Wisata Tersembunyi Waduk Mini Embung Kleco Kulon Progo

Wisata Tersembunyi Waduk Mini Embung Kleco Kulon Progo
5 (50%) 2 votes

Waduk mini kleco kulonprogo

Semakin meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke Jogja membuat pamor Jogja sebagai kota wisata juga semakin terkenal di Indonesia, Maka sudah tak heran lagi jika di beberapa wilayah di Jogja bayak wisata-wisata baru, baik wisata alam ataupun wisata buatan, tujuan utamanya yakni membangun warga atau masyarakat sekitar untuk sadar akan potensi dan keuntungan menjadi pengelola wisata secara swasembada atau mandiri.

Salah satu wisata yang baru-baru ini sering terdengar dan menjadi buah bibir para pemburu wisata adalah Waduk Mini Kleco Kulon Progo, Yakni wisata buatan yang berada di Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Terletak di salah satu puncak bukit dari Perbukitan Menoreh, menyuguhkan lanskap Kota Kulon Progo yang hijau. Waduk Mini Kleco siap mengajak kamu menikmati keindahan Kulonprogo dari ketinggian.

waduk mini

Kapasitas volume air di Waduk Mini Kleco ini sekitar 8.500 meter kubik. Ukurannya sangat kecil jika dibanding dengan Waduk Sermo, namun alam yang bisa dinikmati dari waduk ini tetap menakjubkan dan tak kalah menarik dari Waduk Sermo.

Menemukan arah menuju Waduk Mini Kleco sangat bmudah. Jika kamu dari kota jogja atau dari arah sentolo, kamu pergi ke arah Jl. Nanggulan, di pertigaan janti terdapat puskesmas, lalu lanjutkan ke jalan arah Kiskendo atau arah Girimulyo, karena waduk mini kleco ada di Kecamatan Girimulyo, dari sini letak atau posisi waduk terbilang dekat, di persebrangan dan di pinggir jalan sudah terpasang putunjuk arah, kita tinggal mengikutinya saja.

Ikuti petunuk arah menuju Goa Kiskendo. Kemudian melewati SMA N1 Girimulyo, dari Kantor girimulyo atau dari arah SMA tadi kemudian lanjutkan perjalanan menuju arah dusun ngesong, ikuti jalur aspalnya saja, kemudain kamu akan menemukan sebuah tugu di tengah jalan bertuliskan dusun Wadas. Lalu dari tugu belok ke arah kanan menurun ke bawah.

Setelah beberapa saat kamu akan menemukan plang ucapan “selamat datang” di Dukuh Penggung, dari sini kira-kira berjalan 500 meter untuk sampai di Waduk Mini Kleco. Waduk ini hanya memiliki luas 20 hektare, dan dibuat sejak akhir tahun 2013 lalu.

waduk

Pengelolaan wisata Waduk Mini Kleco dipegang oleh karang taruna tiga dusun, Dusun Ngesong, Banjaran, dan Penggung. Mereka belum menarik biaya retribusi atau tiket masuk sehingga pengunjung cukup membayar parkir Rp2.000 untuk untuk menikmati keindahan panorama dan keindahan Waduk Mini Kleco sepuasnya.

Waduk ini masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi karna memiliki potensi yang luarbiasa untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi, saya rasa yang pertama kali harus diperbaiki adalh sarana dan fasilitasnya terlebih dahulu, kemudian fasilitas pendukung seperti pohon yang rimbun, gazeboo, warung, atau gardu pantau untuk menikmati panoraa lebih baik.

Rute atau Jalan

Kota Jogja ke barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kiri – pertigaan Janti / Puskesmas, belok kanan arah Girimulyo – pertigaan pohon beringin, lurus – Pasar Sribit – pertigaan Terminal Sribit, belok kiri – kantor Polsek Girimulyo – Poskesdes Girimulyo, ambil tengah – Waduk Mini Kleco

Instagram

Tinggalkan Balasan