

Baca juga: Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul, Yogyakarta

pantai pandan sariBerada di pinggir pantai, mercusuar yang sangat tinggi, kira-kira 30-an meter ini bukan hanya aksesoris saja dan bisa di naiki, tetapi sehari-hari mercusuar ini digunakan sebagai penerangan dan pemberi tanda bagi nelayan yang sedang melaut. Keberadaan mercusuar ini tentu mengingatkan kita pada bangunan yang ada di pulau Lengkuas, Belitung dan ini juga menjadi satu-satunya mercusuar yang bisa didaki pengunjung di pantai bantul Jogja.

Selain karena ada mercusuar, di bawah mercusuar ini terdapat sebuah agrowisata yaitu buah naga. Dari atas mercusuar ini Anda juga bisa melihat luasnya laut dan hijaunya hamparan perkebunan buah naga. Anda di perkenankan di beri kesempatan untuk berkunjung ke dalam perkebunan serta dapat memetik buahnya langsung untuk oleh-oleh.

Rindangnya pohon cemara udang memenuhi bibir Pantai Pandansari, menciptakan suasana yang nyaman, sejuk dan asri. Pada Saat musim penghujan, daun pohon cemara tersebut akan berwarna hijau cantik dan rindang, Sensasi musim gugur ala Jepang pun sangat terasa. Karena keberadaan pohon cemara udang ini Pantai Pandansari kerap dijadikan sebagai lokasi untuk pemotretan model maupun prewedding.

Baca Juga: Keindahan Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta

12331588_1533113447010779_1151060250_nBerwisata ke Pantai Pandansari merupakan aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat menggelar tikar di bawah rimbunnya pepohonan cemara sambil membawa bekal makanan dan minuman ataupun bisa memesan di warung penjual makanan di tepi pantau. Supaya liburan lebih asyik, ada baiknya berkunjung bersama keluarga maupun teman teman.

Pantai ini juga memiliki pasir, Anda dapat bermain pasir maupun bermain air di sepanjang pantai ini, namun pasirnya berwarna coklat kehitaman dan ombak yang cenderung besar harus tetap berhati hati sewaktu waktu terjadi gelombang yang besar dapat menyeret Anda.

Baca Juga: Piknik Ceria di Pantai Butuh Gunung Kidul, Yogyakarta

Lokasi Pantai Pandansari

Alamat Pantai Pandansari di Sanden, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Untuk mempermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Pantai Pandansari ]

Instagram

Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul, Yogyakarta

Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 1 vote

11355143_889658631108695_1753720465_nTak perlu jauh jauh dari pusat Kota Yogyakarta yakni sekitar 30 Km Jarak yang di tempuh. Ternyata ada sebuah pantai cantik yang perlu Anda kunjungi yaitu bernama Pantai Kuwaru terkenal dengan kesejukan pepohonan cemara di sekitar pantai. Di pantai ini sangat mudah aksesnya dan dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda 4.

Pantai Kuwaru merupakan sebuah pantai yang di sekitarnya tumbuh banyak pohon cemara yang cukup rindang sehingga cocok digunakan pengunjung untuk berteduh sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk oleh semilir angin berhembus. Di sela- sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan cukup menarik sehingga cocok digunakan sebagai tempat berfoto- foto.

Tempat ini juga cocok digunakan sebagai lokasi pemotretan pranikah atau prewedding yang cukup menarik bahkan eksotis. Selain bisa digunakan sebagai lokasi pemotretan prewedd, pantai ini cukup nyaman dan suasananya membuat pengunjung betah berlama lama bersantai di pantai ini guna menghilangkan penat dan rasa stress oleh hiruk pikuk suasana kota.

Baca Juga: Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta

Pantai Kuwaru JogjaPantai ini, Terkenal juga sebagai tempat untuk menyaksikan pemandangan senja sore hari atau sunset, dan merupakan salah satu sunset terbaik di yogyakarta. Pemandangan sunset di pantai kuwaru ini cukup indah dan merupakan salah satu sunset yang paling di buru di jogja.

Tak kalah dengan Pantai Parangtritis di Bantul bagian timur, disini juga tersedia wahana bermain motor ATV yang bisa Anda sewa. Untuk anak belita juga tersedia kolam renang. Untuk keselamatan, perlu diperhatikan oleh pengunjung bahwa di pantai ini pengunjung tidak diperbolehkan berenang karena ombak yang sangat berbahaya, besar dan keadaan dasar pantai yang curam, hal ini akan sangat membahayakan apabila digunakan untuk berenang.

Baca juga: Keindahan Wisata Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Fasilitas

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap seperti lahan parkir yang luas, kamar mandi umum, toilet , penjual makanan dan minuman juga sudah banyak ada di pantai ini dan masih banyak lagi fasilitas yang tersedia di pantai ini. Bagi Anda yang membawa anak kecil saat berkunjung ke pantai ini, wahana kereta mini dan mandi bola bisa menjadi area bermain yang menyenangkan bagi anak-anak Anda.

Fasilitas Tambahan

Pantai Kuwaru juga menyediakan beberapa wahana wisata yang terbagi menjadi dua :

1. Wahana Tetap (wahana yang ada pada hari biasa)

a) Kolam Renang @Rp. 5000/orang
b) ATV motor @Rp. 25000/15menit
c) Motor trail @Rp. 25000/15menit
d) Kereta Mini @Rp. 5000/orang
e) Mandi bola @Rp. 5000/orang

2. Wahana Tidak Tetap (wahana yang hanya ada saat liburan)

a. Komidi Putar @Rp. 5000/orang
b. Biang Lala @Rp. 5000/orang
c. Rumah Balon @Rp. 5000/orang

Lokasi Pantai Kuwaru Bantul

Pantai Kuwaru terletak di Poncosari, Srandakan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mempermudah mencari lokasi klik [ Maps Pantai Kuwaru ]

Instagram

 

Inilah Keindahan Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta

Inilah Keindahan Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 11 votes

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Wisata pantai memang sudah menjadi tempat favorit bagi kebanyakan orang untuk mengisi liburan panjang bersama keluarga ataupun teman. Jadi jika berkunjung ke Yogyakarta ini adalah merupakan hal yang tepat untuk mengisi liburan Anda. Karena Yogyakarta sangat terkenal sekalai akan kekayaan pantai yang dimilikinya. Seperti pantai yang satu ini pantai yang berlokasi di kawasan Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, kabupaten Bantul yaitu Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara ini merupakan salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri seperti namanya Pantai Goa Cemara. Pantai ini disebut sebagai Pantai Goa Cemara dikarenakan adanya tumpukan pohon cemara yang terbentuk seperti goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini juga merupakan gerbang masuk untuk mengakses ke lokasi pantai.

Pantai Goa Cemara Jogja

Pantai Goa Cemara

Disini Anda dapat meikmati indahnya pemandangan pantai dan juga bisa menikmati nuansa goa di bawah pohon cemara yang rimbun. Jadi Anda janga heran jika nanti tidak menemukan goa di sekitaran pantai tersebut. Karena goa yang dimaksud adalah rimbunan pohon cemara yang memberikan nuansa seperti layaknya di dalam goa.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di sepanjang garis pantai Bantul. Pantai ini juga memiliki settingan seperti dalam film twilight karena akan terlihat berkesan seperti pantai namun lebih mirip seperti hutan. Sebelah utara dari pantai ini terdapat sebuah mercusuar putih yang berdiri tegak namun masih dipertanyakan untuk status keaktifan dari marcusuar tersebut. Meskipun begitu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah pantai cemaranya yang berjejer mengitari pinggir pantai.

Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara

Pantai tersebut juga memiliki kesan yang sama dengan Pantai Parangtritis dimana tumbuhan yang ada disekitaran pinggir pantai dapat memberikan suasana yang sejuk dan segar. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu libur Anda untuk bersantai-santai bersama teman atau keluarga dan pantai ini memang sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

Untuk mengakses lokasi tersebut cukup mudah sama seperti pantai lainnya yang terdapat di kawasan kecamatan sanden lainnya. Anda bisa menyusuri Jl. Bamtul ke arah selatan samapai nanti menemukan petunjuk arah selanjutnya. Apabila Anda masih bingung untuk lokasi tempat wisata tersebut Anda bisa kli link lokasi google maps di bawah ini:

Link Lokasi Goole Maps

Instagram :

10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits

10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits
1.8 (17.5%) 56 votes

parangtritis

Intro:

Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling terkenal di Kabupaten Bantul, bahkan di Provinsi Yogyakarta pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, pantai ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore.

Yang membuat pantai Parangtritis sangat populer dari pantai-pantai lainnya adalah kerena pantai ini sangat berkaitan erat dengan Keraton Yogyakarta Ada sebuah sumber mangatakan bahwa jika kita menarik garis lurus di peta, dari pantai Prangtritis sampai ke Gunung Merapi maka Keraton berada sejajar atau terkena garis imajiner tersebut.

Ini adalah satu bukti bahwa Keraton Yogyakarta tak sembarangan memilih lokasi untuk mendirikan kerajaan setelah pecah dari Kesultanan di Surakarta atau Solo. Selain itu pantai Parangtritis juga selalu di kait-kaitkan dengan mitos ratu pantai selatan atau lebih dengan dengan Nyi Roro Kidul.

Baca juga: Ziarah ke Makam Raja-Raja Imogiri Yogyakarta

delman di pantai

Nyi Roro Kidul menurut mitos yang beredar dia adalah sosok wanita berparas cantik jelmaan makhluk halus penguasa samudra Hindia, dia selalu menggunakan pakaian berwarna hijau, maka banyak orang yang percaya jika ada orang yang memakai pakaian atau baju berwarna hijau di pantai Parangtritis bisa terseret ombak dibawa ke kerajaan makhluk halus.

Ada tempat keren yang tak banyak wisatawan tau di pantai Parangtritis ini, yaitu terdapatnya candi diatas bukit di sebelah timur pantai, jika menuju kesana kita harus berkendara menaiki bukit kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak, namun sekarang wisatawan tak boleh terlalu dekat dengan bibir tebing karena beberapa waktu lalu tebing ini pernah longsor.

Jika kamu tak tertarik mengunjungi tebing ini tak masalah, karena pesona pantai Parangtritis sudah sangat cukup untuk menghipnotis kamu, ditambah lagi kalau kamu mengunjungi pantai ini saat sore hari, gemuruh ombak dipadu dengan sunset yang menawan menjadi moment yang tak akan pernah terlupakan.

Baca juga: Negeri di atas Awan Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

sunset pantai

Selain itu, kamu juga bisa menjajal salah satu permainan yang menarik disini yaitu ATV  (All-terrain Vehicle), dengan membayar uang sebesar Rp.50.000 kamu bisa seru-seruan menggeber kendaraan ini keliling pantai selama setengah jam.

Lokasi pantai Parangtritis dekat dengan pantai Parangkusumo dan pantai Depok, terkadang di hari tertentu diadakan acara festival layangan dan paralayang disini. dan di pantai Depok kamu bisa menikmati berbagai macam sajian khas sea food, membeli ikan segar langsung dari tempat pelelangan ikan.

10 Wisata Sekitar Pantai Parangtritis Jogja yang Lagi Hits:

1. Pantai Depok

Menengok-Pantai-Depok-Yogyakarta

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Alamat: Jl. Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

BACA SELANJUTNYA : PANTAI DEPOK

2. Pantai Pandansari

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Pandasari sehingga mulai dilirik oleh wisatawan adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan antara cemara laut yang rindang. Untuk masuk ke mercusuar ini, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar hingga sampai kepuncak mercusuar. Meskipun memerlukan tenaga yang tak sedikit, akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menunggu di puncak mercusuar.

Alamat: Sanden, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Selengkapnya: Pantai Pandansari

3. Pantai Pandansimo

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

Baca selengkapnya: Pantai Pandansimo Bantul

4. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan sebuah pantai yang di sekitarnya tumbuh banyak pohon cemara yang cukup rindang sehingga cocok digunakan pengunjung untuk berteduh sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk oleh semilir angin berhembus. Di sela- sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan cukup menarik sehingga cocok digunakan sebagai tempat berfoto- foto

Baca Selengkapnya: Pantai Kuwaru Bantul

5. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa CemaraPantai Goa Cemara ini merupakan salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri seperti namanya Pantai Goa Cemara. Pantai ini disebut sebagai Pantai Goa Cemara dikarenakan adanya tumpukan pohon cemara yang terbentuk seperti goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini juga merupakan gerbang masuk untuk mengakses ke lokasi pantai.

Baca Selanjutnya : Pantai Goa Cemara 

6. Pantai Samas

Kabupaten Bantul tak habis-habisnya menawarkan wisata yang menarik bagi para pengunjung, Kali ini tim Eksotis Jogja masih akan meliput salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yaitu pantai Samas, pantai ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Pantai Samai terkenal akan ombaknya yang besar dan berangin kencang.

Baca Selengkapnya: Pantai Samas

7. Pantai Baros

Photo By : @yanuar_surya

Photo By : @yanuar_surya

Pantai baros mungkin masih terdengar baru di wisata jogja. Di pantai ini pengunjung selain bisa menikmati sunset dengan sempurna. pantai ini juga kawasan hutan mangrove yang sangat eksotis. sangat cocok dikunjungi bagianda yang gemar foto di hutan mangrove.

Lokasi: Tirtohargo, Kec. Kretek, Bantul,

8. Pantai Parangendog

Photo by @ashari.riri

Photo by @ashari.riri

Pantai ini berada tidak jauh dari pantai Parangtritis. Dinamai parangendog menurut cerita beberapa waktu yang lalu ditempat ini banyak ditemukan batu dengan bentuk menyerupai seperti telur atau endog dalam bahasa jawa. Dan karena banyaknya batu karang yang menjorok kelaut yang orang sekitar menyebutnya parang, maka jadilah sebuah nama menjadi parangendog.

Lokasi: Desa Girijati, Purwosari, Gunungkidul

8. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang banyak dikunjungi wisatawan saat datang ke Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak lengkap rasanya jika kita sudah jauh-jauh datang ke lokasi yang memiliki berbagai macam tempat wisata tapi tak mencoba semuanya.

Baca Selengkapnya: Pemandian Air Panas Parang Wedang

9. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog ParangtritisKota Yogyakarta memang kaya akan tempat wisatanya dan tidak akan ada habisnya jika membahas tentang tempat wisata yang dimilikinya, seperti lokasi wisata yang satu ini, Bukit Parang Edong Bantul. Disini Anda bisa menikmati alam dari ketinggian dengan pemandangan pantai yang begitu cantik. Jadi jika Anda sedang berwisata ke Jogjakarta sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata bukit yang satu ini.

Baca Selanjutnya : Bukit Parang Endog

10. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Berselancar di atas air sudah biasa tapi bagaiman kalau berselancar di atas pasir, nah di Parang kusumo ada nih Gumuk Pasir yang sering dilakukan berselancar pasir atau sandboarding.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jogja yang Lezat dan legendaris

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negri jika ingin melakukan olahraga sandboarding atau berseluncur di atas pasir. Di Desa Parangkusumo kecamatan Keretek Kabupaten Bantul Yogyakarta terdapat lokasi sandboarding, lokasi ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok

Berburu Kuliner dan Wisata di Pantai Depok
10 (100%) 2 votes

TPI pantai depok

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Disini juga terdapat lokasi pasar ikan yang lumayan besar, hampir semua hasil tangkapan laut yang diperoleh nelayan akan dijual disini. Kamu bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan atau dipasar ini, harganya pun tak akan jauh berbeda.

Baca juga: Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

pantai depok bantul

Sedikit sejarah tentang pantai Depok, aktivitas nelayan yang ada di pantai ini bermula sejak tahun 1997, ketika itu nelayan yang bersal dari Cilacap yang sedang melaut hingga jauh menemukan tempat pendaratan yang cocok disini, mereka membawa hasil tangkapan yang lumayan banyak kemudian dijual kepada penduduk lokal yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Dan tak lama setelah itu sebagian para penduduk lokal pun akhirnya tertarik untuk beralih profesi sebagai nelayan lokal, atau sering disebut dengan istilah (Tekong). Nelayan lokal pergi menangkap ikan di laut menggunakan perahu bermotor yang dilengkapi dengan cadik semacam alat penyeimbang yang dipasang di samping perahu agar tak mudah oleng saat diterjang ombak.

Karena banyak tangkapan para nelayan, akhirnya dibangunlah pangkalan pendaratan ikan dan tempat pelelangan ikan (TPI) yang bernama Mina Bahari, bahkan tempat pelelangan ikan ini bisa menampung ikan hasil tangkapan dari nelayan dari wilayah lain.

Seiring banyaknya wisatawan yang yang berkunjung ke pantai Depok, maka masyarakat sekitar banyak yang membangun warung-warung yang menghidangkan aneka hidangan laut seperti, cumi, ikan, kerang, udang dala lain-lain.

Baca juga: Menikmati Wisata Hutan Pinus Mangunan, Imogiri, Yogyakarta

gerbang pantai depok

Lokasi pantai Depok terletak sekitar 1,5 km di sebelah barat dari pantai Parangtritis. Rute menuju ke pantai Depok, sebelum memasuki gerbang pembayaran tiket masuk wisata pantai Parangtritis, belok ke arah kanan, lurus terus mengikuti arah jalan aspal, sampai di gapura pantai Depok membayar tiket masuk. Buat kamu yang mencari pasar ikan, letaknya berada di sebelah kanan pantai.

kamu bisa memesan hidangan laut sesuai dengan selera, kalau perlu, ingin yang lebih murah bisa langsung belanja ikan segar ke TPI, kemudian bawa ke salah satu warung untuk segera diolah menjadi makanan yang enak.

Panorama yang disiguhkan di pantai Depok tak jauh beda jika di bandingkan dengan pantai Parangtritis, pasirnya sama berwarna coklat kehitaman, viewnya juga hampir sama, namun disini wisatawan dilarang berenang karena ombaknya sangat besar. Cukup bermain pasir dan ombak di pinggir pantai sudah sangat cukup menyenangkan.

Instagram

 

Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Wisata Panorama Pantai Samas Bantul Yogyakarta
10 (100%) 6 votes

pantai samas bantul

Kabupaten Bantul tak habis-habisnya menawarkan wisata yang menarik bagi para pengunjung, Kali ini tim Eksotis Jogja masih akan meliput salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yaitu pantai Samas, pantai ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Pantai Samai terkenal akan ombaknya yang besar dan berangin kencang.

Seperti pantai lainnya yang ada di Bantul, yakni pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo, Samas juga terletak kedalam jejeran pantai-pantai selatan tersebut, namun yang sedikit membedakan pantai Samas dengan pantai lainnya adalah, disini pasirnya agak berwarna putih, namun tak terlalu bersih.

Yang menarik pemandangan dan panorama di pantai Samas adalah terdapatnya delta-delta sungai yang membentuk telaga. Dan Oleh Dinas Perikanan Provinsi DIY berserta warga sekitar, telaga-telaga tersebut dipugar dan dimanfaatkan sebagai pengembangan peternakan perikanan, udang galah dan sebagai lokasi pemancingan.

Karena letaknya yang tak jauh dengan pantai Parangtritis, maka pantai Samas juga sering diadakan ritual tahunan atau seperti upacara adat yang digelar oleh keluarga Keraton Yogyakarta, salah satu ritual yang digelar disini adalah Labuhan Sedekah Laut dan Kirab Tumuruning Maheso Suro.

Baca juga: Wisata Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta

panorama pantai

Akses menuju pantai samas terbilang mudah, semua kendaraan beroda dua, empat atau bahkan bus sekalipun bisa masuk ke lokasi parkir pantai ini. Selama dalam perjalanan kamu akan melihat pemandangan yang menarik , sawah-sawah terhampar, pegunungan dan bukit juga ikut menjadi back ground yang menarik untuk di pandang.

Ada satu hal lagi yang menarik dari pantai Samas, tiap tahun hamparan pasir pantai Samas dijadikan tempat untuk bertelur para penyu, namun sayang, karena telur penyu terkadang sering dirampok oleh para orang-orang tak bertanggung jawab yang menggunakan telur penyu untuk keperluan tak penting, sehingga warga dan dinas Kabupaten Bantul membentuk Forum Konservasi Penyu Bantul sebagi upaya melindungi telur dan meningkatkan harapan hidup para tukik atau penyu-penyu muda.

Baca juga: Pesona Wisata dan Sejarah Goa Cerme

lagoona pantai saas

Soal pemandangan, pantai Samas sudah tak usah diragukan lagi keindahannya, disini kamu akan diajak untuk menikmati keindahan alam yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya, dengan menaiki tebing atau gardu pandang yang terdapat di dekat lokasi pantai, kamu akan lebih jelas lagi melihat hamparan lautan yang mebentang seolah tanpa batas.

Fasilitasnya juga cukup memadai, parkir, wc, tempat ganti baju, mushola dan lain-lain tersedia disini. Tips jika kamu hendak berkunjung kesini sebaiknya pada saat siang hari menuju sore hari, karena kebanyakan orang akan menunggu moment-moment diamana meraka akan menyaksiakan keindahan golden sunset di sebelah kanan pantai Samas ini.

Instagram

 

Pantai Parangkusumo Jogja, Gerbang Gaib Istana Nyi Roro Kidul

Pantai Parangkusumo Jogja, Gerbang Gaib Istana Nyi Roro Kidul
10 (100%) 1 vote

upacara adat pantai

Bantul merupakan salah satu dari lima Kabupaten yang ada di Provonsi Yogyakarta, terletak di sebelah selatan Kota Jogja, berbatasan langsung dengan pantai selatan yang terkenal akan obak ganasnya, serta topografinya yang berupa perbukitan kars.

Bicara soal wisata, maka Bantul sudah sangat terkenal dengan salah satu ikon wisatanya yakni pantai Parangtritis, pantai yang ramai dikunjungi para wisatawan baik hari libur maupun hari biasa. Namun kami ini kita tak membahas pantai Parangtritis, melainkan pantai Parangkusumo.

Baca juga: Ziarah ke Makam Raja-Raja Imogiri Yogyakarta

95_big

Puri Cepuri

Pantai Parangkusumo terletak di sebelah kanan pantai Parangtritis, dan jaraknya pun tak terlalu jauh. Bisa dikatakan keindahan pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo setara atau mirip, dari pasirnya sama berwarna coklat kehitaman, serta pemandangannya yang menakjubkan, saat sore hari kita bisa melihat indahnya golden sunset di sebelah kanan pantai.

Sedikit sejarah mengenai pantai Parangkusumo, konon pantai ini dulunya adalah tempat bersemedi Panembahan Senopati, beliau bersemedi diatas sebuah batu dipinggiran pantai. Suatu ketika terjadi badai yang sangat kencang hingga membuat pohon-pohon di sekitar pantai menjadi roboh, Panembahan senopati tetap melanjutkan semedinya, dan tak lama kemudian sang Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul) pun datang untung menghampiri beliau.

Setelah Nyi Roro Kidul menampakan diri di hadapan Panembahan Senopati, sang Senopati pun segera mengungkapakan permintaan yang ada di dalam hatinya, beliau meminta bantuan agar ia dapat memerintah sebagai raja Mataram kelak, dan sang Ratu pun menyanggupi permintaanya, namun dengan syarat Senopati dan keturunannya kelak harus menjadi suami bagi sang Ratu.

Baca juga: Menikmati Pemandangan Jogja Dari Puncak Becici Bantul

upacara adat

Maka dari itu, Keraton Yogyakarta yang menjadi salah satu pecahan dari kerajaan Mataram sangat sangat berkaitan erat hubungannya dengan pantai ini. pada hari-hari tertentu masyarakat Yogyakarta menggelar upacara khusus di pantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis.

Salah satu upacara yang selalu diadakan tiap tahun di tempat ini adalah Labuhan Alit, Sultan Keraton Yogya menguburkan pakaian dan memotong kuku dan rambut dia lokasi Puri Cepuri di pinggiar pantai. Pantai ini memang dianggap sakral dan mistis oleh kebanyakan orang, tak jarang pada malam hari kita dapat menjumpai orang-orang sedang bersemedi di pendopo.

Namun yang sangat disayangkan tempat ini kini berubah menjadi lokasi lokalisasi dadakan, khususnya pada malam minggu banyak para WTS atau PSK ngetem disekitaran lokasi pantai, bahkan kebanyakan dari PSK di pantai Parangkusumo telah berusia lanjut sekitar 30 tahun keatas.

Instagram