Arsip Tag: Wisata Pantai

50 Tempat Wisata Pantai di Yogyakarta Terlengkap Wajib Dikunjungi

Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang terletak di pesisir jawa. Pesisir pulau jawa terkenal dengan pantai pantai cantik terutama di Yogyakarta yang tersebar di 3 kabupaten seperti Gunung kidul, Bantul dan Kulon Progo

Berikut Daftar pantai yang perlu Anda Kunjungi

10 Spot Foto Keren di Pantai Siung Gunung Kidul yang Hits

10 Spot Foto Keren di Pantai Siung Gunung Kidul yang Hits
10 (100%) 1 vote

pantai siungWisata pantai di Gunung kidul tak ada habisnya. Belakangan ini, banyak pantai cantik bermunculan ke permukaan, pantai yang belum terkenal namum memiliki keindahan yang luar biasa indahnya. Namun bukan itu yang akan kami bahas, Pantai Siung sebuah pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta bahkan Sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai Siung adalah sebuah pantai indah yang sangat di rekomendaskan untuk di kunjungi bersama keluarga dan teman teman karena aksesnya yang mudah.

Pantai Siung, selain aksesnya yang mudah, pantai ini merupakan wisata pantai yang  sudah cukup terkenal di Yogyakarta, Pantai yang terletak di kawasan pantai indah Gunung kidul. Pantai siung memiliki daya tarik karena memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Tidak seperti pantai terkenal lain yang banyak sampah, pantai ini masih cukup terjaga kebersihanya.

Satu keunikan yang menonjol dari Pantai Siung adalah keberadaan batu karangnya. Batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai ini memiliki peranan yang terbilang cukup penting, tidak hanya menjadi penambah keindahan dan serta pembatas dengan pantai lain saja. Batu karang itu juga yang menjadi dasar  dari penamaan pantai tersebut.

Baca juga: Pantai Ngrumput, Pantai Asyik Untuk Camping di Gunungkidul

13722097_1736626989923157_1335282841_nBatu karang yang menjadi dasar penamaan pantai ini lokasinya agak menjorok ke lautan. Nama pantai ini diambil dari bentuk batu karang yang menurut warga sekitar, menyerupai sebuah gigi kera atau bisa juga di sebut Siung Wanara. Hingga kini, batu karang ini masih bisa temukan dan dinikmati keindahannya oleh pengunjung, berpadu dengan ombak besar ciri khas pantai laut selatan yang terkadang menerpanya, hingga celah-celahnya yang diterpa oleh air laut lalu mengalir perlahan atau menetes indah, menyajikan sebuah pemandangan dramatis dan eksotis.

Selain bisa melakukan aktivitas berenang dan bermain air di gugusan batu karang, Anda juga bisa mendaki di bukit yang ada di sebelah pantai, di sana Anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit . Dari atas bukit tersebut, terlihat Samudera Hindia yang begitu luas,  biru, dan jernih. Di bagian bukit sebelah barat terdapat fasilitas olahraga panjat tebing berskala internasional.

Banyak sekali wisatawan yang datang baik domestik maupun wisatawan mancanegara berkunjung ke tempat tersebut untuk mencoba olahraga panjang tebing yang menantang dan sangat menarik tersebut. Karena tingkat kesulitan panjat tebing yang berbeda beda dan menantang maka daerah Pantai Siung ini sering digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan olahraga Panjat Tebing tingkat nasional maupun tingat internasional.

Sebagian besar warga sekitar Pantai Siung saat ini berprofesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut sebagai sumber penghidupan. Garam yang dihasilkan di pantai ini oleh warga Siung inilah yang saat itu menjadi barang dagangan utama di pasar Winangun terkadang di ekspor ke jogja. Meski kaya beragam jenis ikan dan jenis kepiting, tidak banyak warga yang berani melaut. Umumnya, mereka hanya mencari ikan di tepian.

Baca juga: Pantai Sanglen Gunungkidul, Berasa Liburan di Pantai Pribadi

Lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Lokasi Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, di sebelah pantai Nglambor. Bisa menggunakan ponsel dengan klik [ Maps Pantai Siung ]

Pantai Siung di Instagram

10 Spot Foto di Pantai Sanglen Gunung Kidul

10 Spot Foto di Pantai Sanglen Gunung Kidul
10 (100%) 3 votes

Pantai SanglenBerlibur di pantai belum terjamah oleh banyak merupakan hal yang cukup menyenangkan. Yaa di pantai Sanglen Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan yang indah dan belum banyak terjamah oleh pengunjung serasa Anda lah yang punya pantai indah ini.

Berbicara tentang wisata pantai di Gunungkidul pasti akan terbayangkan dengan pantai berpasir putih nan asri. Tak heran memang begitu kenyataannya, pasalnya deretan pantai yang ada di kabupaten ini memang terkenal dengan keindahannya yang mencuri hati pengunjung. Kini, diantara pantai yang sudah terkenal, hadirlah pantai baru yakni Pantai Sanglen yang masih alami dan perawan. Sungguh tempat yang cocok untuk merasakan suasana liburan di pantai pribadi.

Pantai sanglen memberikan pemandangan indah yang luar biasa dan masih tergolong masih alami dan sangat asri, di bibir Pantai Sanglen ini Anda bisa berteduh dan menikmati panorama alam yang sangat indah. Di sekitar pantai ini banyak di temukan tanaman pohon Cemara yang cukup lebat dan banyak bertumbuhan, Selain pohon Cemara di pinggiran pantai ini juga di hiasi pohon pandan yang berjajar rapi dan cukup berseni.

Baca juga: Pantai Ngrumput, Pantai Asyik Untuk Camping di Gunungkidul

Pantai Sanglen dari ketinggian Hamparan pantai berpasir putih dan air yang tampak hijau kebiruan menjadi bukti bahwa pantai tersebut masih sangat alami dan belum banyak terjamah oleh aktifitas manusia. Letaknya pun tidak sulit untuk dikunjung. Pantai yang belum lama dibuka tersebut terletak di antara disisi barat Pantai Sepanjang dan sisi timur Pantai Watu Kodok.

Pantai Sanglen Gunung Kidul tidak terdapat akses jalan untuk kendaraan pribadi, sehingga untuk anda yang membawa kendaraan, Anda bisa memarkir kendaraan di Pantai Watu Kodok yang letaknya tak begitu jauh. Ada dua rute yang bisa dipilih oleh pengunjung yaitu dari Pantai Watu Kodok dengan mengelilingi karang-karang besar yang berada di sekitar bibir pantai. Sementara rute kedua yaitu dengan berjalan kaki melewati persawahan dan rimbunnya tanaman-tanaman liar .

Dibandingkan dengan Pantai Watu Kodok, Pantai Sanglen jauh lebih sepi dan asri. Belum terdapat fasilitas umum  pendukung seperti toilet,kamar mandi yang tersedia. Tak juga kita menemukan beberapa warga yang berjualan di sana. Semoga saja untuk akses menuju pantai ini di perbaiki agar mudah untuk mengunjunginya, dan mungkin karena potensinya yang terbukti menarik perhatian wisatawan, seiring berjalannya waktu, fasilitas akan lengkap.

Untuk yang suka dengan kagiatan Camping di pantai, Pantai ini cocok anda jadikan referensi tempat camping yang menyenangkan. Namun perlu di perhatikan, agar pantai ini selalu terlihat asri dan bersih, jangan merusak habitat di pantai ini. sampah harap di bawa dan jangan membuang sampah sembarangan. Salam Lestari.

Baca juga: Surga Tersembunyi di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Lokasi Pantai Sanglen

 

10 Spot Foto Keren di Pantai Ngandong Gunung Kidul

10 Spot Foto Keren di Pantai Ngandong Gunung Kidul
10 (100%) 1 vote

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

Gunungkidul di Provinsi Yogyakarta seolah menjadi surganya para pecinta objek wisata pantai. Ada banyak pantai di daerah ini yang memiliki pasir putih dan pemandangan sunset yang memesona membuat siapa saja terkesima dan takjub. Selain Pantai Baron, Siung, Indrayati, dan Sundak, ada satu pantai lagi yang wajib Anda datangi, yaitu Pantai Ngandong.

Pantai Ngandong merupakan salah satu pantai cantik yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sangat mencuri perhatian para wisatawan lokal maupun wisatawan asing dengan memiliki keindahan pesona pasir putih serta air lautnya yang sangat jernih dan kebiru- biruan.

Pantai Ngandong ini memang  belum terkenal seperti Pantai Sundak atau Indrayanti, namun pesona alam dari pantai Ngandong ini dapat Anda buktikan sendiri. Pantai Ngandong ini tepatnya terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau di sebelah barat laut dari Pantai Indrayanti. Perjalanan dari Kota Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk tiba sampai di pantai ini.

Baca juga: Indahnya Panorama Alam di Pantai Kesirat Gunungkidul

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong di Bukit

Pantai ini memiliki garis pantai yang landai dengan ditambah butiran pasir putih akan menyambut kedatangan Anda di pantai ini. Di depan mata, akan ada  tampak lautan biru dengan ombak yang relatif besar. Dijamin, Anda tak akan sabar untuk berenang dan bermain air di pinggiran pantainya.

Meski pun pantai ini tidak begitu luas, Pantai Ngandong akan memanjakan Anda. Pantai ini relatif sepi dari wisatawan ketika hari hari biasa dan akan di serbu wisatawan ketika musim liburan tiba, sehingga serasa menjadi pantai pribada, Anda bisa bersantai dengan puas sambil menikmati semilirnya angin dan ditemani alunan deru ombak.

Pantai Ngandong selain memiliki pemandangan yang sangat eksotis, pantai ini juga menjadi tempat berlabuh kapal oleh nelayan-nelayan setempat, yang menjadikannya lebih eksotis. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menjelajah dan berlayar di sekitar pantainya ini. Anda akan menemukan beberapa warung makanan dan penginapan yang terletak di dekat pantainya. jadi Anda tak perlu khawat akan kesulitan mencari makanan ketika datang berlibur ke Pantai Ngandong.

Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia namun agak condong ke barat. Oleh sebab itu, sunset yang cantik dan sangat indah akan menyempurnakan liburan Anda di sana. Sesaat matahari tenggelam, langit berubah warna menjadi kekuningan, orange dan jingga. Cahaya senjanya yang cantik menyinari pasir putih di pantainya. Sungguh, pemandangan yang eksotis, indah nan menawan. Inilah si cantik yang tersembunyi di Gunungkidul.

Baca juga: Menikmati Panorama Alam Pantai Slili Gunungkidul

Lokasi Pantai Ngandong

Lokasi Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, Klik [ Google Maps Pantai Ngandong]

Pantai Ngandong di Instaram

 

Pantai Kesirat Gunung Kidul, Karena Ada ini Siapapun Pasti Terpikat

Pantai Kesirat Gunung Kidul, Karena Ada ini Siapapun Pasti Terpikat
10 (100%) 1 vote

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Berkunjung ke Gunungkidul mungkin yang terfikirkan yaitu pantai berpasir putih, Namun kali ini Eksotis Jogja akan membahas sebuah pantai yang sangat eksotis dan menarik di kunjungi yakni pantai kesirat, Panati ini berbeda dengan pantai di Gunung kidul pada umumnya.

Pantai Kesirat memiliki perbedaan dengan pantai yang berada di Gunung kidul. Biasanya pantai pada umumnya yang berhiaskan pasir putih, Namun di pantai ini hanya terdapat jajaran tebing indah nan eksotis yang biasa dijadikan lokasi rock fishing. Tak hanya sebagai tempat memancing, pengunjung juga bisa melaksanakan aktivitas camping di atas tebing, pantai ini merupakan pantai untuk menikmati sunset terbaik di jogja.

Nama Pantai Kesirat atau masyarakat sekitar menyebutnya Gesirat masih cukup terdengar asing di telinga pengunjung. Ya, jangankan pengunjung luar daerah yogyakarta, bagi penduduk Gunungkidul sendiri nama Pantai Kesirat termasuk jarang didengar. Karena belum terkenal ini justru membuat asyik dan keren, karena belum banyak pengunjung yang berkunjung, sehingga lebih wow dan sangat eksotis di sosmed 😀

Saat berkunjung ke Pantai Kesirat lupakanlah harapan Anda untuk bermain pasir atau berkejaran di antara debur ombak. Pantai Kesirat masih sangat alami dan cantik. Berbeda dari pantai pada umumnya yang identik dengan hamparan pantai berpasir putih, di Pantai ini pengunjung tidak akan menemukan pasir putih tersebut. Kesirat bukanlah pantai berpasir yang landai, melainkan pantai yang berupa tebing-tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut dalam, justru keberadaan pantai yang berada di atas tebing itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Pantai Kayu Arum, Pantai Eksotis di Gunungkidul yang masih Alami

13092423_572085112950993_1147382759_n

Ciri khas Pantai Kesirat ini adalah berdirinya pohon Tunggal yang warga sekitar pantai mengatakan Pohon ini dengan nama pohon GEBANGKORO yang tumbuh satu-satunya di tempat ini. Dan banyak pengunjung menjadikan pohon ini sebagai Angel Foto di pantai Kesirat ini. pohon ini menjadi ciri khas dari pantai ini, menjadikan pemandangan yang terdapat di pantai ini lebih menarik dan layak di jadikan agenda perjalanan selanjutnya di Gunungkidul.

Pantai Kesirat ini juga spot  mancing paling di terbaik  bagi pecinta mancing, karena tebing bebatuan yang tinggi nan curam yang berhubungan langsung dengan laut lepas ini sehingga banyak para pemancing yang menyukai tempat ini. Jika sedang beruntung, Anda bisa bertemu dengan pemancing yang sedang memancing ikan atau lobster. Konon, Pantai Kesirat adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan rock fishing atau menyebutny memancing dari atas ketinggian tebing.

Pantai Kesirat ini mempunyai hamparan rerumputan yang cukup luas sehingga banyak pengunjung yang melakukan camping di sini untuk menikmati keindahan malam di Pantai ini. Hal paling menarik yang bisa pengunjung lakukan di tempat ini adalah dapat menyaksikan matahari tenggelam di atas  tebing. Senja di Pantai Kesirat termasuk terbaik dan istimewa, sebab tidak terhalang oleh bangunan maupun pepohonan. Karena belum banyaknya fasilitas di pantai  ini bagi Anda yang ingin melakukan camping disini jangan lupa membawa makanan dari rumah dan ingat ketika berkunjung ke tempat ini jangan merusak alam dan meninggalkan sampah.

Baca juga: Pantai Watu Lumbung, Wisata Pantai Perawan di Gunungkidul

Lokasi Pantai Kesirat

Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872, Atau Klik [Google Maps Pantai Kesirat]

Pantai Kesirat di Instagram

 

10 Spot Foto di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

10 Spot Foto di Pantai Ngrumput Gunung Kidul
10 (100%) 2 votes

pantai ngrumputBermain di pantai berpasir putih merupakan suatu hal yang mengasyikan dan sangat di inginkan oleh kebanyakan orang. Berkunjung di Gunung kidul merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan itu semua. Kali ini kami akan menginformasikan Pantai asyik untuk camping di Gunungkidul yaitu pantai Ngrumput.

Pantai ini bersebelahan dengan pantai Drini, hanya berjarak kurang lebih 800-900m ke arah timur dari pantai Drini dan hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Pantai ini tepatnya terlatak  di desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. merupakan sebuah pantai yang cocok untuk mengadakan acara camping bersama temen ataupun organisasi karena tempatnya yang datar dan cukup luas.

Tak seperti namanya, Pantai Ngrumput ini bukanlah sebuah pantai yang banyak ditumbuhi  oleh hamparan rerumputan hijau, Namun pantai ini memiliki sebuah pemandangan pantai eksotis dan memiliki pantai berpasir putih  yang bersih serta berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

Baca juga: Menikmati Eksotisnya Pantai Kukup Gunung Kidul, Yogyakarta

pantai ngrumput gunung kidulPantai ini memiliki beberapa tebing tinggi, lorong goa dan karang bolong yang menjadi daya tariknya. Bagian yang menarik dan tidak akan Anda temukan di pantai Gunungkidul lainnya adalah ketika ombak datang dan Ombak tersebut melewati lubang yang cukup besar di pinggir karang bolong tersebut.

Untuk melihat pantai ini dari ketinggian, Pengunjung dapat mendaki puncak Bukit Kosakora yang ada di sebelah timur pantai ini. Pantai ini akan terlihat indah dari atas bukit tersebut, dengan dominasi pasir putih yang memenuhi di setiap sudut pantai dengan beberapa batu karang.

Pantai Ngrumput ini memiliki nilai lebih di tinjau dari segi pesona keindahan untuk melihat sunrise maupun sunset. Di pantai ini merupakan spot terbaik untuk melihat cahaya kuning keemasan yang eksotis yang banyak diburu oleh wisatawan. Sehingga banyak pengunjung yang mendirikan tenda di pantai ini untuk menikmati Pantai Ngrumput dan berburu keindahan eksotisnya sunrise dan sunset di Pantai Ngrumput,

Baca juga: Surga Tersembunyi di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

pantai ngrumput gunung kidulAkses ke Pantai Ngrumput

Tidak semua pantai di Gunung Kidul bisa Anda capai dengan mudah. Beberapa pantai mengharuskan pengunjung untuk berjalan melewati perkebunan yang cukup membuat lelah, Karena tempatnya yang tersembunyai dan bukan jalan utama untuk mengakses jalan jalan menuju pantai Gunung kidul lainnya, Anda pelu berjalan kaki dan memarkirkan kendaraan di Pantai Drini. Pantai ini masih belum terjamah oleh banyak orang, sehingga terlihat asri dan alami serta sangat di rekomendasikan untuk tempat pengadaan camping oleh kebanyakan pengunjung.

Fasilitas Pantai Ngrumput

Untuk fasilitasnya belum selengkap pantai Gunung kidul lainnya, sebaiknya mempersiapkan segala keperluan logistik yang mencukupi selama berada di pantai ini.  Selain itu belum banyak terdapat  toilet, tempat ganti baju. Sehingga apabila bermain air di Pantai Ngrumput harus antri untuk berganti baju.

Lokasi Pantai Ngrumput

Pantai ini tepatnya terlatak  di desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sebelah timur pantai Drini. Untuk mempermudah klik [ Maps Pantai Ngrumput ]

Pantai Ngrumput di Instagram

 

10 Spot Foto di Pantai Sepanjang Gunung Kidul

10 Spot Foto di Pantai Sepanjang Gunung Kidul
10 (100%) 3 votes

pantai-sepanjang gunungkidulGunungkidul merupakan sebuah kabupatan di Yogyakarta terkenal daerah tujuan wisata memiliki pantai terbaik di Yogyakarta, salah satunya yaitu Pantai Sepanjang. Pantai yang memiliki garis pantai terpanjang dan berpasir putih merupakan tempat yang asyik untuk berlibur bersama rekan kantor, keluarga, ataupun teman teman kampus.

Nama pantai Sepanjang ini bukanlah sekedar nama yang diberikan pengelola pantai, akan tetapi kata “Sepanjang” diberikan karena  sesuai dengan kenyataan karena di pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara diantara pantai pantai lainnya di kawasan pantai kabupaten Gunungkidul.

Pantai ini sekawasan dengan pantai Sundak, Kukup, indrayanti dan Baron yang menawarkan pemandangan eksotis dan sangat indah serta pantai Sepanjang ini memiliki pasir yang putih yang terhampar di sepanjang pesisir pantai menambah keeksotisan dan keindahan pada pantai ini.

Baca juga: Menikmati Eksotisme Telaga Biru Semin Gunungkidul

13704106_1050088968361241_108112471_n

Suasana di kawasan pantai ini cukup tenang dan menyejukkan. Hamparan pasir pantai berwarna putih kecoklatan di tambah dengan tumbuhnya beberapa pohon palem menghiasi bibir pantai memanjakan mata memandanganya, sangat indah ketika Sunset.

Uniknya lagi, bila air laut sedang surut, maka Pengunjung akan menemukan batuan karang yang tak tersusun beraturan pada dasar pantainya. Karang tadi adalah inilah merupakan tempat tinggal dan hidup habitat dari kehidupan beberapa biota laut, Pantas saja dapat di temukan dengan mudah seperti bintang laut, ganggang laut, bulu babi, kerang-kerangan, ikan-ikan kecil unik, dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada batu karang tersebut.

Para penduduk setempat ketika air laut sedang surut untuk berburu rumput laut, kerang-kerangan dan makhluk laut lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun dapat diolah dan dijual kembali. Penduduk menyediakan aneka minuman dan makanan hasil laut setempat yang terdapat di sekitar pinggir pantai di bawah gubuk-gubuk beratapkan daun kering yang sangat eksotis.

Baca juga: Panorama Eksotis Pantai Sedahan Gunungkidul

Pantai sepanjang

Banyak aktivitas yang bisa di lakukan di Pantai ini, yakni berenang. Sangat asyik jika Anda menyempatkan diri untuk bermain dan berenang di tepian pantai, namun perlu di ingat jangan bermain terlalu ke tengah karena pantai selatan merupakan pantai yang terkenal dengan ombak yang besar dan sangat berbahaya.

Selain berenang, Karena di Pantai ini terkenal dengan pantai yang landai dan berpasir putih, banyak di kalangan pengunjung yang mengadakan Camping, Anda yang ingin camping di pantai ini jika tidak mau ribet ribet membawa tenda, di pantai ini terdapat penyewaan tenda.

Anda bisa berfoto ria dengann background pantai ataupun sebuah bukit yang berdiri kokoh di sekitaran pantai ini. Di belakang pantai Sepanjang ini tampak dua bukit. Penduduk setempat banyak yang memanfaatkan bagian lereng bukit tersebut untuk bercocok tanam menanam jagung atau tanaman lainnya.

Baca juga: Menikmati Sunset Terbaik di Pantai Wediombo Gunungkidul

Fasilitas pantai Sepanjang

Fasilitas yang tersedia di pantai Sepanjang sudah cukup lengkap seperti, toilet, kamar mandi,  rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewa untuk bermalam di pantai ini.

Lokasi pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 2 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini Gunungkidul. Bisa menggunakan smartphone untuk memudahkan pencarian [Google Maps Pantai Sepanjang]

pantai Sepanjang di Instragram

10 Spot Foto di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

10 Spot Foto di Pantai Wohkudu Gunung Kidul
9.8 (98%) 10 votes

pantai wohkudu gunung kidulMengunjungi pantai saat liburan di Gunung kidul merupakan suatu pilihan tepat, mengingat bahwa Gunung kidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang memiliki puluhan deretan pantai cantik berpasir putih berbalut batu kareng. Kali ini Eksotisjogja.com akan menginformasikan pantai baru yang jarang terdengar oleh wisatawan yakni Pantai Wohkudu. Pantai ini sebuah surga tersembunyi di Gunung Kidul.

Kebanyakan pantai merupakan objek wisata liburan yang populer di kalangan masyarakat, karena itu banyak pantai pada waktu liburan dipadati oleh pengunjung yang membuat kita justru semakin penat dan tidak nyaman sehingga membuat pikiran tidak kembali segar. Bebarapa orang menginginkan pergi untuk berlibur di tempat yang sepi dan alami sehingga benar bisa untuk menikmati liburan dengan puas.

Pantai wohkudu di Gunungkidul merupakan sebuah pantai yang masih asri dan alami dan belum terjamah banyak orang. Sehingga pantai ini mendapatkan sebuah julukan yang tepat yaitu surga tersembunyi, dimana Anda akan menemukan pengalaman dan pemandangan yang berbeda saat berada di pantaikeren ini.

Baca juga: Menikmati Eksotisnya Pantai Kukup Gunung Kidul, Yogyakarta

pantai wohkudu gunung kidul

Pantai Wohkudu di Gunungkidul belum ada fasilitas yang memadai seperti di pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya, Sebelum berkunjung bawa bekal sendiri karena belum ada warung yang menjual makanan di pantai ini, dan Toilet pun belum tersedia, memang bener benar alami .

Pantai ini di rekomendasikan sebagai tempat camping. di tepian dari pantai ini di tumbuh oleh rerumputan yang hijau bisa untuk mendirikan tenda.Pada sisi timur Pantai Wohkudu terdapat banyak pegunungan yang di manfaatkan sebagai spot memancing, juga mencari lobster oleh warga sekitar pantai.

Di pantai Wohkudu Anda bisa menikmati semua keindahan tanpa ada kerumunan orang banyak karena serasa pantai milik pribadi. Namun yang perlu diingat Anda tidak boleh merusak keanekaragaman hayati dan hewani yang ada di pantai ini. Agar pantai ini tetap bersi, dilarang untuk membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Pemandangan Eksotisme di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Akses ke Pantai Wohkudu

Jalan menuju Pantai Wohkudu sudah berupa cor blok walaupun ada beberapa jalan yang cor blok sudah rusak, namun jalan tersebut bisa dilalui oleh kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4. Kendaraan Anda hanya bisa sampai tempat parkir saja.

Dari tempat parkip, pengunjung mengharuskan berjalan kaki untuk menuruni bukit kira-kira butuhkan waktu 10-15 menit. Rasa lelah menuruni bukit akan terbayarkan ketika melihat panorama cantik Pantai Wohkudu yang mempesona. Tiket masuk ke pantai Wohkudu 3000/orang dan parkir 2000/ motor.

Lokasi Pantai Wohkudu

Pantai cantik ini terletak di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta, Berada di sisi timur Pantai Kesirat.  Untuk mempermudah bisa klik [ Maps Pantai Wohkudu ]

Pantau Wohkudu di Instagram

10 Spot Foto Keren Pantai Ngobaran Gunung Kidul yang Hits

10 Spot Foto Keren Pantai Ngobaran Gunung Kidul yang Hits
10 (100%) 1 vote

13736889_1170466983004564_266947976_nDi Gunung kidul terkenal dengan wisata pantainya, Sudah tersohor hingga penjuru indonesia bahkan sudah di kenal hingga mancanegara, di masing masing pantai memiliki keunikan masing – masing. Kali ini ekostisjogja akan membahas sebuah pantai yang memiliki keunikan yakni pantai bernuasa seperti di Pulau Dewata, Pantai itu bernama pantai Ngobaran.

Pantai ngobaran di apit oleh 2 pantai cantik di sisi barat yaitu pantai Nguyahan dan di sisi timur pantai Ngrenehan. tepatnya terletak di  Desa Kanigoro, Saptosari Kabupaten GunungkidulYogyakarta. Pantai ini berbeda dengan pantai di Gunungkidul umumnya, di pantai ini tidak mempunyai pasir putih yang ada hanya tebing yang curam menjadikan pemandangannya sangat eksotis.

Selain pemandangannya yang cukup eksotis dan menarik, di pantai ini di kenal bernuansa bali, karena terdapat pura pura khas pulau dewata di gunakan sebagai tempat ritual penganut kepercayaan tertentu di daerah ini. Di kawasan ini pantai ini Anda dapat menemukan tempat peribadatan seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan pura yang menghadap ke arah laut, dan juga terdapat sebuah tempat ibadah  yang merupakan aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan. Kejawan merupakan sebuah aliran kepercayaan peninggalan dari  Prabu Brawijaya V.

Baca juga: Pantai Berpasir Putih di Pantai Seruni Gunung Kidul

13707179_1631828177129347_379960844_n (1)

Di puncak bukit karang yang berada di sekitar pantai ada  sebuah kotak batu yang berada di depan rumah joglo yang dikelilingi pagar kayu berwarna abu-abu. Konon menurut cerita bahwa kotak batu tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V membakar diri.  Namun kali ini kami tidak membahas secara detail mengenai sejarahnya.Di puncak ini Anda dapat menyaksikan sunset sempurna karena tidak ada penghalang apapun di atas bukit ini.

Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas seperti berfoto dengan background tebing curam atau juga bisa berfoto dengan backround pura yang cukup menarik dan kebanyakan karena keberadaan pura tersebut menjadi daya tarik di Pantai Ngobaran ini.

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotis. Ketika air laut sedang surut, Anda bisa melihat hamparan rumput -rumput laut yang berwarna hijau maupun kecoklatan. Jika dilihat dari atas , hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang sangat indah dan menyejukan. Puluhan jenis binatang laut yang hidup di pantai ini juga ada di sela-sela karang, mulai dari babi laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan yang bisa Anda tangkap.

Pantai Ngobaran menawarkan sebuah keindahan dalam bentuk lingkungannya. Ombak-ombak yang ramah memberikan kesejukan bagi pengunjung di sekitar pantai. Seperti Wisata Gunungkidul lainnya, belum banyak yang mengtahui tentang obyek wisata pantai ini, Giliran Anda yang berfoto ria di pantai ini.

Baca juga: Keindahan Eksotis di Pantai Krakal Gunung Kidul

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai ngobaran terletak di  Desa Kanigoro, Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. di Sebelah timur pantai Nguyahan. untuk mempermudah bisa akses Google maps [ Maps Pantai Ngobaran]

Pantai Ngobaran di Instagram

Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta

Panorama Sunset di Pantai Pandansimo Bantul, Yogyakarta
10 (100%) 1 vote

pantai-pandansimoStress dengan rutinitas sehari hari yang melanda Anda? mari luangkan waktu untuk berlibur ke Yogyakarta. tak begitu jauh dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebi 30 KM ke arah selatan dan menghabiskan 1 jam waktu perjalanan terdapat sebuah pantai eksotis dengan ciri khas dan menjadi daya tarik karena ada Kincir Angin di Pantai Pandansimo yang menjadi objek untuk berfoto – foto.

Manilik sedikit asal muasal nama Pantai Pandansimo, Pandansimo berasal dari kata “pandan” yaitu pohon pandan dan kata “simo” yang berati macan. Pada dasarnya di pantai ini terdapat berbagai macan tradisi, seperti labuhan sedekah laut, Merti Dusun,  dan pentas seni budaya yang pada prosesinya menggunakan pohon pandan dan patung menyerupai macan. Disamping beberapa pesona kebudayaan tersebut, pantai ini juga menawarkan panorama dan keindahan yang perlu Anda perhitungkan.

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

Baca juga: Menikmati Sunset dari atas Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Di atas lahan pasir kosongan ini dan saat ini sudah banyak tumbuh pohon cemara udang, telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai pandansimo yang tertata rapi berjajar, selain itu juga terdapat pula depot penjualan ikan yang siap melayani para penikmat seefood yang bertandang ke pantai ini. Di sebelah utara berjejeran tempat hiburan seperti kolam renang bagi anak serta dewasa.

Di pantai pandansimo juga telah tersedia ATV yang bisa disewa untuk berkeliling pantai. Suasana di pantai pandansimo cukup segar, nyaman dan semilir angin berhembus membuat semakin betah, karena di sepanjang pantai pandansimo ini tumbuh subur dan rindang pohon cemara. Pengunjung bisa memanfatkannya untuk bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara udang tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung betah menghabiskan waktu berlama lama di pantai ini. Selain itu, beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap di tambah fasilitas lain juga menjadi daya tarik tersendiri seperti kolam renang, lahan untuk bermain, areal outbond dan lahan Camping. Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, tentunya akan menjadikan Pantai Pandansimo semakin ramai oleh pengunjung.

Keunikan yang menjadi andalan selain tempatnya yang nyaman dan segar adalah keberadaan kincir angin untuk sumber energi daerah sekitar. Saat ini ada sekitar 34 kincir yang memiliki kekuatan energi mulai dari 2,5 kw hingga 10 kw. Kincir angin ini sebagai sumber energi listrik untuk peneran gandaerah sekitar, untuk warung kuliner, pembuatan es, serta masih banyak lagi kegunaannya.

Baca juga: Menikmati Sunset Terindah di Pantai Kuwaru Bantul

Tiket Masuk:

Harga Tiket Pantai Pandansimo
1. Sepeda Motor : Rp. 5.000,-
2. kendaraan roda empat : Rp. 10.000

Lokasi:

Alamat Pantai Pandansimo atau Pantai Baru Bantul di: Poncosari, Srandakan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Untuk memepermudah menemukan lokasi bisa klik [ Maps Pantai Pandansimo ]

Wisata dengan Suasana Romantis Di Pantai Pasir Kadilangu

Wisata dengan Suasana Romantis Di Pantai Pasir Kadilangu
9.1 (91.43%) 7 votes

Pantai Pasir KadilanguPingin menikmati suasana hutan mangrove yang sejuk dan nyaman? atau pingin selfie? berikut merupakan lokasi sangat cocok untuk foto selfie baru, nyaman dan sejuk yang berada di Yogyakarta. Suasana romantis dan sejuk membuat pengunjung betah berlama lama di pantai ini. Pantai cantik ini bernama Pantai Pasir Kadilangu, Terletak tak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo merupakan sebuah tempat wisata romatis dan juga spot foto selfie baru yang berada di Yogyakarta. Pantai Pasir Kadilangu ini cukup populer dikalangan anak muda semenjak di bukanya pada bulan mei 2016 lalu. Untuk menuju wisata Pantai Pasir Kadilangu cukup mudah karena akses jalan untuk menuju lokasinya sudah baik dan mudah di jangkau.

Sebagai daya Tarik, di Pantai Pasir Kadilangu banyak terdapat tulisan kata-kata yang menggelitik dan lucu yang berupa candaan ala anak muda masa kini sehingga menarik untuk digunakan sebagai spot selfie dengan latar belakang tulisan-tulisan tersebut, selain itu juga ada sebuah jembatan bambu berbentuk hati yang berada di bagian akhir jembatan mangrove.

Baca Juga : Pesona keren Pantai Glagah Kulon Progo

Jembatan cinta Pantai Pasir KadilanguDi dekat jembatan cinta juga dibangun menara pandang  yang tingginya 3 meter dapat di gunakan untuk menikmati pemandangan sekitarnya dari ketinggian. Selain itu, menara pandang tersebut juga bisa menjadi lokasi untuk memfoto agar latar jembatan cinta tersebut terlihat dengan jelas dan menarik. Terbukti, jembatan cinta ini menjadi spot favorit para pengunjung yang didominasi generasi muda.

Pantai Pasir Kadilangu terletak bersebelahan dengan hutan wisata mangrove wanatirta yang juga berada di desa yang sama. Meski objek wisatanya serupa, namun Pantai Pasir Kadilangu menawarkan keunikan tersendiri. Selain terdapat sebuah jembatan bambu yang dibangun agar wisatawan bisa berjalan bisa menyisiri pohon mangrove, di setiap sisi nya juga dibangun sebuah stan tambahan yang menarik terbuat dari bambu.

Pengelola objek wisata pantai ini cerdik memanfaatkan istilah masa kini guna menamai sarananya. istilah itu memang sengaja dipilih oleh pengelola, Terbukti istilah kekinian tersebut untuk menambah daya tarik pengunjung berfoto di sarana tersebut. Salah satu contohnya yakni sebuah lorong di jembatan mangrove tersebut dinamai Goa Sama Lu.

Baca Juga: Panorama Pantai Bugel Kulon Progo

Jembatan cinta Pantai Pasir KadilanguSetiap pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp 3.000 untuk hari biasa dan jika pada hari libur sebesar Rp4.000 . Dana tersebut digunakan sebagai biaya perawatan jembatan yang dibangun dan kelangsungan objek wisata ini agar semakin menarik. Selain itu, dikenakan pula biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil pribadi.

Berminat berkunjung?? 🙂

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu

Alamat Pantai Pasir Kadilangu di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Untuk mempermudah menemukan lokasi klik [ Maps Pantai Pasir Kadilangu ]

Instagram